Yerry Mina Menatap Debut di Copa del Rey

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Yerry Mina Menatap Debut di Copa del Rey

Jendela transfer musim dingin 2018 dimanfaatkan Barcelona mendatangkan dua pemain baru. Philippe Coutinho dari Liverpool dan Yerry Mina dari Palmeiras merupakan dua sosok anyar yang didatangkan untuk mengonsolidasi kekuatan mengarungi kompetisi musim 2017/18.

Coutinho dan Mina sama-sama didatangkan pada awal Januari lalu. Namun kedua pemain tersebut mengalami nasib berbeda. Coutinho, telah mencatatkan empat penampilan bersama Barcelona.

Masing-masing, Coutinho tampil dalam dua pertandingan di La Liga (Alaves dan Espanyol), serta dua laga Copa del Rey (Espanyol dan Valencia). Dari empat pertandingan tersebut, Coutinho telah mencatatkan 210 menit bermain sejak didatangkan Barcelona pada awal Januari lalu.

Nasib berbeda dialami Mina, sejak kedatangannya ke Camp Nou, pemain berkebangsaan Kolombia itu belum diberi kesempatan bermain. Beberapa faktor memengaruhi terhambatnya debut Mina bersama Barcelona. Salah satunya, Mina masih perlu beradaptasi dengan gaya permainan Barcelona.

Melihat rekam jejaknya, sejak tahun 2013 memulai karier profesional Mina banyak bermain di kompetisi Amerika Latin bersama Deportivo Pasto dan Santa Fe di Kolombia, serta Palmeiras di Brasil.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, pada akhir Januari lalu pernah mengungkapkan bahwa Mina masih membutuhkan waktu adaptasi dengan permainan Barcelona. Ia melanjutkan bahwa tidak mudah bagi Mina yang merupakan pemain belakang, bisa langsung nyetel dengan permainan yang diterapkan.

“Dia harus terus berlatih bersama tim. Kami memiliki gaya bermain yang berbeda. Mina tentunya harus beradaptasi dengan gaya permainan kami saat ini. Kami menyadari betul bahwa tidak mudah bagi bagi Mina, apalagi dia seorang bek, yang merupakan posisi dia akan bermain di sini,” terang Valverde, di lansir dari Goal.com.

Dengan kondisi Mina yang masih beradaptasi dengan pola permainan Barcelona, agaknya membuat ia juga kesulitan menghadapi persaingan di posisi bek tengah. Di sektor tersebut, setidaknya ada tiga nama yang menjadi pesaing Mina: Gerard Pique, Samuel Umtiti, dan Thomas Vermaelen.

Kecenderungannya, Valverde lebih sering memasangkan Pique dan Umtiti sebagai duet bek tengah. Kalau pun salah satu di antara Pique dan Umtiti berhalangan tampil, besar kemungkinannya Vermaelen yang lebih diprioritaskan oleh Valverde untuk menganggantikan salah satu dari dua pemain tersebut.

Meski begitu, bukan berarti Mina tidak sama sekali memiliki kesempatan tampil bersama Barcelona. Kesempatan bagi Mina tampil terbuka lebar, bahkan ia bisa memulai debutnya di pertandingan semifinal leg dua Copa Del Rey menghadapi Valencia, di Camp Nou, Jumat (9/2) dini hari WIB.

Jelang pertandingan menghadapi Valencia, Barcelona dikabarkan mengalami krisis pemain belakang. Vermaelen kemungkinan besar absen di laga tersebut karena tengah menjalani proses pemulihan cedera. Selain itu, Pique juga diragukan tampil setelah mengalami cedera usai pertandingan menghadapi Espanyol, akhir pekan lalu, di La Liga.

Valverde membenarkan bahwa Pique mengalami masalah pada kakinya usai derbi Catalan menghadapi Espanyol. Namun mantan pelatih Athletic Bilbao itu belum bisa memastikan seberapa parah cedera yang dialami Pique. Valverde mengungkapkan bahwa ia masih akan terus memantau perkembangan kondisi kebugaran Pique. Harapannya, Pique masih bisa bermain di laga melawan Valencia.

"Memang benar bahwa Pique mengakhiri pertandingan melawan Espanyol dengan beberapa gangguan. Tapi bukan berarti ia kami sisihkan di pertandingan ini (melawan Valencia). Kami masih menunggu apakah dia bisa bermain atau tidak. Kami akan terus memantau kondisinya di sesi latihan," terangnya, dilansir dari Marca.

Cederanya Vermaelen dan kondisi kebugaran Pique yang meragukan, secara tidak langsung membuat peluang Mina melakoni debutnya di laga melawan Valencia terbuka lebar. Sebab, hanya tinggal Mina dan Umtiti, bek tengah Blaugrana yang dalam kondisi siap tampil.

Menyoal peluang Mina, Valverde tak memungkiri bahwa pemain berusia 23 tahun memiliki peluang yang besar ditampilkan di laga melawan Valencia. Namun Valverde belum bisa memastikan bahwa Mina akan benar-benar ia tampilkan di pertandingan tersebut. Menurutnya, semua tergantung situasi sebelum pertandingan.

"Mina secara reguler masuk ke dalam skuat dan ketika seorang pemain dipanggil secara rutin, artinya dia siap untuk bermain. Dia mungkin akan bermain. Tapi, itu akan tergantung pada situasi yang terjadi dan pendekatan yang akan saya pakai," tegasnya.

***

Pertandingan semifinal leg dua Copa del Rey antara Barcelona melawan Valencia akan berlangsung di Camp Nou pada Jumat (9/2) dini hari WIB. Barcelona memiliki kans yang lebih besar ketimbang Valencia untuk lolos ke babak final. Sebelumnya, pada pertandingan leg pertama di Mestalla Stadium, Barcelona menang dengan skor 1-0. Artinya, untuk lolos ke final Barcelona hanya membutuhkan hasil imbang di pertandingan nanti.

Foto: AS

Komentar