Soal Loyalitas Pemain, Man United Terbaik di Liga Primer Musim Ini

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Football Writer, Journalist, Photographer @Panditfootball | plus Supporter

Soal Loyalitas Pemain, Man United Terbaik di Liga Primer Musim Ini

CIES Football Observatory beberapa waktu lalu pernah merilis hasil penelitiannya tentang klub dan kompetisi terboros dalam bursa transfer musim panas lalu. Dalam penelitiannya itu, Liga primer Inggris menjadi kompetisi paling boros dalam melimpahkan uangnya untuk membeli pemain di jendela transfer musim panas lalu.

Dalam laporannya itu CIES menyebutkan bahwa klub-klub Liga Primer menghabiskan total 1,771 miliar euro selama bursa transfer musim panas lalu. Manchester City, Manchester United, dan Chelsea tercatat sebagai tiga kesebelasan dengan pengeluaran paling besar. City total menghabiskan dana sebesar 282 juta euro, Chelsea dengan 236 juta euro, dan Manchester United dengan 197 juta euro. Hal yang wajar sebenarnya karena Liga Primer Inggris menjadi salah satu kompetisi yang paling komersil saat ini, perputaran uang yang terjadi di kompetisi tersebut sungguh luar biasa besar.

Sokongan sponsor hingga keuntungan hak siar bisa membuat seluruh kontestan Liga Primer memiliki pagu yang dua kali lebih besar dari klub-klub yang berasal dari kompetisi lain. Jadi tidak perlu heran bila klub-klub Liga Primer Inggris berani untuk bersikap boros di bursa transfer, karena mereka memang memiliki budget transfer yang jauh lebih besar.

Meski terkenal sebagai kompetisi paling royal di Eropa, namun dalam sebuah penelitian yang dilakukan Ticketgum tentang kompetisi dengan jumlah pemain paling loyal dalam skuatnya musim ini, Liga Primer Inggris menduduki peringkat kedua dengan rata-rata pemain bisa bertahan dalam sebuah kesebelasan selama 2,14 tahun. Berada di peringkat pertama adalah Austria dengan 2.60 tahun.

Sumber Gambar: INews.co.uk

Dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa Manchester United menjadi kesebelasan di Liga Primer Inggris yang memiliki pemain-pemain paling loyal. Dalam daftar yang dirilis, rataan per pemain yang dimiliki Man United saat ini, kesetiaan mereka bermain di Old Trafford adalah 3,45. Tercatat saat ini Man United memiliki tujuh pemain yang telah membela klub berjuluk Setan Merah itu selama lebih dari lima musim.

Michael Carrick tercatat sebagai pemain dengan durasi terlama yang membela Man United saat ini. Carrick bergabung bersama Man United pada 2006 silam, ia diboyong dari Tottenham Hotspur pada saat itu oleh Sir Alex Ferguson. Pemain asal Inggris itu pun hampir selalu menjadi pilihan utama di skuat Setan Merah.

Meski pada 2013 lalu Fergie akhirnya memutuskan pensiun, Carrick tetap menjadi bagian penting di skuat United saat era tampuk kepelatihan berpindah ke tangan David Moyes, Ryan Giggs (caretaker), Louis van Gaal, dan saat ini Jose Mourinho. Dirilis dari situs Transfermarkt, kontrak Carrick berakhir pada musim panas tahun depan.

Berada di posisi dua sebagai pemain dengan durasi terlama yang bermain di Old Trafford adalah Antonio Valencia, yang di datangkan pada 2009 lalu dari Wigan Athletic. Sama halnya dengan Carrick, Valencia juga mampu bertahan di empat rezim kepelatihan Man United. Berbeda dengan Carrick, kontrak Valencia bersama Man United akan berakhir pada 2019 mendatang.

Di tempat lain, AFC Bournemouth tercatat sebagai kesebelasan dengan rataan kesebelasan yang memiliki pemain paling loyal kedua di Liga Primer Inggris, dengan rata-rata pemain mampu bertahan hingga 3.22 tahun di Vitality Stadium. Harry Arter dan Marc Pugh menjadi dua penggawa Bournemouth yang terbilang paling setia.

Kedua pemain tersebut sudah bergabung bersama klub berjulukan The Cherries itu sejak tahun 2010 lalu, artinya sejak Bournemouth bermain di Divisi Championship hingga akhirnya promosi ke Liga Primer pada 2015 lalu keduanya sudah menjadi andalan dalam skuat Bournemouth. Pada Juli 2012, Bournemouth berhasil mendatangkan Arter dari Woking FC, sementara Pugh didatangkan dari Hereford United.

Ketika Man United dan Bournemouth berada di posisi paling atas sebagai kesebelasan dengan rataan pemain paling loyal di Liga Primer Inggris, Watford terpuruk di posisi terakhir. Rataan per pemain yang membela Watford hanya 1,36 tahun. Dari total 31 pemain yang dimiliki Watford, Tom Hoban menjadi pemain dengan durasi terlama di Vicarage Road. Hoban tercatat sudah membela Watford sejak 2011 lalu. Sementara berada di peringkat dua adalah Troy Deeney yang telah bermain untuk Watford sejak 2012 lalu. Ini artinya, pemain lain keluar-masuk dengan cepat di setiap musimnya.

Sumber Gambar: INews.co.uk

Foto: Goal.com

Komentar