Mengenal Istilah-istilah Statistik di Sepakbola

Sains

by Dex Glenniza 358471 Pilihan

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor of Pandit Football Indonesia, manager of Box2Box Media Network, podcaster of Footballieur, creative writer of Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Mengenal Istilah-istilah Statistik di Sepakbola

Istilah statistik pada kiper

Kiper atau penjaga gawang pasti memegang peranan penting saat permainan sepakbola. Meskipun, pada umumnya, keterlibatan mereka tidak sesering pemain outfield lainnya, kiper memiliki istilah statistiknya sendiri, kecuali operan biasa (pada saat permainan terbuka).

Tugas utama kiper adalah menggagalkan usaha lawan dalam menembak. Jika ia berhasil melakukannya, maka ia akan mendapatkan poin penyelamatan atau save.

Kadang penyelamatan ini juga dikelompokkan lagi menjadi penyelamatan dengan tangan, kaki, bagian tubuh lainnya, bola berhasil ditangkap, bola ditepis, bola tersentuh (fingertip), penyelamatan dengan menjatuhkan badan (diving save), penyelamatan dengan berdiri (standing save), penyelamatan dengan membungkuk (stooping save), dan penyelamat dengan menyergap (reaching save). Namun kesemuanya itu masuk ke dalam satu kategori, yaitu penyelamatan.

Berikutnya ada bola tinggi yang berhasil ditangkap, ini disebut tangkapan atau catch, dan ini berbeda dari save. Sedangkan bola tinggi yang terpukul disebut pukulan atau punch, dan bola tinggi yang berhasil ditangkap kiper tapi kemudian bola terlepas disebut lepas atau drop.

Ketika bola tinggi, terutama umpan silang, kadang kiper suka maju dan ingin menguasai bola, tetapi ia gagal melakukannya (bola tidak terkena). Statistik ini disebut juga umpan silang tidak terklaim atau cross not claimed. Sedangkan umpan silang yang berhasil diklaim, tergantung jenis klaimnya, apakah catch, punch, atau drop; tapi kesemuanya kadang dijadikan satu kategori, yaitu cross claimed.

Beberapa statistik juga mengenal istilah smother ketika bola giringan lawan berhasil langsung ditangkap atau diselamatkan oleh kiper. Statistik ini setara dengan tekel untuk kiper, dan juga dribel gagal untuk si penggiring bola.


Indeks:

1. Istilah statistik pada operan
2. Istilah statistik pada tembakan
3. Istilah statistik pada peluang
4. Istilah statistik area lapangan
5. Istilah statistik pada aksi bertahan
6. Istilah statistik pada duel
7. Istilah statistik pada kiper

Komentar