Profil Tim Nasional Spanyol: Wajah Baru La Furia Roja

Piala Dunia

by redaksi

Profil Tim Nasional Spanyol: Wajah Baru La Furia Roja

Setelah menjuarai Piala Eropa 2012, performa Spanyol di turnamen besar terbilang mengecewakan. Mereka tidak pernah melangkah lebih jauh dari perempat final. Bahkan, dalam dua edisi Piala Dunia sebelumnya, mereka tersingkir di fase grup (2014) dan babak 16 besar (2018).

Pelatih Luis Enrique mengambil keputusan yang mengejutkan banyak pihak untuk Piala Dunia 2022. Nama-nama lama, seperti David De Gea, Sergio Ramos, dan bahkan Thiago, tidak dibawa ke Qatar.

Situasi ini sebenarnya sudah bisa diprediksi sejak babak kualifikasi. Enrique kerap memberikan debut kepada pemain muda. Piala Dunia di Qatar akan menjadi Piala Dunia pertama bagi 20 dari 26 pemain di skuad Spanyol.

Pria berusia 52 tahun tersebut kemungkinan besar akan tetap menggunakan formasi andalan 4-3-3 dengan mengutamakan penguasaan bola untuk membongkar pertahanan lawan. Dari 34 pertandingan yang telah dimainkan, Ia hanya pernah mengganti formasi sebanyak lima kali (terakhir ketika melawan Georgia di Kualifikasi Piala Dunia pada 2021).

Sepanjang 2022, Spanyol total telah bermain sebanyak sembilan kali. Mereka hanya satu kali kalah (1-2 vs Swiss pada September 2022) dan meraih enam kemenangan. Yang teranyar adalah mengalahkan Yordania 3-1 dalam laga persiapan jelang Piala Dunia.

Satu-satunya pemain tersisa dari skuad juara Piala Dunia 2010, Sergio Busquets, kemungkinan besar akan dirotasi dengan Rodri sebagai penyeimbang di lini tengah. Meski memiliki segudang pengalaman, Busquets sudah berusia 34 tahun dan stamina akan menjadi pertimbangan Enrique. Ia akan ditemani oleh Pedri dan Koke.

Dibanding lini lain, dapat dikatakan bahwa lini tengah adalah kunci bagi Spanyol untuk memenangi pertandingan. Selain nama-nama yang telah disebut di atas, masih ada gelandang-gelandang berbakat lain, seperti Gavi, Marcos Llorente, dan Carlos Soler.

Player to Watch: Pedri

Di antara pemain-pemain muda yang dibawa oleh Enrique ke Piala Dunia 2022, agaknya tidak ada yang kualitasnya telah teruji di panggung besar selain Pedri. Ia selalu dipercaya tampil sejak menit pertama dalam seluruh laga yang dijalani Spanyol di Piala Eropa 2020.

Setelah menjalani musim 2021/22 yang berat karena diganggu oleh cedera hamstring, Pedri jauh lebih prima musim 2022/23 ini. Ia tidak pernah absen membela Barcelona dalam 14 pertandingan La Liga yang telah dijalani dan mencatatkan tiga gol.

Dengan modal pengalaman tersebut, tentu akan relatif lebih mudah bagi Pedri untuk menunjukkan aksinya di Piala Dunia pertamanya ini.

Skuad Spanyol

Kiper: Unai Simon (Athletic Club Bilbao), Robert Sanchez (Brighton), David Raya (Brentford)

Bek: Pau Torres (Villarreal), Aymeric Laporte (Manchester City), Jose Luis Gaya (Valencia), Jordi Alba (Barcelona), Eric Garcia (Barcelona), Cesar Azpilicueta (Chelsea), Dani Carvajal (Real Madrid), Hugo Guillamon (Valencia)

Gelandang: Sergio Busquets (Barcelona), Rodri (Manchester City), Pedri (Barcelona), Gavi (Barcelona), Koke (Atletico Madrid), Carlos Soler (PSG), Marcos Llorente (Atletico Madrid)

Penyerang: Dani Olmo (RB Leipzig), Pablo Sarabia (PSG), Nico Williams (Athletic Club Bilbao), Marco Asensio (Real Madrid), Álvaro Morata (Atletico Madrid), Yeremy Pino (Villarreal), Ferran Torres (Barcelona), Ansu Fati (Barcelona)

Prediksi Sebelas Pertama


Pratinjau

Spanyol berada di Grup E bersama Jerman, Jepang, dan Kosta Rika. Di atas kertas, harusnya Spanyol akan lolos bersama Jerman. Pertandingan antara keduanya bakal menjadi penentu peringkat pertama dan kedua.

Komentar