Profil Tim Nasional Korea Selatan: Langkah Sulit Taegeuk Warriors

Piala Dunia

by Arienal A Prasetyo

Arienal A Prasetyo

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Profil Tim Nasional Korea Selatan: Langkah Sulit Taegeuk Warriors 

Piala Dunia 2022 menjadi partisipasi kesembilan secara beruntun Korea Selatan. Prestasi terbaik Taegeuk Warriors adalah ketika mereka mencapai semifinal pada edisi 2002, di mana mereka menjadi tuan rumah bersama Jepang.

Di edisi lainnya, Korea Selatan selalu gagal lolos ke fase gugur. Di bawah Paulo Bento, Korea Selatan coba memberikan perlawanan pada para pesaingnya di grup H, yakni Portugal, Ghana, dan Uruguay.

Paulo Bento mencoba mencari taktik terbaik bagi anak asuhnya. Di laga uji coba melawan Islandia, Bento memasang tiga bek tengah. Namun, ia juga mengaku taktik itu belum menjadi pakem bagi Korea Selatan.

“Kami mempraktikkan sistem tiga bek selama melakukan pemusatan latihan. Kami juga mempraktikan bagaimana jika kami bermain dengan empat bek,” ujar pelatih berkebangsaan Portugal itu, dilansir dari Yonhap. Lini belakang Korea Selatan diperkuat oleh Kim Min-jae yang tampil impresif bersama Napoli di Serie A.

"Kami tidak tahu berapa kali kami akan menggunakan sistem tiga bek ini di Piala Dunia. Kami akan melihat dalam situasi apa kami dapat menggunakan ini. Kami pikir adalah kesempatan yang sangat bagus untuk bermain dengan tiga bek tengah, untuk berlatih dengan tiga bek dan juga dengan bek sayap."

Player to Watch

Son Heung-min masih diragukan untuk tampil di Qatar meski pemain Tottenham Hotspur itu diikutsertakan dalam skuad. Namun, Korea Selatan masih memiliki bintang lain dalam diri Kim Min-jae. Bek Napoli itu sudah tampil dalam 14 laga di Serie A dan mencetak tiga gol. Peran Kim Min-jae dalam menjaga pertahanan Korea Selatan mengingat lawan yang akan dihadapi merupakan lawan-lawan yang kualitasnya sedikit di atas Korea Selatan.

Skuad Korea Selatan

Kiper: Kim Seung-gyu (Al Shabab), Jo Hyeon-woo (Ulsan Hyundai), Song Bum-keun (Jeonbuk Hyundai Motors).

Bek: Kim Min-jae (Napoli), Kim Jin-su (Jeonbuk Hyundai Motors), Hong Chul (Daegu FC), Kim Moon-hwan (Jeonbuk Hyundai Motors), Yoon Jong-gyu (FC Seoul), Kim Young-gwon (Ulsan Hyundai), Kim Tae-hwan (Ulsan Hyundai), Kwon Kyung-won(Gamba Osaka) Cho Yu-min (Daejon Citizen).

Gelandang: Jung Woo-yung (Al Sadd), Na Sang-ho (FC Seoul), Paik Seung-ho (Jeonbuk Hyundai Motors), Son Jun-ho (Shandong Taishan), Song Min-kyu (Jeonbuk Hyundai Motors), Kwon Chang-hoon (Gimcheon Sangmu), Lee Jae-sung (Mainz), Hwang Hee-chan (Wolverhampton), Hwang In-beom (Olympiacos), Jeong Woo-yeong (Freiburg), Lee Kang-in (Real Mallorca).

Penyerang: Hwang Ui-jo (Olympiacos), Cho Gue-sung (Jeonbuk Hyundai Motors), Son Heung-min (Tottenham Hotspur).

Prediksi Sebelas Pertama


Pratinjau

Korea Selatan harus membuktikan diri bahwa mereka bukan sekadar partisipan rutin di babak grup. Prestasi terbaik mereka setelah lolos semifinal edisi 2002 adalah lolos ke 16 besar pada 2010. Sayangnya, saat itu Park Ji-sung dan kawan-kawan dikalahkan Uruguay dengan skor 1-2.

Di Piala Dunia 2022, jalan Korea Selatan untuk bisa lolos ke 16 besar tidaklah mudah. Uruguay dan Portugal jelas dua tim yang difavoritkan dari grup H untuk lolos ke fase knock out. Dengan skuad yang ada, kita patut menantikan kejutan Taegeuk Warriors untuk bisa masuk ke babak 16 besar.

Komentar