Tragedi Superga, Kelahiran Cesc Fabregas, dan Debut Profesional Peter Shilton

Backpass

by Teguh Rama

Teguh Rama

Penulis. Menggemari sepakbola dari sisi budaya tribun. Dapat dihubungi melalui surel teguhsutasman@gmail.com

Tragedi Superga, Kelahiran Cesc Fabregas, dan Debut Profesional Peter Shilton

Berikut peristiwa di sepakbola yang terjadi pada tanggal 4 Mei. Diantaranya yaitu Tragedi Superga yang terjadi di tahun 1949, kelahiran gelandang Chelsea, Cesc Fabregas, di tahun 1987, serta debut profesional kiper legendaris Inggris, Peter Shilton di tahun 1966.


Tragedi Superga (4 Mei 1949)

Sehari sebelum kejadian, tepatnya pada 3 Mei 1949, skuat Torino berangkat ke Lisbon dengan membawa 18 pemain inti dan 5 staf pelatih. Duel berlangsung di malam harinya. Torino kala itu memenuhi undangan Benfica untuk menggelar laga testimoni yang diminta kapten Benfica, Francisco Jose Ferreira. Stadion disesaki puluhan ribu orang untuk melihat penampilan kesebelasan yang kala itu baru saja meraih 5 scudetto berturut.

Setelah sukses memenuhi undangan Ferreira dan memberi suguhan yang menghibur bagi penduduk Lisbon, Torino memutuskan untuk pulang ke Turin keesokan harinya, 4 Mei 1949, pada pukul 15:15 sore waktu setempat. Mereka dijadwalkan naik pesawat maskapai Italia, Avio Linee Italiane, dengan jurusan Barcelona-Turin yang transit di Lisbon.

Naas bagi Torino. Cuaca buruk yang terjadi kala itu membuat pesawat yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan tragis. Tepat di bawah gereja yang terletak di ujung bukit Superga, pesawat menghantam dinding batu dengan sangat keras dan seluruh penumpangnya tewas mengenaskan.

Tragedi ini dikenang sebagai salah satu tragedi kecelakaan terburuk yang terjadi di sepakbola.

Baca cerita lengkap tentang Tragedi Superga ini: Undangan yang Berakhir Mengenaskan di Superga


Hari Lahir Cesc Fabregas (4 Mei 1987)

Pada tanggal 4 Mei 1987, gelandang Chelsea dan timnas Spanyol yang bernama lengkap Francesc Fàbregas i Soler lahir di kota Vilassar de Mar, Catalonia, Spanyol.

Dia memulai karirnya di klub lokal, Matar├│, kemudian pindah ke akademi La Masia Barcelona ketika usianya 10 tahun. Meskipun penampilan mengesankan untuk cadangan Barca, ia telah gagal untuk memecahkan tim pertama pada tahun 2003 dan pindah ke Inggris untuk bermain untuk Arsenal.

Sempat bermain selama 8 tahun dan menjadi salah satu ikon Arsenal, Fabregas yang kala itu baru saja usai membawa timnas Spanyol menjadi juara, kemudian hengkang di awal musim 2011/12 ke klub lamanya, Barcelona. Di Barcelona, Cesc mendapatkan persaingan yang sulit dengan Xavi dan Iniesta yang posisinya tak tergantikan. Selama 3 musim, ia juga ikut andil membantu Barcelona meraih 6 trofi.

Fabregas kini menjadi salah satu ikon bagi rival klub lamanya, yakni Chelsea pada awal musim 2014/15. Ditransfer dengan nilai sekitar 33 juta Pounds, Fabregas langsung mengantarkan The Blues meraih gelar double, Liga Primer dan Piala Liga di tahun debutnya.

Sejak karier profesionalnya hingga kini, Fabregas berhasil menyumbangkan 13 gelar juara, baik di level klub maupun negara.


Debut Profesional Peter Shilton (4 Mei 1966)

Pada tanggal 4 Mei 1966, kiper Peter Shilton mengawali debutnya dalam rekor 1.005 penampilannya di kompetisi sepakbola Inggris.

Shilton bergabung dengan akademi Leicester City pada tahun 1963 pada usia 13. Shilton kemudian pindah ke tim pertama pada tahun 1966 atas desakan kiper inti mereka saat itu, Gordon Banks. Usianya 16 tahun ketika memulai debut, menggantikan Banks untuk pertandingan kandang melawan Everton dan menjaga clean sheet dalam kemenangan 3-0.

Shilton kemudian menjadi kiper inti Leicester di musim 1967/68 untuk menggantikan kiper utama mereka yang gemilang di Piala Dunia 1966, Gordon Banks, yang kemudian hengkang ke Stoke City. Shilton membuat 286 penampilan liga untuk Leicester sebelum mengikuti jejak Banks dan pindah ke Stoke pada tahun 1974. Setelah tiga musim dengan Stoke, ia pindah lagi, dan menghabiskan waktu di banyak klub Inggris seperti Nottingham Forest, Southampton, Derby County, Plymouth Argyle, Wimbledon, Bolton, Coventry, West Ham, dan Leyton Orient sebelum pensiun pada tahun 1997 pada usia 47.

Ia juga memegang rekor penampilan untuk Inggris, dengan 125 caps antara tahun 1970 dan 1990.

Komentar