(28 April) Kemenangan Bersejarah San Marino di Wembley, Arsenal Raih Trofi Eropa

Backpass

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

(28 April) Kemenangan Bersejarah San Marino di Wembley, Arsenal Raih Trofi Eropa

Berikut ini adalah beberapa peristiwa di dunia sepakbola yang pernah terjadi pada tanggal 28 April. Dimulai dari Arsenal hingga timnas San Marino.

Arsenal Meraih Trofi Eropa Pertamanya (28 April 1970)

Tanggal 28 April 1970 akan menjadi salah satu tanggal bersejarah bagi Arsenal. Saat itu, Arsenal menghadapi Anderlecht dalam partai final Inter-Cities Fairs Cup. Dalam partai final leg pertama di kandang Anderlecht, Arsenal kalah 3-1. Saat harapan juara memudar, mereka justru menghadirkan sebuah keajaiban di Highbury.

Dalam pertandingan yang berlangsung pada 28 April 1970 di Highbury, Arsenal memenangkan pertandingan dengan skor 3-0. Gol-gol Arsenal saat itu dicetak oleh Eddie Kelly (`25), Radford (`75), dan Jon Sammels satu menit kemudian. Hingga pertandingan berakhir, skor tetap tidak berubah untuk kemenangan The Gunners. Hasil ini sekaligus membuat mereka menjadi juara Inter-Cities Fairs Cup, sekaligus menjadi trofi Eropa pertama yang Arsenal raih.





San Marino Berhasil Mengemas Kemenangan Pertama Mereka (28 April 2004)

San Marino adalah salah satu dari tim nasional yang cukup gurem prestasinya di dunia sepakbola internasional, khususnya di Eropa. Tapi, setidaknya penduduk San Marino akan ingat satu hal yang cukup bersejarah pada 28 April 2004. Ketika itu, disaksikan oleh 700 orang yang memadati Stadio Olimpico, San Marino berhasil memetik kemenangan perdana mereka setelah mengalahkan Liechtenstein dengan skor 1-0 lewat gol tunggal Andy Selva di menit ke-5 dalam ajang pertandingan persahabatan.

San Marino sejatinya sudah berdiri sejak 1931. Ini artinya, butuh 73 tahun bagi San Marino untuk meraih kemenangan pertama mereka.

Pertama Kalinya Wembley Menggelar Pertandingan Resmi (28 April 1923)

Tanggal 28 April 1923 adalah hari yang bersejarah bagi masyarakat Inggris. Saat itu, Wembley baru saja dibuka untuk menggelar pertandingan, dan pertandingan yang digelar di sana saat itu adalah babak final Piala FA yang mempertemukan antara Bolton Wanderers melawan West Ham United. Pertandingan sendiri dimenangkan oleh Bolton dengan skor 2-0 lewat gol dari David Jack (`2) dan Jack Smith (`53).

Namun, bukan hanya kemenangan Bolton saja yang menjadi sejarah. Membludaknya penonton di stadion Wembley yang hanya berkapasitas 127.000 menjadi 300.000, hampir sekitar dua kali lipat dari kapasitas stadion, saat itu juga adalah peristiwa yang cukup diingat oleh warga Inggris. Bagaimana warga Inggris berduyun-duyun datang ke stadion hanya untuk menyaksikan peresmian Wembley yang akhirnya digunakan untuk pertandingan sepakbola, adalah peristiwa yang akan selalu diingat oleh warga Inggris.

Selain itu, kejadian ini pun diingat sebagai White Horse Final, karena kuda salah satu pihak keamanan bernama George Scorey bernama Billie, terekam sebagai kuda putih dalam video yang mengamankan penonton yang meluber sampai ke pinggir lapangan.



Komentar