Review Statistik Penampilan Barcelona di La Liga

Infografis

by Zakky BM

Zakky BM

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Review Statistik Penampilan Barcelona di La Liga

17 Mei 2014 telah terlewati dan genap satu tahun Barcelona harus tertunduk lesu di depan pendukungnya sendiri ketika harus menelan hasil imbang yang mempermudah Atletico Madrid untuk merengkuh titel liga Spanyol saat itu.  Singkat cerita, di tanggal yang persis sama, Barcelona mesti meraih tiga poin penuh untuk mengamankan titel liga Spanyol mereka dari kejaran sang rival abadi, Real Madrid. Ya, 17 Mei 2015 kali ini Barcelona yang harus bertandang menuju markas sang juara bertahan Atletico Madrid dalam lanjutan liga Spanyol pekan ke 37.

Penampilan mereka sepanjang musim ini memang dimulai dengan secara cara yang tidak sepenuhnya mulus. Anak asuh Luis Enrique tersebut sempat mengalami krisis pasca kekalahan di el clasico jilid pertama yang dihelat di Santigao Bernabeu. Belum lagi kabar perselisihan Messi dan Enrique yang sempat menghiasi media massa pada awal tahun 2015 yang disinyalir mulai memanas pasca dicadangkannya messi dan akhirnya menelan kekalahan oleh Real Sociedad, anak asuh David Moyes di Anoeta.

Namun, secara perlahan Barcelona bangkit. Trio Messi, Suarez dan Neymar (MSN) akhirnya menujukkan tajinya dalam memproduksi gol-gol kemenangan Blaugrana. Raihan statistiknya cukup impressif, 79 gol dari total 108 gol yang dicetak Barcelona di liga Spanyol adalah hasil dari ketajaman trio MSN. Belum lagi pertahanan solid Barca yang dibangun secara masif dan terencana oleh Luis Enrique. Hasilnya, Barcelona adalah tim paling sedikit kebobolan di liga Spanyol.

Selain uraian statistik-statistik diatas, kemudian apa saja raihan impressif Barcelona musim ini? Kami mencoba menyajikannya secara ringkas dalam infografis di bawah ini;

Klik dua kali untuk memperbesar gambar
Klik dua kali untuk memperbesar gambar

Well, congratulations, Barcelona!

Komentar