Fakta dan Data Tragedi Superga

Infografis

by Zakky BM

Zakky BM

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Fakta dan Data Tragedi Superga

Kisah pilu akan terus terkenang meski pahit.

Kalimat di atas memang begitu adanya. Tentunya tak terkecuali untuk para pendukung Torino. Peristiwa pilu yang menimpa kesebelasan kebanggan mereka di tahun 1949 menjadi bayang-bayang kelam sekaligus menjadi anti-klimaks kesuksesan Torino di kancah persepakbolaan Italia. Bagaimana tidak? Kesebelasan yang saat itu memenangi scudetto lima kali berturut-turut harus lenyap dimakan ledakan dalam badan pesawat menuju pulang.

Cerita kami tentang tragedi Superga bisa kalian simak di sini: [On This Day 4 Mei 1949] Undangan yang Berakhir Mengenaskan di Superga

Kisah tragedi Superga ini merupakan salah satu kecelakaan pesawat dalam olahraga yang cukup banyak menelan korban jiwa. Tercatat 31 korban jiwa yang melayang dalam tragedi ini. Dampaknya pun tak hanya dialami Torino,  kesebelasan nasional Italia pun harus tertatih-tatih dan membangun ulang skuat mereka di kompetisi level Eropa dan Dunia saat itu.

Untuk kembali mengenang tragedi ini, berikut kami sajikan beberapa data dan fakta mengenai peristiwa ini dalam sajian Infografis:

Tragedi Superga copy

Komentar