Glosari: Mengenal Posisi Pemain dalam bahasa Italia

Infografis

by Irfan Muhammad

Irfan Muhammad

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Glosari: Mengenal Posisi Pemain dalam bahasa Italia

Sepakbola Italia memang sedang kalah pamor dari sepakbola Inggris. Media seakan tanpa henti memperlihatkan betapa glamor, mahal dan serunya sepakbola di Inggris Raya. Walaupun begitu, idiom khas Italia, masih ada dan digunakan secara umum.

Misalnya seperti peran trequartista. Permainan simulasi Football Manager, walau kadang bikin penggunanya sok tahu, pun menggunakan idiom trequartista sehingga menjadi universal di kalangan pecinta sepakbola dunia. Pasalnya, trequartista merupakan ungkapan khusus tentang pemain yang fantastis, bergerak bebas di antara area tengah dan area depan gawang lawan, memiliki bakat sepakbola yang brilian, dan mampu membuat peluang berbahaya sekaligus mencetak gol. Pemain seperti Roberto Baggio, Alessandro Del Piero, dan Leo Messi, adalah contoh trequartista. Sepakbola Italia memberi solusi bagaimana menggambarkan sosok pemain yang jenius dalam satu kata.

Tidak hanya trequartista, sepakbola Italia juga memberi idiom bagi banyak hal lain dari sepakbola. Di zaman ketika Serie-A menjadi kesayangan pemirsa televisi di Indonesia, ada sangat banyak istilah sepakbola Italia yang akrab di telinga penggemarnya. Dari capolista, espulso, amonito, capolista, capocanonieri hingga tifosi.

Simak juga tulisan sejenis, tentang istilah-istilah posisi dan peran bermain seorang pemain sepakbola dalam khasanah bahasa Jerman

Mengenal Posisi dan Peran Pemain dalam Bahasa Jerman


Tapi ada banyak istilah-istilah lain yang tidak sepopuler kosa-kata di atas, setidaknya lebih sedikit yang tahu, terutama mungkin para geek Serie-A. Istilah-istilah teknis dan taktikal, misalnya, Italia juga punya banyak kosa katanya sendiri. Bukan hanya trequartista.

Dalam bentuk infografis di bawah ini, kami mencoba menjelaskan istilah-istilah Italia terkait posisi seorang pemain dalam sebuah formasi. Ini merupakan salah satu upaya memahami dan membedah kultur sepakbola di berbagai negara, kali ini adalah Italia.

Baca juga:

Percayalah Kebangkitan Sepakbola Italia Sudah di Depan Mata

Debat tentang Oriundo dalam Sepakbola Italia

Inilah Alasan Kenapa Sepakbola Italia Bermain Lambat dan Inggris Bermain Cepat

Mencaci dan Memuji ala Suporter Inggris dan Italia

Inggris vs Italia: Antara Realisme dan Utopia

Glosarius Sepakbola Italia: Mengenal Posisi Pemain (Klik Gambar untuk Memperbesar)
Glosarium Sepakbola Italia: Mengenal Posisi Pemain (Klik Gambar untuk Memperbesar)

Komentar