Selamat Ulang Tahun, Persib Bandung!

Infografis

by Zakky BM

Zakky BM

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Selamat Ulang Tahun, Persib Bandung!

Tepat hari ini, 82 tahun yang lalu di kota Bandung, Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung dilahirkan menyusul meleburnya PSIB dan NVB yang telah terbentuk sebelumnya.

Puluhan tahun telah dilalui, kini Persib telah banyak mengecap asam garam di kompetisi level Indonesia dan (mulai untuk) level Asia. Menjuarai kompetisi Perserikatan sebanyak lima kali dan Liga Indonesia sebanyak dua kali menjadikannya salah satu yang terbaik di tanah air. Uniknya, Persib adalah kesebelasan yang menutup kompetisi Perserikatan dengan menjuarainya di tahun 1994 dan membuka kompetisi Liga Indonesia hasil leburan Perserikatan dan Galatama pada tahun 1995 dengan menjadi juara pertama kalinya.

Pemain-pemain berlabel nasional seperti Max Timisela yang eksis pada medio 60-an sampai Firman Utina di era modern ini pernah membela panji Maung Bandung. Maka tak heran jika tim nasional Indonesia kerap kali dipenuhi bintang-bintang yang bermain untuk Persib Bandung.

Kini, Persib menjadi wakil Indonesia di ajang AFC Cup dan kembali menjadi favorit juara ISL musim 2015 setelah meraihnya di tahun lalu saat menumbangkan Persipura di babak adu penalti.

Selamat ulang tahun, Persib Bandung!

82 tahun PERSIB copy


Baca juga:

Menyoal Tanggal Kelahiran Persib Bandung

Statistik Persib vs Persija Sepanjang Masa

Lima Hal yang Masih Dibutuhkan Persib

Komentar