Kesebelasan-kesebelasan yang Pernah Bangkrut

Infografis

by Ludwika Dendy

Ludwika Dendy

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Kesebelasan-kesebelasan yang Pernah Bangkrut

Parma yang di awal milennium ini masuk sebagai salah satu anggota magnificent 7 di Italia, kini harus menghadapi kenyataan pahit yaitu masalah keuangan yang parah. Saking parahnya, dikabarkan bahwa mereka bahkan tidak mampu membayar petugas keamanan dan listrik stadion. Bukan tidak mungkin Parma harus turun ke Serie B sebagai hukuman sebagai konsekuensinya.

Banyak alasan kenapa kesebelasan-kesebelasan besar bisa terkena masalah keuangan. Bangkrutnya sponsor utama yang berpengaruh terhadap finansial klub, pembelian pemain yang jor-joran tanpa melihat kondisi keuangan, maupun gaji pemain (terutama pemain bintang) yang sedemikian tinggi hingga merusak neraca keuangan klub.

Namun Parma bukanlah satu-satunya klub yang mengalami masalah keuangan. Beberapa kesebelasan besar lain di Eropa pernah mengalami kondisi yang sama. Konsekuensinya hampir sama, harus turun ke divisi yang lebih rendah, pemotongan poin atau yang paling parah, pembubaran klub.

Berikut infografis beberapa kesebelasan yang pernah mengalami masalah keuangan.

Kesebelasan_Bangkrut

Komentar