Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 25

Fantasy Premier League

by Mayda Ersa Pratama

Mayda Ersa Pratama

Design & Multimedia @panditfootball | @PanditFPL Scout

Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 25

Hanya mempunyai waktu rehat 2-3 hari, Liga Primer Inggris gameweek 25 akan kembali digulirkan pada akhir pekan ini. Sebagai manajer FPL, ada baiknya untuk memantau para pemain andalan sembari mengatur strategi di tengah jeda yang begitu singkat ini. Kami akan sedikit membantu kalian dengan memberi rekomendasi pemain lini belakang di GW25 yang berpeluang meraih poin. Sekadar memberi tahu, catatan statistik yang kami gunakan di setiap pemain adalah berdasarkan dari penampilan di empat gameweek terakhir (ditandai dengan*).

Meski gagal meraih nirbobol di dua laga terakhirnya, Hugo Lloris (Spurs, £5.4) berkesempatan untuk meraih poin kala Tottenham Hotspur menghadapi Newcastle United di Wembley Stadium. Walau masih tampil pincang akibat banyak pemain cedera, Spurs kembali meraih kepercayaan diri usai berhasil memetik kemenangan saat menjamu Watford di GW24 lalu. Modal yang sangat berharga untuk menghadapi The Magpies yang juga dalam kondisi prima usai mengalahkan Manchester City.

Sebagai catatan, penampilan tandang anak asuh Rafael Benitez di empat laga terakhir tak terlalu mentereng dengan hasil sekali menang (vs Huddersfield Town), sekali imbang (vs Watford), dua sisanya menelan kekalahan (vs Chelsea, vs Liverpool). Selain itu, statistik mencatat Salomon Rondon dkk hanya melepaskan 13 tembakan tepat sasaran* meski mereka berhasil melesakkan 6 gol. Rata-rata gol tersebut diraih berkat serangan balik yang didapat berkat pertahanan rapat. Hal inilah yang harus diwaspadai Lloris yang sudah menorehkan 14 penyelamatan*.

Berhasil meraih poin dalam tiga pekan secara berturut-turut, Jose Holebas (Watford, £4.8) bisa dibilang sedang berada di kondisi primanya. Menariknya, di empat laga tandang terakhir yang dijalaninya, tiga di antaranya Holebas selalu berhasil mendapatkan poin, entah dari poin nirbobol maupun poin menyerangnya. Fakta unik ini mungkin kembali terulang kala Watford akan kembali bermain tandang melawan Brighton & Hove Albion di GW25 ini. Bagi pemilik bek berusia 34 tahun ini, raihan poin menyerang dirasa lebih realistis daripada peluang untuk meraih nirbobol.

Meski Brighton memiliki catatan yang biasa-biasa saja dalam menyerang (15 tembakan tepat sasaran* dan butuh waktu 9.1 menit untuk membuat satu peluang*) poin dari hasil umpan Holebas biasanya lebih menjanjikan. Statistik mencatat, pemain berkebangsaan Yunani ini sudah melepaskan 24 umpan silang* dan membuat 4peluang*. Brighton juga menjadi kesebelasan ketiga yang sering kecolongan peluang dari sisi kanan (17 kali)* yang mana sisi tersebut adalah daerah yang sering disisir oleh Holebas. Kekhawatiran yang mungkin terjadi adalah Holebas kerap kali mendapat kartu kuning akibat pelanggaran yang dilakukannya sehingga poin yang didapat pun menjadi berkurang.

Ricardo Pereira (Leicester, £5.3) menjadi salah satu bek dengan catatan statistik menyerang mumpuni. Dia sering dipasang Claude Puel pada posisi gelandang. Sejak dipasang pada posisi tersebut, dalam empat laga terakhir dia sudah membuat 8 peluang*, 19 umpan silang*, 13 sentuhan di kotak penalti lawan*, dan 5 tembakan*. Catatan menyerang ini menjadi terbaik kedua di antara jajaran bek FPL lainnya.

Leicester City akan menghadapi Manchester United di King Power Stadium pada pekan ke-25 ini. Bukan tidak mungkin Pereira dkk bisa mengejutkan anak asuh Ole Gunnar Solskjaer mengingat The Foxes sering merepotkan kesebelasan enam besar. Bukti terakhir ialah kala Leicester berhasil menahan imbang Liverpool di Anfield. Jauh sebelum itu; Chelsea berhasil ditaklukkan di Stamford Bridge, bahkan tetangga Man United juga berhasil dikalahkan di King Power Stadium yang mana Pereira berhasil menyumbang satu gol indah. Jika melihat statistik bertahan The Red Devils, mereka menjadi kesebelasan kedua yang sering menerima tembakan tepat sasaran (21 kali). Mungkin Pereira bisa memberi kontribusi dari celah tersebut.

Bek terakhir yang kami rekomendasikan di GW25 adalah Marcos Alonso (Chelsea, £6.5). Memang, The Blues mendapat dua kekalahan beruntun di Liga Primer Inggris, yang terakhir; anak asuh Maurizio Sarri ini dipermalukan Bournemouth dengan skor 0-4. Namun dalam laga tersebut Alonso tidak dimainkan, posisinya diisi oleh Emerson. Pada GW25, Chelsea akan menghadapi Huddersfield Town di Stamford Bridge. Laga ini tentunya menjadi ajang bagi Hazard dkk untuk kembali ke jalur kemenangan.

Huddersfield masih kesulitan untuk meraih kemenangan meski sudah berganti nahkoda. Tercatat, anak asuh Jan Siewert ini masih kesusahan untuk mencetak gol (satu gol di empat laga terakhir) dengan hanya melepaskan 8 tembakan tepat sasaran* dan butuh waktu 10 menit untuk membuat satu peluang*. Hal inilah yang bisa dimanfaatkan oleh Chelsea untuk mengamuk di kandang sendiri, tentunya Alonso berpeluang untuk meraih nirbobol. Catatan statistik Alonso sendiri sudah mulai membaik dengan usaha 7 tembakan* (terbaik di antara bek), 10 sentuhan di kotak penalti lawan*, dan 15 umpan silang*. Dengan hadirnya Gonzalo Higuain, mungkin saja keran asis pemain asal Spanyol ini kembali mengalir layaknya musim 2017/18 lalu.

***

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW25:

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 31 Januari 2019.

Komentar