Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 4

Fantasy Premier League

by Mayda Ersa Pratama

Mayda Ersa Pratama

Design & Multimedia @panditfootball | @PanditFPL Scout

Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 4

Sebagian kesebelasan Liga Primer Inggris memainkan laga di ajang Piala Liga (EFL Cup) tengah pekan kemarin. Sebagai manajer FPL, tentunya kita harus jeli memilih skuat pilihan untuk mengarungi pekan ke-4 Liga Primer Inggris ini. Gameweek 4 Liga Primer juga menjadi gameweek terakhir sebelum jeda internasional pekan depan. Jadi sebelum "beristirahat" di jeda internasional, mari kita mulai memilih pemain untuk GW4.

Pemain pertama yang kami rekomendasikan adalah penjaga gawang. Jordan Pickford (Everton, £5.0) memang belum mencatat nirbobol di tiga pekan pertama Liga Primer 2018/19 ini. Ia berpeluang meraih nirbobol pertamanya di GW4 ini kala Everton kedatangan tamu Huddersfield Town. Bukan tanpa alasan, Huddersfield tercatat sebagai kesebelasan terlemah dalam hal menyerang sampai GW4 ini. Anak asuh David Wagner hanya mencetak satu gol dari 16 kali usaha percobaan tembakan dan butuh 17.6 menit untuk membuat satu peluang. Bermain di Goodison Park juga menjadi keuntungan Pickford untuk meraih nirbobol pertamanya di musim 2018/19 ini.

Untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, kami kembali merekomendasikan Benjamin Mendy (Man City, £6.4) di GW4 ini setelah tiga pekan berlangsung ia terus memberi poin demi poin yang bisa membuat para manajer FPL tersenyum lega. Catatan statistik apik Mendy tidak bisa dipungkiri (25 kali melepaskan umpan silang, enam diantaranya berbuah menjadi peluang) jauh mengungguli para bek Liga Primer lainnya. Selain itu, mantan pemain Monaco ini telah melakukan 129 kali sentuhan di sepertiga akhir daerah lawan dengan rata-rata 2.1 menit per sentuhan (yang lagi-lagi sentuhan paling banyak daripada bek lainnya). Dengan catatan tersebut, bermain di Etihad Stadium melawan Newcastle United rasanya Mendy—bersama Manchester City—kembali berpeluang untuk meraih nirbobol sekaligus mendapat poin dari usaha menyerangnya.

Tak kalah jago soal urusan menyerang dari Mendy, Marcos Alonso (Chelsea, £6.7) adalah nama yang juga patut dipertimbangkan. Baru tiga GW berjalan, Alonso selalu memberi dua digit poin di setiap pekannya karena poin menyerangnya (satu gol dan empat asis). Tujuh percobaan tembakan gawang dan 11 sentuhan di kotak penalti lawan adalah bukti keunggulan Alonso dibandingkan dengan bek lainnya sampai GW4 ini. Akan melawan Bournemotuh di Stamford Bridge pada akhir pekan ini, pemain asal Spanyol ini berpeluang untuk mengancam pertahanan anak asuh Eddie Howe mengingat The Cherries bukanlah kesebelasan yang suka bertahan meski bermain di kandang lawan.

Tiga kemenangan beruntun di tiga laga perdana Liga Primer Inggris 2018/19 tentunya membuat Watford diwaspadai oleh kesebelasan lain. Jose Holebas (Watford, £4.7) bisa dibilang salah satu pemain kunci skuat asuhan Javi Gracia. Holebas sudah mencetak dua asis dan satu gol sampai pekan keempat ini. Ia juga sudah melakukan tujuh operan kunci, 22 kali umpan silang (delapan di antaranya sukses), dan melakukan 115 sentuhan di sepertiga akhir daerah lawan. Catatan-catatan statistik itu tidak kalah mentereng bila dibandingkan dengan jajaran bek dengan harga premium lainnya. Meskipun Watford akan kedatangan Tottenham Hotspur—yang juga dalam performa bagus—rasanya laga akan berjalan alot dan bukan tidak mungkin Watford bisa mencuri poin lewat umpan silang atau situasi bola mati, di mana Holebas-lah yang menjadi eksekutor dari tendangan bola mati.

Ps: Jika kalian membaca artikel kiper dan bek unggulan GW3 lalu, nama-nama bek rekomendasi di atas sebenarnya sama dengan artikel tersebut. Meski begitu, tulisannya tidak sama, kok. Namun bisa jadi, ketiga pemain ini (ditambah Andrew Robertson mungkin) akan menjadi bek-bek paling konsisten memberikan poin FPL yang menggembirakan sepanjang musim ini.

***

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW4:

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 31 Agustus 2018.

Komentar