Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 1

Fantasy Premier League

by Mayda Ersa Pratama

Mayda Ersa Pratama

Design & Multimedia @panditfootball | @PanditFPL Scout

Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 1

Fantasy Premier League 2018/19 is coming home! Sudah siap kah kalian, wahai manajer FPL, dengan segala persiapan untuk menyambut musim baru Liga Primer Inggris ini? Jika belum, siapkan diri kalian untuk menyempatkan mengatur tim fantasi masing-masing sebelum kelupaan karena kencan di akhir pekan, berkumpul bersama keluarga, atau acara yang lainnya. Untuk itu, kami hadir kembali di musim 2018/19 untuk sekadar memberi beberapa rekomendasi pemain yang kiranya akan bersinar di setiap pekannya.

Sebelum kami mulai, kami ingin mengingatkan tenggat waktu (deadline) gameweek 1 adalah Sabtu, 11 Agustus 2018, pukul 01.00 WIB dini hari. Ingat, ya, dini hari; karena ada Manchester United vs Leicester City (02.00 WIB) yang akan membuka Liga Primer 2018/19. Jangan sampai kelupaan. Kami sudah mengingatkan, ya.

Mulai musim ini juga tulisan analisis jadwal kami hilangkan. Jadi kalian bisa langsung mengecek ke tulisan tim unggulan pada posisi masing-masing (dari kiper dan bek, gelandang, penyerang, dan spekulatif) setiap gameweek-nya.

Di GW1 ini, posisi penjaga gawang kami percayakan kepada David De Gea (Man United, £6.0) yang akan menghadapi Leicester City di Old Trafford. Memilih De Gea seperti menjadi investasi yang terlalu mahal. Namun memilih De Gea juga bisa membuat kalian secara umum merasa aman dan tak perlu melakukan transfer penjaga gawang bahkan sampai akhir musim, kecuali De Gea cedera panjang.

Jika melihat delapan pertandingan pertama Man United di Liga Primer 2018/19 ini, jadwal mereka bisa dikatakan ringan. Memasang salah satu pemain andalan Jose Mourinho tidak ada ruginya. Dari semua pemain belakang United, sejauh ini belum ada yang mendapat jaminan bermain setiap pekannya, kecuali De Gea. Kemampuan De Gea di Liga Primer dari tahun ke tahun bisa dibilang selalu konsisten dengan menyuguhkan penyelamatan-penyelamatan yang ciamik.

Selain Man United, pertahanan Liverpool juga tampil solid jika bermain di Anfield pada musim 2017/18 dengan torehan 12 kali nirbobol tanpa mengalami kekalahan. Bisa dibayangkan betapa menggiurkannya jikalau memasang pilar pertahanan dari The Anfield Wall ini. Andrew Robertson (Liverpool, £6.0) bisa menjadi investasi di bagian lini belakang skuat kalian paling tidak untuk empat pekan pertama. Selain peluang untuk meraih nirbobol kala menghadapi West Ham United di GW1 ini, ancaman umpan silang Robertson adalah senjata menyerang lainnya yang bisa mendapatkan poin lebih. Kemudian jika menilik dari hasil Liverpool di laga pra-musim, memasang pemain Liverpool selain Mohamed Salah rasanya tidak akan salah…

Selain Liverpool, Bournemouth juga kami anggap memiliki jadwal relatif ringan dalam empat gameweek ke depan. Pada GW1, mereka akan menyambut kesebelasan promosi, Cardiff City. Selain Asmir Begovic di posisi penjaga gawang, Charlie Daniels (Bournemouth, £4.5) juga menarik, terutama ketika kita melihat harganya. Pada musim lalu Daniels sering mendapat poin dari hasil usaha menyerangnya. Ia menjadi bek yang paling sering kelima menyentuh bola di sepertiga akhir lapangan (20.1 per pertandingan). Sepanjang musim lalu juga Daniels meluncurkan 106 umpan silang (terbaik kedelapan di antara bek).

Pada pra-musim, Southampton sering bermain dengan tiga bek. Pada formasi ini, kedua bek sayap bermain sebagai wing-back. Cedric Soares (Southampton, £4.5) adalah salah satu wing-back tersebut. Musim lalu Cedric mencatatkan 3 asis. Kenyataannya tidak ada bek yang mencatatkan big chances lebih sering daripada Cedric (4). Bersama Ryan Bertrand—yang harganya lebih mahal—mereka mencatatkan 43 tembakan ke arah gawang. Di GW1 nanti, Southampton akan menjamu Burnley yang mengalami kelelahan karena bermain di kualifikasi Liga Europa UEFA melawan Istanbul Basaksehir (10/08 dini hari WIB).

Ingin mencari inspirasi dari pemain belakang lainnya? Simak juga tulisan kami di awal musim ini mengenai analisis dan daftar belanja untuk posisi penjaga gawang, serta analisis dan daftar belanja untuk posisi bek.

***

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW1:

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 9 Agustus 2018.

Komentar