Penyerang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 15

Fantasy Premier League

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Managing editor of Pandit Football, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach. Born with the full name of Defary Glenniza Tiffandiputra, growing up with a nickname Dex Glenniza. Who cares anyway! @dexglenniza

Penyerang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 15

Dua dari tiga nama penyerang unggulan GW14 kami pertahankan untuk GW15 kali ini. Pertama, kami seperti terbebani untuk selalu memilih penyerang Manchester City yang mana hanya ada dua pilihan: Sergio Aguero atau Gabriel Jesus. The Citizens sangat berpotensi untuk mengadakan pesta gol menghadapi tamunya, West Ham United, di GW15 nanti. Selain mereka tidak butuh menyimpan tenaga karena sudah memastikan menjadi juara Grup F di Liga Champions UEFA yang akan dimainkan tengah pekan depan, West Ham juga menjadi kesebelasan yang paling banyak kebobolan di empat GW terakhir dengan 11 gol (terburuk bersama dengan Huddersfield Town).

Itu yang membuat kami mempertahankan Gabriel Jesus (Man City, £10.4) sebagai penyerang unggulan untuk GW15. Jesus berhasil mencetak 2 gol dari 8 tembakan on target (terbaik di antara penyerang) di empat GW terakhir. Selain itu juga Jesus diperkirakan akan lebih bugar dibandingkan dengan Aguero karena Jesus ditarik di menit ke-74 pada saat City menang 2-1 atas tamunya, Southampton, di GW14. Sementara Aguero bermain penuh selama 90 menit. Jesus juga terkenal sebagai pemain yang memiliki dampak besar meski dimainkan hanya sebentar. Jadi, kalaupun ia bermain dari bench, kita tetap bisa berharap kepada Jesus.

Berikutnya, kami akan memilih penyerang yang paling mainstream, yang juga sesuai dengan poling di atas, yaitu Harry Kane (Spurs, £12.8). Namun, alasan kami kali ini tidak se-mainstream biasanya. Bukannya statistik Kane menurun. Dalam empat GW terakhir, ia masih merajai jumlah tembakan (21, terbaik di antara penyerang), serta on target (7, terbaik ketiga) dan sentuhan di kotak penalti lawan (27, terbaik kedua). Akan tetapi, yang membuat semakin menarik untuk memilih Kane adalah karena lawan mereka di GW15 nanti, Watford.

Spurs memang akan bertandang ke Vicarage Road, kandang Watford. Tapi di situ justru keunggulannya. Watford adalah satu-satunya kesebelasan di Liga Primer yang bermain lebih buruk jika di kandang, dengan sudah kebobolan 15 kali (terburuk), ditembak 98 kali (terburuk ketiga), dengan 36 di antaranya on target (terburuk). Dibanding dengan penampilan tandang mereka, Watford kebobolan 10 kali jika bermain tandang (papan tengah), ditembak 69 kali (terbaik ketiga), dengan 25 on target (terbaik kelima). Padahal Watford sama-sama sudah memainkan 7 pertandingan baik kandang maupun tandang. Di sisi lain, Spurs sedikit lebih baik jika bermain tandang. Ada apa dengan Watford di kandang?

Apa pun yang menyebabkan Watford bermain lebih buruk ketika kandang, mari kita lanjutkan ke penyerang ketiga untuk melengkapi formasi 1-3-4-3. Oumar Niasse (Everton, £5.0) menjadi penyerang yang menggiurkan di antara para penyerang Everton lainnya (ya, kami tahu Wayne Rooney baru mencetak trigol, dan ia pun mengungguli poling kami di atas). "Diistirahatkan" dalam dua GW terakhir karena menerima hukuman larangan bermain, Niasse tentunya lebih bugar dibandingkan Rooney dan Dominic Calvert-Lewin. Sama seperti West Ham, Huddersfield yang merupakan lawan Everton di GW15, adalah kesebelasan yang paling banyak kebobolan di empat GW terakhir dengan 11 gol. Pada dua pertandingan terakhir yang Niasse mainkan (GW11 dan GW12), ia berhasil mencetak 2 gol dari 4 tembakan (3 on target), serta menyentuh bola sebanyak 13 kali di kotak penalti lawan (terbaik ketiga di antara para penyerang di jangka waktu yang sama).

***

Masih ada juga kesempatan untuk memenangkan hadiah dengan mengikuti Liga FPL PanditFootball.com klik di sini.

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW15:

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 1 Desember 2017.

Komentar