Tim Pilihan PanditFootball: Gameweek 37

Fantasy Premier League

by lvan Hadyan 38175

lvan Hadyan

Menyukai otak-atik susunan formasi sepakbola dan mengkhayalkan pergerakan keseluruhan pemain di dalamnya. Penggiat Fantasy Premier League dan statistik.

Tim Pilihan PanditFootball: Gameweek 37

Liga Inggris sudah mendekat tahap akhir. Hanya dalam dua pekan ke depan, musim 2016/2017 akan ditutup. Bagi sebagian kesebelasan, pekan ke-37 adalah penentu krusial untuk mencapai target masing-masing. Dalam hal ini, yang dimaksud adalah penentuan gelar juara (melibatkan Chelsea dan Tottenham), perebutan jatah kompetisi Eropa, terutama Liga Champions (Liverpool, Man City, Arsenal, dan Man United, serta Everton yang secara matematis masih bisa masuk ke Liga Europa), sampai melepaskan diri dari zona degradasi (Swansea dan Hull, tapi Crystal Palace, hingga Burnley dan Watford masih bisa terjerat). Adapun GW37 memiliki tenggat waktu FPL pada hari Sabtu, 13 Mei 2017, jam 00:45 WIB. Sama seperti pekan sebelumnya, tenggat waktu ini juga lebih cepat dari biasanya.

Sampai artikel ini dibuat, tiga transfer masuk terpopuler adalah Gabriel Jesus, Diego Costa, dan Kevin De Bruyne. Sedangkan untuk transfer keluar adalah Romelu Lukaku, Sergio Aguero, dan Wilfried Zaha.

Jadwal Pertandingan Gameweek 37

Pada GW37, banyak sekali pertandingan tambahan, sebagai dampak dari Piala Liga dan Piala FA yang digelar bersamaan pada GW26, GW28, dan GW34. Selain 10 pertandingan normal, masih ada lima pertandingan lai, yang mengakibatkan 10 kesebelasan ini mendapat DGW: Chelsea, Tottenham, Man City, Arsenal, Man United, West Brom, Leicester, Southampton, Watford, dan Sunderland.

Liga Primer akan memainkan tujuh pertandingan pada hari Sabtu, tiga pada hari Minggu, satu pada hari Selasa, dua pada hari Rabu, satu pada hari Kamis, dan satu pertandingan tambahan pada hari Jumat. Berarti, sepanjang pekan depan kita akan disuguhkan pertandingan Liga Inggris kecuali pada hari Senin (kecuali mau menghitung potongan pertandingan Tottenham vs Man United) dan Sabtu. Wow.

Waktu pada tabel di bawah ini ditunjukkan dalam Waktu Indonesia Barat (WIB).

Sabtu, 13 Mei 2017
01:45Everton vs Watford
02:00West Brom vs Chelsea
18:30Man City vs Leicester
21:00Bournemouth vs Burnley
21:00Sunderland vs Swansea
21:00Middlesbrough vs Southampton
23:30Stoke vs Arsenal
Minggu, 14 Mei 2017
18:00Crystal Palace vs Hull
20:15West Ham vs Liverpool
22:30Tottenham vs Man United
Selasa, 16 Mei 2017
02:00Chelsea vs Watford
Rabu, 17 Mei 2017
01:45Arsenal vs Sunderland
02:00Man City vs West Brom
Kamis, 18 Mei 2017
01:45Southampton vs Man United
Jumat, 19 Mei 2017
01:45Leicester vs Tottenham

Tim Pilihan PanditFootball untuk Gameweek 37

Tim pilihan berisi lima belas pemain, terdiri dari sebelas pemain utama dan empat pemain cadangan. Setelah melakukan observasi dan analisis, kami memutuskan untuk kembali memasang formasi 3-4-3.

Meski banyak kesebelasan yang memainkan dua pertandingan dan melibatkan kesebelasan-kesebelasan unggulan, perlu diperhatikan bahwa pemilihan pemain kali ini jauh lebih membingungkan dari biasanya.

Alasannya adalah pertandingan pertama Chelsea yang bisa langsung mengubah peta susunan pemain. Setelah kami menelusuri skuat Juventus saat dilatih Conte, kami menemukan bahwa rotasi dalam skuat cukup banyak dilakukannya setelah meraih gelar juara. Andai Chelsea memenangkan pertandingan pertama DGW37 saat melawan West Brom nanti, maka Chelsea akan memastikan gelar juara liga dan berdampak kemungkinan rotasi besar-besaran juga saat melawan Watford.

Begitu pula yang diduga akan terjadi pada Tottenham selaku pesaing juara. Logikanya, kalau Chelsea sudah juara, maka memainkan skuat terbaik bukan lagi menjadi keharusan. Apalagi mengingat pertandingan DGW37 pertama dan kedua yang berdekatan.

Pilihan DGW yang dirasa masih aman adalah dari Man City dan Arsenal. Mereka berdua akan terus menargetkan poin sebanyak-banyaknya demi mengamankan zona Liga Champions. Man United juga bisa dimasukkan ke dalam persaingan ini, namun posisi mereka yang tinggal selangkah lagi menjuarai Liga Europa bisa membuat mereka memilih untuk mengistirahatkan pemain jelang final yang akan diselenggarakan setelah liga berakhir.

Sedangkan untuk Southampton, West Brom, Leicester, Watford, dan Sunderland, posisi mereka di klasemen tampak tidak akan berubah banyak. Watford pun secara realistis sudah aman dari degradasi karena selisih poin mereka jauh lebih baik dari Hull (-15 berbanding -33), dan di bawah Watford masih ada Swansea dan Crystal Palace yang bisa Hull salip duluan andaikan Hull berhasil memenangkan sisa pertandingan yang mereka punya. Sedangkan Sunderland memang tidak ada motivasi berlebih sejak sudah dipastikan degradasi. Jika dilihat dari sisi sebaliknya, kesebelasan-kesebelasan ini mungkin akan bermain lebih lepas dan bisa memberi hasil mengejutkan dan menguntungkan pada DGW kali ini. Itu pun dengan catatan, kalau kesebelasan masing-masing tidak menerapkan rotasi pada pemain-pemainnya…

Komentar