Pemain Spekulatif FPL Pilihan PanditFootball: Gameweek 34

Fantasy Premier League

by lvan Hadyan

lvan Hadyan

Menyukai otak-atik susunan formasi sepakbola dan mengkhayalkan pergerakan keseluruhan pemain di dalamnya. Penggiat Fantasy Premier League dan statistik.

Pemain Spekulatif FPL Pilihan PanditFootball: Gameweek 34

Pekan ke-34 Liga Inggris yang akan berlangsung pada akhir pekan ini menjadi pekan yang unik. Ini menjadi double gameweek (selanjutnya akan disingkat menjadi DGW) kedua pada musim 2016/2017 dan akan melibatkan tiga kesebelasan (Man United, Crystal Palace, dan Middlesbrough).

Dari sepengamatan kami, DGW kali ini memberikan warna yang beragam, mulai dari perbedaan pendapat tentang kelayakan pemain DGW untuk dipilih, sampai isu rotasi bagi mayoritas kesebelasan, karena ada yang baru selesai bermain di Eropa (Leicester, Man United), juga kesebelasan yang harus bermain di Piala FA sebelum memainkan pertandingan GW34-nya (Man City, Arsenal, Chelsea, Tottenham).

Namun jika diingat kembali, dengan munculnya DGW34, tidak terasa FPL sudah mulai mendekati akhir. Termasuk DGW34, kita hanya akan memainkan lima GW saja.

Strategi normal dengan bermain aman ada kalanya tidak lagi memberi manfaat signifikan untuk para manajer FPL. Jika tidak mencoba sesuatu yang berbeda, perubahan peringkat kita pun bisa jadi tidak berubah banyak. Pilihan kapten yang tepat juga akan semakin krusial.

Pesan ini disampaikan untuk para manajer yang berniat melompat lebih tinggi dalam ranking dunia, maupun mini-liga untuk menyusul pemain yang dianggap sebagai rival.

Pemain spekulatif akan menjadi penting untuk mewujudkan hal tersebut, tapi percobaan ini tentu sepadan dengan potensi risiko yang dihadapi...

Apa Itu Pemain Spekulatif?

Jika Anda baru pertama kali membaca serial artikel pemain spekulatif FPL kami, perlu kami jelaskan terlebih dahulu.

Kriteria pemilihan pemain spekulatif pada artikel kami cukup sederhana, yaitu pemain yang dimiliki dengan kisaran 5.0%+ atau ke bawah.

Pemilihan pemain berkategori spekulatif dapat dibutuhkan jika para manajer FPL berniat mengejar poin lawan di mini-league. Pemain-pemain seperti ini bisa menjadi pembeda yang membuat tim manajer FPL mendapat poin tanpa tersaingi banyak manajer lain.

Tapi penamaan spekulatif juga bukan tanpa alasan, karena memilih pemain dengan kepemilikan rendah membuat manajer FPL kesulitan bersaing jika para pemain dengan angka kepemilikan tinggi meraih poin besar. Jika Anda adalah seorang risk taker maka artikel ini akan cocok untuk Anda.

Rekap Pemain Spekulatif Gameweek 33

Marko Arnautovic mencatat 1 gol, 1 asis, dan mendapat 2 poin bonus, sehingga berakhir dengan 12 poin, keberhasilan Arnautovic berhasil meneruskan catatan baik pemain spekulatif musim ini yang hampir selalu memberikan poin, setidaknya dari satu pemain. Olivier Giroud (2 poin) tidak membawa pulang torehan gol atau asis, meski beberapa kali mengancam gawang Brad Guzan. Begitu juga dengan Nacer Chadli (2) yang harus ditarik keluar pada menit ke-61 tanpa berhasil melepaskan satu tembakan pun.

Pemain Spekulatif Gameweek 34

Seperti yang sempat kami utarakan pada artikel tim pilihan GW34, Man United, Crystal Palace, dan Middlesbrough akan bermain dua kali. Memang terdapat pilihan-pilihan populer, namun DGW34 juga menghadirkan nama-nama alternatif yang bisa dipertimbangkan untuk menjadi pembeda, bahkan mengefektifkan biaya.

Andros Townsend (Crystal Palace)
Harga: £5.8
Kepemilikan: 2.8%

Dengan selisih harga £0.2, Townsend tidak sepopuler rekan satu kesebelasannya, Wilfried Zaha. Padahal, pencapaian Townsend tidak kalah baik dibanding Zaha menjelang GW34 dimulai. Bahkan dalam tiga pertandingan terakhir, Townsend selalu sukses memberikan gol/asis. Statistik juga menunjukkan bahwa Townsend masuk ke dalam lima besar pencipta peluang terbanyak di liga dalam empat pertandingan terakhir (10 kali). Para manajer bisa mencoba pemain bernomor punggung 10 ini jika kekurangan biaya untuk membeli Zaha, Christian Benteke, maupun bermaksud untuk menggabungkan dua atau ketiganya sekaligus.

Ander Herrera (Man United)
Harga: £6.3
Kepemilikan: 1.7%

1 gol dan 1 asis yang dibuatnya saat melawan Chelsea pekan lalu membuka mata para manajer. Sebenarnya, kami pun sudah memantau pemain ini sebagai alternatif pada DGW34 sebelum pertandingan melawan Chelsea, walaupun dia hanya mengemas 4 asis sepanjang musim. Alasannya adalah karena Herrera terhitung rutin bermain dengan jumlah menit yang banyak dan bisa sesekali memberi kontribusi serangan dari posisinya yang lebih dalam. Benar saja, Jose Mourinho sudah memberi konfirmasi bahwa Herrera (dan Ashley Young) akan bermain melawan Burnley. Kemudian, saat derby melawan Man City, Mourinho tampaknya akan kembali membutuhkan skuat terbaiknya, sehingga pemain asal Spanyol ini kemungkinan besar akan aman dari rotasi dan bermain dalam dua pertandingan tersebut.

Stewart Downing (Middlesbrough)
Harga: £4.9
Kepemilikan: 0.5%

Dikomandoi Steve Agnew, Middlesbrough kini mulai melancarkan umpan silang lebih banyak dari biasanya. Tidak seperti namanya yang berarti mengalami penurunan (down-ing), salah satu pemain yang menunjukkan tanda kebangkitan adalah, ya, Downing. Downing selalu bermain penuh di bawah Agnew, dan Downing menjadi pemain yang paling banyak ditugaskan untuk mengambil tendangan sudut dan tendangan bebas. Jumlah penciptaan peluangnya menjadi yang terbanyak di antara pemain Middlesbrough lainnya dalam lima pertandingan terakhir (sejak Agnew ambil alih posisi pelatih Middlesbrough). Alasan lain pemilihan Downing adalah catatan yang menunjukkan Bournemouth dan Sunderland banyak kebobolan melalui sundulan. Untuk menjawab kemungkinan ini, pencetak gol bisa berbeda-beda, bisa Alvaro Negredo, Daniel Ayala, Ben Gibson, atau bahkan Marten De Roon. Namun, jika pengumpannya berasal dari sumber yang sama, maka tampak masuk akal bila sang pengumpan, Downing, bisa lebih punya peluang mendapat poin.

***

Bukan kebetulan, ketiga pemain spekulatif kami memiliki kosakata yang sedikit negatif, yaitu (Towns)end, Under(Herrera), dan Down(ing). Meskipun demikian, kami akan selalu mengucapkan salam panah hijau, agar start poin FPL kalian bisa maksimal, mendapatkan poin di atas rata-rata, peringkat pun menjadi up, dan berada di ranking top mini-liga kalian masing-masing.

Harga pemain dan angka kepemilikan akurat per 21 April 2017.

Komentar