Tim Pilihan PanditFootball: Gameweek 34

Fantasy Premier League

by lvan Hadyan 59209

lvan Hadyan

Menyukai otak-atik susunan formasi sepakbola dan mengkhayalkan pergerakan keseluruhan pemain di dalamnya. Penggiat Fantasy Premier League dan statistik.

Tim Pilihan PanditFootball: Gameweek 34

Pemain Belakang

Pada posisi bek, Marcos Alonso (Chelsea, £6.8) kembali dimunculkan. Seperti yang sudah pernah kami utarakan dalam berbagai kesempatan, memilih Alonso lebih dikarenakan potensi gol yang bisa dicetaknya sewaktu-waktu, menjawab harganya yang kini sudah menjulang tinggi. Selain karena permainannya yang bisa menusuk ke kotak penalti, Alonso kini juga beberapa kali dipercaya sebagai penendang bebas langsung untuk Chelsea. Golnya yang dibuat ke gawang Bournemouth menjadi karya pertamanya dari situasi tersebut pada musim ini, setelah dalam beberapa percobaan lain harus mengenai mistar gawang. Pada pekan lalu, Antonio Conte mengabarkan bahwa Alonso harus menepi karena terkena virus, sehingga kemungkinan sudah bisa bermain pada GW34 ini.

Cedera yang dialami Victor Valdes membuat Ben Gibson (Middlesbrough, £5.0) kini menjadi pilihan yang lebih laris. Gibson adalah bek Middlesbrough yang paling aman dari rotasi, bermain penuh dalam semua pertandingan di liga musim ini. Jadwal yang akan dihadapi Middlesbrough terbilang paling ringan untuk meraih clean sheet dibanding dua kesebelasan lainnya. Pertahanan Middlesbrough masih terhitung alot walau kini harus terjerembab di zona degradasi, dikarenakan mereka kesulitan mencetak gol. Mereka masih bisa meraih 2 clean sheet dalam empat pertandingan terakhir. Selain itu, Gibson memiliki peluang untuk mencetak gol melalui situasi bola mati, mengingat Bournemouth dan Sunderland banyak kebobolan dari sundulan kepala pada musim ini.

Bek lain dengan satu pertandingan yang layak diunggulkan adalah Harry Maguire (Hull, £4.4). Sejak pertengahan musim, statistik tembakan Maguire begitu mendominasi di antara bek Liga Inggris lainnya, namun baru sekarang percobaan-percobaan tersebut membuahkan hasil. Maguire sudah mencetak 2 gol dari dua pertandingan terakhir yang dimainkannya. Lebih bagusnya lagi, gol terakhir Maguire dicetak saat dia dipasang sebagai bek kanan, menunjukkan kapabilitasnya dimainkan di berbagai posisi. Ditambah dengan beberapa kali mengambil tendangan bebas Hull, dia menjadi salah satu pemain bertahan di Liga Inggris yang dapat diandalkan untuk mencetak gol saat ini. Tak lupa, Hull tampil lebih apik saat bermain di kandang pada musim ini, Hull berhasil mengemas 16 poin dari maksimal 18 (5 menang, 1 seri, 0 kalah) dalam enam pertandingan kandang terakhirnya.

Gelandang

Setelah berhasil mencetak gol melalui tendangan bebas pada pekan lalu, Alexis Sanchez (Arsenal, £11.5) kembali kami masukkan ke dalam tim pilihan. Statistiknya dalam beberapa pertandingan terakhir memang tidak terlalu menonjol. Namun, pemain asal Cile ini masih menjadi pemain Arsenal yang paling banyak melepaskan tembakan dan membuat sentuhan di kotak penalti dalam empat pertandingan terakhir. Hal yang membuat Arsenal layak diunggulkan pada pertandingan nanti adalah performa Leicester selama di tandang yang buruk. Hanya satu kemenangan dan empat kali imbang dibuat mereka, sisanya harus berakhir dengan kekalahan.

Taktik yang diterapkan Jose Mourinho pada pekan lalu sukses menghentikan Chelsea dan pergerakan Eden Hazard (Chelsea, £10.4). Namun, memakai strategi yang sama untuk mematikan Hazard tentu tidak semudah itu untuk diulang oleh pelatih lainnya. Chelsea kini hanya terpaut empat poin dari Tottenham di peringkat kedua, sehingga tentu Antonio Conte akan berusaha mencambuk semangat anak asuhnya. Hazard yang belakangan ini tampil baik dapat kembali diandalkan untuk menjadi sumber poin FPL dari Chelsea. Statistiknya dalam empat pertandingan terakhir masih menjadi yang terdepan di antara pemain Chelsea lainnya, dari segi sentuhan di kotak penalti, penciptaan peluang, maupun tendangan terarah, ditambah dengan statusnya sebagai penendang penalti utama. Sementara itu, Southampton tercatat sebagai kesebelasan yang paling banyak menerima peluang berbahaya dalam empat pekan terakhir (13 kali) dan menerima peluang lawan di kotak penalti sendiri dengan jumlah keempat terbanyak (41 kali).

Roberto Firmino (Liverpool, £8.6) menjadi pilihan yang paling konsisten dari Liverpool. Dalam enam pertandingan terakhir yang dimainkannya, Firmino selalu mencetak gol/asis, mencapai 3 gol dan 4 asis. Firmino tercatat sebagai pemain Liverpool yang paling banyak melakukan tembakan tepat, membuat sentuhan di kotak penalti, dan penciptaan peluang dalam empat pertandingan terakhir. Catatan ini tampaknya masih bisa diteruskan kembali pada pertandingan melawan Crystal Palace pada hari Minggu nanti. Jumlah peluang di kotak penalti Crystal Palace dalam empat pertandingan terakhir menjadi yang tertinggi, yaitu 48 kali. Apalagi, mereka tidak dapat diperkuat Mamadou Sakho karena berstatus sebagai pemain pinjaman dari Liverpool.

Pemain DGW berikutnya adalah Wilfried Zaha (Crystal Palace, £6.0). Angka kepemilikannya yang sudah mencapai 15.6% menjadikannya opsi Crystal Palace terpopuler. Zaha memang bersinar kembali pada musim ini. Dalam empat pertandingan terakhir, Zaha berhasil membuat 1 gol dan 3 asis. Statistiknya pada periode tersebut juga menunjukkan bahwa Zaha telah membuat 10 tembakan di kotak penalti, percobaan ini cukup banyak dan menjadi jumlah kelima terbanyak di liga. Catatan Zaha, juga aset-aset Crystal Palace lainnya, didukung oleh statistik serangan Crystal Palace yang termasuk salah satu yang terbanyak di liga, seperti jumlah gol, tembakan di kotak penalti, peluang berbahaya, sampai sentuhan di kotak penalti, padahal lawan-lawan mereka saat itu adalah Chelsea, Southampton, Arsenal, dan Leicester.

Komentar