Tim Pilihan PanditFootball: Gameweek 34

Fantasy Premier League

by lvan Hadyan 59209

lvan Hadyan

Menyukai otak-atik susunan formasi sepakbola dan mengkhayalkan pergerakan keseluruhan pemain di dalamnya. Penggiat Fantasy Premier League dan statistik.

Tim Pilihan PanditFootball: Gameweek 34

Penyerang

Momen kembalinya Harry Kane (Tottenham, £11.5) berjalan mulus. 1 gol dan 1 asis yang dibuatnya menjadikannya sebagai penyerang dengan poin tertinggi pada GW33. Statistik tembakan di kotak penalti dan penciptaan peluangnya pada pertandingan tersebut memasuki lima besar pada masing-masing kategori. Melihat penampilan Tottenham yang sudah memenangkan tujuh pertandingan terakhirnya, tampak sulit untuk menghentikan laju mereka, sekalipun mereka harus bermain melawan Chelsea dulu pada akhir pekan ini. Apapun hasil pertandingan di Piala FA, Tottenham tentu ingin menyalip Chelsea sesegera mungkin untuk merebut gelar juara, sehingga memungkinkan mereka untuk tetap memainkan skuat yang kuat, termasuk Kane.

Dengan catatan serangan Crystal Palace yang belakangan ini menjadi salah satu yang terbaik di liga, Christian Benteke (Crystal Palace, £7.2) menjadi opsi pertama untuk penyerang yang akan memainkan dua pertandingan. Jumlah tembakan di kotak penaltinya dalam empat pertandingan terakhir adalah yang tertinggi di liga (16 kali), menyamai jumlah yang dibukukan Sergio Aguero. Benteke juga sudah mencetak 3 gol dan 1 asis dalam periode tersebut. Mencetak gol melawan Tottenham mungkin tampak sulit, namun mereka bisa diuntungkan dengan faktor bermain sebagai tuan rumah, dan Tottenham akan bermain setelah menghadapi Chelsea yang secara teori akan menguras jiwa dan raga. Sedangkan untuk pertandingan melawan Liverpool, peluang mencetak gol tampak lebih terbuka, karena Benteke tentunya ingin membuktikan kualitasnya pada mantan kesebelasannya, dan Liverpool tercatat sebagai kesebelasan yang banyak menerima peluang berbahaya dalam empat pertandingan terakhir (11 kali, kedua terbanyak di liga).

Dengan jadwal yang relatif lebih ringan, Alvaro Negredo (Middlesbrough, £6.2) kami kedepankan sebagai penyerang utama pekan ini. Walau Middlesbrough selama ini paceklik gol, Negredo masih mampu membuat jumlah tembakan yang banyak, tercatat ada 10 tembakan di kotak penalti yang dibuatnya dalam empat pertandingan terakhir. Negredo juga akan diuntungkan sebagai penendang penalti Middlesbrough. Postur badannya yang tinggi juga akan menguntungkannya untuk mencetak gol melalui sundulan. Seperti yang sudah kami sebutkan pada poin Gibson di halaman kedua, Sunderland dan Bournemouth menjadi dua kesebelasan yang paling banyak kebobolan melalui sundulan kepala sepanjang musim ini.

Cadangan

Pada bangku cadangan, kami menyertakan empat pemain, masing-masing satu dari setiap posisi*. Kami sebisa mungkin ingin memilih pemain berharga murah, namun, adanya DGW membuat beberapa pemain dari kesebelasan yang hanya memainkan satu pertandingan harus mengalah ke bangku cadangan.

Kami memutuskan untuk tidak menyertakan Wayne Hennessey ataupun bek Crystal Palace lainnya, karena jadwal yang akan mereka hadapi sangat sulit. Selain itu, Eldin Jakupovic (Hull, £4.1) dengan harga yang lebih murah tampak memiliki jadwal dan potensi clean sheet yang lebih baik pada pekan ini. Watford selaku lawannya hanya berhasil mencetak 1 gol dalam empat pertandingan tandang terakhirnya. Aksi penyelamatan juga akan membantu Jakupovic untuk meraih poin-poin tambahan.

Kami menaruh Leighton Baines (Everton, £5.9) di bangku cadangan walau harganya lebih mahal. Alasannya adalah karena Everton hanya memainkan satu pertandingan dan akan bermain di kandang West Ham. Walau potensi clean sheet tampak mengecil, West Ham akan bermain tanpa Andy Carroll, Mark Noble, dan Michail Antonio yang mengalami cedera. Selain pemain-pemain bertipe menyerang yang disebutkan, West Ham juga krisis bek kanan, karena Sam Byram terkena kartu merah pada pekan lalu. Baines akan melewati daerah yang ditinggalkan oleh Byram dan memperbesar peluangnya memberi asis kembali.

Gylfi Sigurdsson (Swansea, £7.5) tidak memberikan poin dari gol maupun asis dalam lima pertandingan terakhir, tapi statistik Sigurdsson meyakinkan kami untuk memberikannya kesempatan satu kali lagi, setidaknya di bangku cadangan saja, karena Swansea akan bermain di kandang sendiri melawan Stoke, yang hanya dapat mengemas 1 poin dalam empat pertandingan tandang terakhirnya. Jumlah tembakan Sigurdsson dalam empat pertandingan terakhir mencapai 14 kali, dengan 6 di antaranya tepat sasaran, ini adalah jumlah yang tidak jauh berbeda dengan nama-nama seperti Romelu Lukaku atau Philippe Coutinho. Sepakan bola-bola matinya masih bisa diandalkan, ditambah, pertandingan ini akan dipimpin oleh Michael Oliver, nama yang sudah melewati Mike Dean sebagai pemberi penalti terbanyak di liga musim ini sejak GW24.

Kabar cedera Zlatan Ibrahimovic memang mengganggu sebagian manajer FPL yang sudah bersiap-siap menghadapi GW34. Berbagai laporan menyebutkan cedera Ibrahimovic tampak cukup serius sehingga dapat membuatnya menepi untuk waktu yang tidak sebentar. Saat seperti inilah Marcus Rashford (Man United, £6.5) maju sebagai opsi. Rashford diyakini menjadi opsi paling favorit untuk mengisi lini depan Man United selama Ibrahimovic tidak ada, terbukti dengan 3 gol yang dicetaknya dalam empat pertandingan terakhir di semua ajang. Namun, Rashford hanya dapat kami taruh di bangku cadangan karena menit bermainnya dalam dua pertandingan ke depan belum tentu aman. Rashford terpaksa harus bermain sampai 120 menit karena pertandingan melawan Anderlecht harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Karena itu, Mourinho bisa saja memainkan Wayne Rooney atau Anthony Martial saat bermain melawan Burnley. Para manajer FPL yang ingin membeli Rashford harus siap dengan risiko ini jika memang berniat untuk membelinya.

*Terlepas dari formasi inti yang digunakan, kami memberikan rekomendasi cadangan dengan format tetap: satu kiper, satu bek, satu gelandang, dan satu penyerang. Sehingga jumlah bek, gelandang, dan penyerang yang kami berikan setiap minggunya tidak selalu berjumlah sama. Perlu penyesuaian oleh para manajer di permainan sebenarnya.

Harga pemain akurat per 21 April 2017.


Follow @PanditFPL di Twitter.

Komentar