Pemain Spekulatif FPL Pilihan PanditFootball: Gameweek 18

Fantasy Premier League

by lvan Hadyan

lvan Hadyan

Menyukai otak-atik susunan formasi sepakbola dan mengkhayalkan pergerakan keseluruhan pemain di dalamnya. Penggiat Fantasy Premier League dan statistik.

Pemain Spekulatif FPL Pilihan PanditFootball: Gameweek 18

Di tengah liburan akhir tahun, Liga Inggris dan para manajer FPL justru akan disuguhkan hiburan (sekaligus bahan berpikir) pertandingan-pertandingan dengan jadwal yang padat dan tenggat waktu yang sempit.

Jadwal padat mengakibatkan sekian manajer Liga Inggris harus memutar otak menentukan komposisi terbaik di setiap GW. Pekan seperti ini juga cukup menarik untuk memasukkan nama-nama yang bersifat spekulatif, karena rotasi kemungkinan akan terjadi pada Boxing Day.

Tidak ada yang akan menyangka Ryan Fraser (Bournemouth) tiba-tiba bangkit dari bangku cadangan dan mencetak 1 gol dan 2 asis saat melawan Liverpool (terjadi saat GW14). Mungkin saja, kejadian seperti ini dapat terjadi lagi di pekan ini.

Apa Itu Pemain Spekulatif?

Jika Anda baru pertama kali membaca serial artikel pemain spekulatif FPL kami, perlu kami jelaskan terlebih dahulu.

Kriteria pemilihan pemain spekulatif pada artikel kami cukup sederhana, yaitu pemain yang dimiliki dengan kisaran 5.0%+ atau ke bawah.

Pemilihan pemain berkategori spekulatif dapat dibutuhkan jika para manajer FPL berniat mengejar poin lawan di mini-league. Pemain-pemain seperti ini bisa menjadi pembeda yang membuat tim manajer FPL mendapat poin tanpa tersaingi banyak manajer lain.

Tapi penamaan spekulatif juga bukan tanpa alasan, karena memilih pemain dengan kepemilikan rendah membuat manajer FPL kesulitan bersaing jika para pemain dengan angka kepemilikan tinggi meraih poin besar. Jika Anda adalah seorang risk taker maka artikel ini akan cocok untuk Anda.

Rekap Pemain Spekulatif Gameweek 17

Lagi-lagi, rekor baik kami yang terus mendapat poin setidaknya dari satu pemain di setiap GW terjaga di GW17. David Silva (5 poin) berhasil memberikan 1 asis saat melawan Arsenal. Sayang sekali keberhasilan ini tidak diikuti oleh Jake Livermore (2) dan Viktor Fischer (1). Nama terakhir mengalami kesialan karena harus menderita cedera dan diganti di menit-menit awal, padahal Middlesbrough berhasil menang besar.

Pemain Spekulatif Gameweek 18

Melihat tim pilihan GW18 yang tidak begitu diisi banyak penyerang, kami pun tertantang untuk membuat artikel spekulatif bertema posisi penyerang sebagai gantinya. Mereka yang beruntung untuk kami sebutkan adalah…

Fernando Llorente (Swansea)
Harga: £6.3
Kepemilikan: 5.5%

Pemain asal Spanyol yang pernah membela Juventus ini mencuri perhatian banyak manajer FPL sejak mencetak 2 gol melawan Crystal Palace di GW13 dan kembali mencetak 2 gol saat melawan Sunderland di GW15. Diiringi dengan jadwal Swansea yang terbilang membaik, Llorente cukup populer ditransfer ke dalam tim-tim FPL, tapi masih berada dalam kisaran 5.5% kepemilikan saja. Potensinya untuk mencetak gol pada pekan ini terbilang sangat baik karena pertahanan West Ham masih sering menerima tembakan di kotak penalti (42 kali dalam empat pertandingan terakhir) meski meraih 2 clean sheet dalam dua pertandingan terakhir. Angka statistiknya pun terbilang meyakinkan dibanding aset Swansea lainnya dalam empat pertandingan terakhir: Llorente membuat 7 tembakan di kotak penalti (kedua terbanyak), 3 tepat sasaran (terbaik), dan 19 sentuhan di kotak penalti (terbaik).

Wayne Rooney (Man United)
Harga: £8.6
Kepemilikan: 2.8%

Sebagai alternatif dari Zlatan Ibrahimovic dan Paul Pogba, kapten Inggris yang belakangan sering dipasang sebagai gelandang kiri oleh Jose Mourinho ini dapat menjadi pemain spekulatif yang bisa saja mencetak gol/asis saat melawan Sunderland pekan ini. Dalam empat pertandingan terakhir, statistik penyerangannya cenderung mendominasi di antara pemain Man United lainnya: 9 sentuhan di kotak penalti (terbanyak), 4 penciptaan peluang (terbanyak), dan 5 tembakan (ketiga terbanyak). Selain itu, Rooney juga dipercaya mengambil tendangan sudut Man United, untuk memperbesar peluangnya meraih asis.

Enner Valencia (Everton)
Harga: £5.3
Kepemilikan: 1.8%

Nama terakhir ini mungkin adalah pemain yang paling mencerminkan kata spekulatif untuk pekan ini. Pemain asal Ekuador ini dipasang oleh Ronald Koeman sebagai starter dalam dua pertandingan terakhir, meski juga sempat dimainkan dari bangku cadangan dalam dua pertandingan sebelumnya. Selama empat pertandingan terakhir, Valencia mencatat 6 peluang (kedua terbanyak di antara pemain Everton lain), 3 tembakan di kotak penalti (kedua terbanyak), dan 11 sentuhan di kotak penalti (kedua terbanyak). Selain itu, Valencia selalu dipasang di posisi sayap kanan, hal inilah yang membuat potensinya cukup cerah, karena Leicester, lawan yang dihadapinya, akah kehilangan Christian Fuchs dan Robert Huth (keduanya mengisi posisi di sebelah kiri Leicester), juga Danny Drinkwater yang masih diragukan tampil. Leicester pun dalam empat pertandingan terakhir sangat rentan di posisi sebelah kirinya. Dari sisi ini, mereka telah menerima peluang sebanyak 18 kali (ketiga terbanyak) dan 57 kali menerima umpan silang (kedua terbanyak). Pada wawancara tanggal 21 Desember lalu, Valencia juga mengungkapkan punya motivasi lebih untuk segera mencetak gol, dan berharap untuk melakukannya saat melawan Leicester.

***

Apakah kalian sudah siap menjalani GW18, FPL managers?

Kita nantikan saja kejutan-kejutan pekan ini, salam panah hijau dan selamat berlibur!

Foto feature image: @Everton [diolah]

Komentar