Pemain FPL Pilihan PanditFootball: Gameweek 10

Fantasy Premier League

by Pandit Fantasy Premier League

Pandit Fantasy Premier League

Scout dari Pandit Football Indonesia untuk Fantasy Premier League. Good luck, FPL managers. Salam panah hijau!

Pemain FPL Pilihan PanditFootball: Gameweek 10

Penyerang

Sergio Aguero (Man City, £ 13.0) mendapat kepercayaan kami untuk meluluhlantakkan gawang West Brom. Penampilannya dalam beberapa pertandingan terakhir memang terlihat mengkhawatirkan bagi para manajer FPL, akan tetapi statistik Aguero masih terbilang baik, dengan 12 tembakan yang sudah dibuatnya dalam tiga pertandingan terakhir (sengaja kami kerucutkan menjadi tiga pertandingan untuk lebih fokus pada pertandingan yang telah dilaluinya tanpa gol), dengan delapan di antaranya berasal dari dalam kotak penalti. Prospek Aguero kami lihat cukup baik karena pada pekan lalu, pertahanan West Brom telah dibuat kocar-kacir oleh Liverpool, kecolongan 14 tembakan di kotak penalti dan tiga peluang berbahaya (keduanya menjadi angka tertinggi di GW9). Catatan buruk lainnya adalah angka pelanggaran West Brom dalam empat pertandingan terakhir, 53 kali (angka tertinggi keempat di Liga Inggris) dan delapan pelanggaran sudah dibuat oleh bek kiri mereka Allan-Romeo Nyom (tertinggi di antara pemain bertahan lainnya), membuat prospek Aguero bisa lebih meningkat dengan kemungkinan terjadinya penalti.

Dua nama terakhir untuk melengkapi barisan pemain inti adalah Romelu Lukaku (Everton, £9.7) dan Troy Deeney (Watford, £7.1), masing-masing akan menghadapi West Ham dan Hull. Kami pun sudah membahas peluang keduanya dalam artikel ini.

Cadangan

Pada bangku cadangan, kami menyertakan empat pemain, masing-masing satu dari setiap posisi*. Kriteria yang diutamakan adalah ramah biaya atau tidak dimiliki oleh banyak manajer.

Untuk posisi kiper, Heurelho Gomes (Watford, £4.9) menjadi kiper cadangan pilihan kami. Kiper asal Brasil ini kami pilih karena jadwalnya yang sedang bersahabat, yaitu menjamu Hull. Ia telah mencatatkan 8 penyelamatan pada 2 pertandingan terakhir. Hull sendiri baru berhasil mencetak satu gol dalam tiga pertandingan terakhir. Mereka baru mencatatkan 81 usaha menembak di Liga Primer musim ini. Selain itu, kepiawaian Gomes dalam menahan penalti juga menjadi keunggulan lainnya bagi mantan kiper PSV ini.

Nama Ryan Shawcross (Stoke, £4.9) sempat masuk menjadi pemain spekulatif pada GW9 lalu. Di GW10 ini, ia “naik pangkat” menjadi bek cadangan. Setelah mencatatkan dua clean sheet berturut-turut, kapten Stoke ini bisa mendulang poin karena berhasil mencatatkan satu buah asis juga pada GW9. Bukan hanya pandai dalam bertahan, mantan pemain akademi Man United ini juga piawai dalam menyerang. Ini dibuktikan dengan ia yang mencatatkan 4 tembakan di dalam kotak penalti dalam 4 GW terakhir (ketiga terbanyak di Stoke di bawah Joe Allen dan Marko Arnautovic). Memilih pemain berusia 29 tahun ini juga dinilai akan menjadi pilihan yang menguntungkan, karena dalam 5 GW berikutnya Stoke memiliki jadwal yang bersahabat, dimulai dari menjamu Swansea Selasa dini hari nanti; maka harganya berpotensi untuk naik.

Memiliki teknik mengolah bola yang sangat lihai, Yannick Bolasie (Everton, £6.0) dapat menjadi aset berharga bagi para manajer FPL. Di GW10 ini, kita bisa mengharapkan kombinasi Bolasie dan Lukaku (kami rekomendasikan di tim utama GW10) yang semakin padu, untuk menghantui gawang West Ham. Mantan pemain Crystal Palace ini sudah mencatatkan tiga asis yang semuanya adalah asis kepada Lukaku. Kemudian Koeman yang memberikannya target mencetak 10 gol juga seperti disikapi dengan sangat serius oleh pemain asal Republik Demokratik Kongo ini. Hal ini ditunjukkan dengan ia yang menyerobot bola dari Lukaku untuk mencetak gol pertamanya untuk Everton di GW9 yang lalu. Dari segi statistik, Bolasie adalah pemain Everton yang paling banyak mencatatkan umpan silang sukses (14) dan dribel sukses (27). Menggiurkan.

Pada posisi penyerang, Christian Benteke (Crystal Palace, £7.0) menjadi nama yang terpaksa harus dikorbankan ke posisi cadangan karena kehadiran Aguero, Deeney, dan Lukaku. Pemain asal Belgia ini sudah mencetak 3 gol dari 24 kali usahanya menembak (terbanyak kedua di Palace, di bawah Andros Townsend dengan 29). Jumlah sentuhannya di dalam kotak penalti sangat menggiurkan, yaitu 49 kali. Skema Palace melalui bola mati, umpan silang, dan bola panjang sangat memaksimalkan potensi Benteke dan juga Scott Dann. Menjamu Liverpool yang baru mencatatkan sekali clean sheet (itupun melawan Man United yang mengincar imbang), mereka sangat rentan kecolongan melalui tiga skema utama Palace di atas.

*Terlepas dari formasi inti yang digunakan, kami memberikan rekomendasi cadangan dengan format tetap: satu kiper, satu bek, satu gelandang, dan satu penyerang. Sehingga perlu penyesuaian jika ingin memakainya secara keseluruhan di tim FPL sebenarnya.

Komentar