Cara Bermain Fantasy World Cup 2022

Fantasy Football

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Cara Bermain Fantasy World Cup 2022

Turnamen sebesar Piala Dunia tentu tidak lengkap jika tanpa Fantasy World Cup 2022 yang membuat setiap orang lebih “greget” ketika menonton pertandingan. Menjelang Piala Dunia 2022 dimulai, penikmat sepakbola mulai sibuk memperhatikan pengumuman skuad setiap negara. Mereka mencari pemain yang diperkirakan akan menjadi “bintang” di Qatar. Belum lagi mulai menjamurnya liga-liga yang menjadi wadah bagi pemain untuk mengadu keahliannya. Hadiah yang ditawarkan pun beragam, mulai dari uang elektronik, jersey, dan masih banyak lagi.

Seperti layaknya game genre fantasy lain, Fantasy World Cup 2022 menuntut para fans untuk meleburkan fanatisme dan objektivitas. Sedikit saja subjektif, maka bersiaplah bertemu dengan kekecewaan. Tidak cukup dengan objektif, pelaku permainan ini harus punya keahlian untuk membayangkan seluruh hasil pertandingan dalam setiap pertandingan karena berdampak terhadap perolehan poin. Terdengar sulit? memang. Tapi jangan khawatir, kami akan menyediakan informasi dan rekomendasi siapa saja pemain unggulan dan spekluatif setiap matchday.

Aturan Umum

Tidak seperti Fantasy Premier League (FPL) yang bersifat marathon, Fantasy World Cup 2022 justru lebih bersifat sprint. Artinya, jeda antara matchday tidak banyak sehingga waktu untuk memilih pemain cenderung sempit.

Sama seperti FPL, intinya setiap manajer (pemain) wajib memilih 15 pemain yang diharapkan akan mendulang poin berdasarkan penampilan mereka di lapangan (gol, asis, penyelematan, dan sebagainya) selama Piala Dunia berlangsung. Setiap pemain memiliki harga dan manajer hanya memiliki anggaran sebesar 100 juta poundsterling. Dari 15 pemain tersebut, 11 pemain ditempatkan sebagai pemain utama dengan aturan persis seperti yang diterapkan pada FPL.

Aturan Pembatasan Pemain dari Setiap Negara

Seperti FPL, ada batasan jumlah pemain yang boleh dipilih dari setiap negara. Tapi, ada batasan yang berbeda dalam setiap babak. Penjelasan selengkapnya bisa disimak pada tabel berikut :

Aturan Perolehan Poin

Setiap pemain akan mendapatkan poin berdasarkan penampilannya di lapangan. Aksi-aksi yang menjadi kategori penilaian adalah kontribusi setiap pemain kepada tim. Secara garis besar, perhitungan poin tidak jauh berbeda dengan perhitungan poin di FPL. Hanya ada beberapa perbedaan yang membuat Fantasy World Cup 2022 sangat menarik :

  1. Poin gol berbeda untuk setiap posisi.
  2. Ada poin tambahan untuk gelandang yang sering membantu pertahanan
  3. Ada poin tambahan untuk gelandang yang sering melepaskan tembakan tepat sasaran.

Penjelasan lebih lengkap disajikan pada tabel berikut :

SEMUA PEMAIN

KIPER

BEK

GELANDANG

PENYERANG

KAPTEN

Selain memilih pemain, setiap manajer harus memilih seorang kapten dari 11 pemain yang dipasang pada susunan utama sebelum matchday dimulai. Perbedaan dengan aturan FPL adalah para manajer memiliki dua kesempatan dalam memilih kapten.

Jika kapten yang anda pilih telah bermain pada matchday yang sama, maka anda boleh mengubah kapten anda sekali lagi untuk pemain lain yang belum bermain. Jika anda mengubah kapten, maka poin yang didapatkan kapten anda sebelumnya kembali ke poin normal (bukan poin kapten).

Bagi anda yang bermain Fantasy UCL akan mengetahui peraturan ini. Pada dasarnya, peraturan ini memberikan kesempatan kedua bagi setiap manajer untuk memilih kapten ulang jika tidak puas dengan kapten asli pada matchday yang sama.

BOOSTERS ATAU CHIP

Boosters atau chip adalah beberapa alat yang bisa digunakan setiap manajer untuk mendapatkan poin lebih banyak dan membuat perbedaan dengan manajer lain. Pada Fantasy World Cup 2022, setiap manajer memiliki 3 boosters/chip yang bisa digunakan

  • Wildcard, boosters yang memperbolehkan setiap manajer yang mengaktifkannya untuk melakukan transfer tak terbatas dalam babak tertentu (tidak dapat digunakan untuk pertandingan pertama babak penyisihan grup atau untuk babak 16 besar)
  • 12th Man, fungsi dari boosters ini adalah untuk menambah satu pemain tambahan di luar 11 pemain utama. Ketika pemain tersebut dipilih, dia tidak bisa dijadikan kapten, diganti, atau dilepas dari skuad.
  • Power Captain, jika boosters ini diaktifkan akan menggandakan pemain yang mendapatkan skor terbesar (dari 15 pemain). Pemain ini secara otomatis menjadi kapten.

ATURAN TRANSFER

Setiap jeda matchday, setiap manajer diperbolehkan melakukan transfer untuk mengganti pemain yang dianggap tidak meraup banyak poin sekaligus mengambil pemain lain yang dianggap lebih potensial untuk meraih poin. Tabel di bawah ini menunjukan waktu dan berapa pemain yang diperbolehkan untuk transfer masuk dan keluar. Jika manajer membutuhkan lebih banyak pemain yang akan ditransfer, mereka harus rela kehilangan 3 poin untuk setiap transfer tambahan.

Selama fase grup, manajer bisa menyimpan satu jatah transfer untuk matchday berikutnya. Jadi, misalnya anda hanya melakukan satu transfer di matchday kedua, maka di matchday ketiga, anda memiliki tiga jatah transfer.

Selain itu, anda juga diperbolehkan melakukan transfer ulang jika pemain yang sudah anda transfer belum bermain. Jadi, misalnya anda transfer-in pemain A pada matchday kedua, anda diperbolehkan transfer ulang dengan pemain lain jika A belum bermain.

Agar transfer anda terencana dengan baik, maka anda perlu memperhatikan jadwal berikut :

Komentar