Kemenangan Arminia Bielefeld Bisa Jadi Kado Ulang Tahun Terbaik bagi Uwe Neuhaus

Cerita

by Hendi Abdurahman

Hendi Abdurahman

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Kemenangan Arminia Bielefeld Bisa Jadi Kado Ulang Tahun Terbaik bagi Uwe Neuhaus

Datang ke Bielefelder Alm di pengujung 2018, Uwe Neuhaus memberikan angin segar bagi Arminia Bielefeld. Setelah menunggu selama 11 tahun, penantian Bielefeld berakhir berkat kehadiran sang pelatih kepala. Neuhaus membawa die Arminen kembali berkompetisi di divisi tertinggi sepakbola Jerman pada musim 2020/21.

Penantian tersebut diiringi performa apik: keluar sebagai juara Bundesliga 2 dengan catatan 18 kali menang, 14 kali seri, dan hanya dua kali kalah. Kala itu, dengan mengusung sepakbola menyerang, Neuhaus menjadikan Bielefeld klub dengan produktivitas gol terbaik, memasukkan 65 gol dan kebobolan 30 gol.

Per 26 November 2020, usia Neuhaus menginjak 61 tahun. Atas apa yang dilakukannya untuk klub, perayaan kecil patut kiranya dipersembahkan. Tak muluk-muluk, cukup dengan kemenangan. Tahun lalu, kado itu diberikan Bielefeld lewat kemenangan 1-3 di kandang SV Darmstadt 98.

Tahun ini, kemenangan akan kembali jadi kado terbaik di tengah keterpurukan Bielefeld. Berbeda dengan Bielefeld yang tampil baik di Bundesliga 2 musim lalu, Sergio Cordova dan kawan-kawan kini berada di peringkat 16 dari delapan pertandingan yang telah dijalani.

Dari jumlah laga tersebut, baru satu kemenangan diraih. Bahkan, lini depan mereka menjadi yang tertumpul — bersama Schalke — dengan koleksi lima gol. Dan Fabian Klos, top skor Bundesliga 2 musim lalu, kesulitan mencetak gol; ia belum sekali pun melakukannya musim ini.

Link streaming pertandingan Bundesliga: RB Leipzig vs Arminia Bielefeld

Melawan RB Leipzig pada Spieltag 9 menjadi tantangan tersendiri. Dilihat dari segi performa, cukup sulit rasanya untuk meraih tiga angka atas die Roten Bullen yang tampil konsisten di papan atas. Anak asuh Julian Nagelsmann berada di peringkat empat dengan koleksi 17 poin, terpaut dua poin saja dari pemuncak klasemen, Bayern Muenchen.

“Setiap langkah kecil ke depan sangat penting. Saya tidak mengecualikan RB Leipzig dari ini. Kemudian terdapat lawan yang tidak masuk enam besar, tetapi itu tidak otomatis membuat segalanya lebih baik. Anda harus bekerja keras untuk itu,” ucap Neuhaus dilansir laman resmi klub.

“Kami tidak bisa juga mengatakan bahwa Leipzig adalah lawan paling top lalu kami baru mulai benar-benar bertanding pekan depan,” lanjutnya.

***

Lahir di Hattingen, karier kepelatihan Uwe Neuhaus banyak dihabiskan di klub-klub kecil di level kedua dan ketiga sepakbola Jerman. Tahun ini terasa istimewa karena untuk kali pertama ia menjadi nakhoda klub yang berkompetisi di Bundesliga 1.

Pada 1995, Neuhaus menukangi Wattenschied II untuk kemudian pindah ke VfB Huels. Dalam rentang waktu 1998 hingga 2004, jabatan asisten pelatih Dortmund diembannya. Ia membantu Matthias Summer pada periode ini.

Selanjutnya, Neuhaus masih berkutat di divisi bawah. Sebelum melatih Arminia Bielefeld, Neuhaus juga tercatat sempat melatih Dortmund II, RW Essen, Union Berlin, hingga Dynamo Dresden.

Namun demikian, bukan berarti ia tidak memerhatikan perkembangan sepakbola Jerman level atas. Bahkan, sebagaimana yang diutarakan Neuhaus kepada majalah DFL, ia menyimpan perhatian kepada klub-klub tradisional.

“Saya berasal dari Hattingen di kawasan Ruhr. Anda dikelilingi klub-klub tradisional. Baik itu Dortmund, Schalke, klub pertama saya sebagai pemain divisi dua dan pelatih di divisi dua, Rot-Weiss Essen, VfL Bochum, MSV Duisburg atau Rot-Weiss Oberhausen.

“Saya selalu peka terhadap klub-klub ini. Selain itu, sekarang ada beberapa klub yang penting seperti Union Berlin, Dynamo Dresden, dan Arminia Bielefeld, tim yang saya latih,” katanya.

Kendati dalam kondisi yang tidak diinginkan, Neuhaus tetap optimis dan percaya bahwa Bielefeld akan tampil baik. Dengan anggaran dana yang terbatas, pengalaman Neuhaus bisa jadi sangat penting bagi keberlangsungan skuadnya.

Menghadapi RB Leipzig dengan suasana hari ulang tahun setidaknya akan memberikan kekuatan baru bagi para pemain. Meski sulit, apa yang diutarakannya mengenai kejutan kecil bisa saja terwujud. Ditambah, Leipzig bisa dikatakan merupakan tim non-tradisional yang bisa jadi akan menambah semangat Neuhaus dan timnya untuk bisa mengalahkannya.

“Kami memiliki tim yang mungkin minim dalam hal dana, tetapi yang pasti berpotensi menimbulkan satu atau dua kejutan. Saya cukup yakin tentang itu. Sejak saya bersama Arminia, tim terus berkembang, dan saya juga berpikir bahwa mereka masih memiliki ruang untuk perbaikan,” sebut Neuhaus.

Arminia Bielefeld akan menjalani pertandingan tandang melawan RB Leipzig pada Spieltag 9, Sabtu (28/11) pukul 21:30 WIB. Pertandingan tersebut, serta seluruh pertandingan Bundesliga 2020/21 beserta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar