Zemanlandia dalam Misi Menyelamatkan Pescara

Cerita

by Ardy Nurhadi Shufi 126978

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Zemanlandia dalam Misi Menyelamatkan Pescara

Halaman kedua...

Dalam strategi Zeman, para pemain memang dituntut untuk terus berlari dan menekan lawan layaknya gegenpressing di masa modern ini. Hanya tiga pemain yang tak memiliki kewajiban menyerang, yaitu dua bek tengah dan satu gelandang bertahan. Sisanya harus berada di dekat kotak penalti saat menyerang.

"Kapan pun kita menyerang, tiga penyerang harus berada di dekat area kotak penalti. Lalu dua dari tiga pemain tengah pun harus berada di belakang para penyerang. Dengan begitu, lawan akan terkunci. Dan ketika menguasai bola di area kotak penalti lawan, kita akan unggul jumlah pemain," ungkap Zeman dalam sebuah wawancara.

Saat strategi menyerangnya tak berhasil, Zeman kerap kali menerapkan level menyerang ke yang lebih tinggi, khususnya saat timnya tertinggal. Bahkan setelah kebobolan, ia kerap menginstruksikan delapan pemainnya untuk langsung menyerang setelah menendang sepak mula. Formasi 2-3-5 ini sering ia lakukan saat menangani AS Roma dan Cagliari.

Cagliari (putih) saat hendak menerapkan strategi all-out-attack a la Zeman (via: topdrawersoccer.com)

AS Roma (merah) saat menerapkan all-out-attack a la Zeman (via:outsideoftheboot.com)

***

Kini strategi menyerang Zeman akan berusaha menyelamatkan Pescara dari jurang degradasi. Zeman sendiri punya catatan bagus soal menyelamatkan tim dari degradasi. Satu-satunya pengalaman Zeman yang membuatnya nyaris terdegradasi adalah saat menukangi Cagliari pada Serie A musim 2014/2015. Zeman sendiri merupakan pelatih yang cepat mengundurkan diri ketika apa yang ia terapkan pada timnya tak berjalan dengan baik, seperti ketika kedua kalinya menangani Cagliari di mana ia mengundurkan diri setelah hanya meraih satu poin dari lima pertandingan yang jalani.

Sebelum menangani Pescara, Zeman sebenarnya menganggur sejak musim panas 2016 lalu. Pada musim lalu, ia menukangi kesebelasan Swiss, FC Lugano. Ia mengundurkan diri pada akhir musim setelah berhasil menyelamatkan Lugano dari jurang degradasi.

Lalu apakah Pescara akan berhasil diselamatkan Zeman? Sebelum Zeman datang, Pescara hanya memiliki sembilan poin dari 24 pertandingan saat masih dilatih Oddo. Kemenangan 5-0 atas Genoa memang tak membuat Pescara naik peringkat, namun kini jarak Pescara dengan zona aman degradasi terpangkas 10 poin saja. Bahkan dengan Palermo dan Crotone yang berada di atasnya, Pescara hanya terpaut satu dan dua poin saja.

Pescara sendiri bukan lingkungan baru bagi Zeman. Pescara adalah salah satu dari dua kesebelasan yang berhasil Zeman antarkan promosi ke Serie A. Ia meninggalkan Pescara saat itu pun karena bergabung dengan kesebelasan lebih besar, AS Roma, untuk kedua kalinya.

Pescara yang ia tangani sebelumnya dan promosi ke Serie A dihuni oleh banyak pemain muda berbakat seperti Marco Verratti, Ciro Immobile dan Lorenzo Insigne. Sementara Zeman merupakan pelatih yang tak ragu memainkan pemain muda.

Dalam skuat Pescara saat ini pun Zeman akan bekerja sama dengan banyak pemain muda berbakat. Sebut saja Gianluca Caprari, Cristiano Biraghi, Francesco Zampano, Valerio Verre, Gaston Brugmann, Ahmed Benali, sampai Alberto Cerri. Bukan tak mungkin Zeman akan bisa menyulap skuat ini seperti Pescara atau Foggia di masa lalu yang berhasil tampil menakutkan lewat permainan menyerang Zemanlandia.

foto: delquentipallone.it

Komentar