Hubungan Spesial Antara Bundesliga dan Negara Kanada

Cerita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Hubungan Spesial Antara Bundesliga dan Negara Kanada

Jika ada rubrik On This Day dalam sepakbola Kanada, tanggal 12 Agustus 2000 mungkin akan masuk dalam salah satu jadwal On This Day mereka. Memangnya ada sesuatu spesial yang terjadi pada tanggal 12 Agustus 2000, ya?

Memang bagi rakyat Jerman kebanyakan, sebenarnya tidak ada yang terlalu spesial yang terjadi pada hari tersebut. Namun kalau Anda rakyat Kanada, mungkin 12 Agustus 2000 ini akan menjadi waktu yang spesial. Hari itu adalah hari ketika Bundesliga musim 2000/2001 memulai kick-off pertamanya.

Sang juara bertahan, Bayern München menghadapi Hertha Berlin, sedangkan tim promosi VfL Bochum 1848 secara mengejutkan meraih kemenangan 1-0 atas juara Bundesliga 1998 FC Kaiserslautern. Tapi bagi rakyat Kanada, bukan dua pertandingan itu yang mereka ingat. Mereka akan mengingat pertandingan antara SV Werder Bremen melawan FC Energie Cottbus. Setelah 38 tahun Bundesliga berjalan, pada musim 2000/2001 inilah, Kanada akhirnya menyumbangkan bakat sepakbolanya.

Siapa Saja Canadian yang Pernah Bermain di Jerman?

Dalam laga pembuka Bundesliga musim 2000/2001 antara SV Werder Bremen dan FC Energie Cottbus, ada dua pemain Kanada yang menjadi starter, namun berasal dari klub yang berbeda. Dari sisi Bremen, Ada nama Paul Stalteri yang sudah membela Bremen sejak 1998.

Usai menghabiskan waktu selama dua tahun bersama tim cadangan Bremen, pada musim 2000/2001 ia mendapatkan kesempatan untuk membela tim senior Bremen. Sedangkan dari sisi Energie Cottbus, ada nama Kevin McKenna yang juga sama-sama berasal dari Kanada dan sudah membela Cottbus semenjak klub ini masih berkompetisi di 2. Bundesliga.

“Sebuah mimpi yang menjadi nyata. Saya tahu bahwa pada akhirnya saya akan mendapatkan kesempatan untuk bermain. Namun saya juga tidak menyangka kalau kesempatannya datang secepat ini, sejak awal musim!” ujar Stalteri seperti dikutip oleh situs resmi Bundesliga.

Selain nama Stalteri dan McKenna, ada juga nama-nama Canadian lain yang bermain di Bundesliga. Ada Rob Friend, Julian de Guzman, Daniel Imhof, Simeon Jackson, Marcel de Jong, Oliver Occean, dan Owen Hargreaves (meski pada akhirnya lebih memilih untuk bermain di Inggris). Total, sampai sekarang sudah ada delapan pemain asal atau kelahiran Kanada yang bermain di Bundesliga.

Kevin McKenna dan Paul Stalteri. Sumber: bundesliga.com

Apa Saja yang Sudah Disumbangkan Oleh Para Pemain Kanada?

Jika menanyakan apa yang sudah diberikan oleh para pemain Kanada ini, maka mereka dapat dikatakan adalah pemain-pemain yang sukses di klubnya masing-masing. Paul Stalteri berhasil mengantarkan Werder Bremen meraih double winner pada 2004 dengan menjuarai Bundesliga dan DFB Pokal. Ia juga menjadi pemain asal Kanada yang cukup banyak tampil di Bundesliga dengan mencatatkan (170 penampilan).

Prestasi McKenna pun tidak kalah mentereng. Selain berhasil mengantarkan Energie Cottbus promosi ke Bundesliga pada musim 2000/2001, ia juga berhasil mengantarkan FC Köln promosi ke Bundesliga divisi utama pada musim 2007/2008. Bukan hanya dua pemain ini saja, pemain-pemain lain dari Kanada pun acap mencatatkan prestasi yang cukup mentereng.

Ada nama Julian de Guzman yang menikmati masa tiga tahunnya bersama Hannover 96. Jangan lupakan juga nama Daniel Imhof setelah menolong VfL Bochum naik level ke Bundesliga pada musim 2006/2007, serta Rob Friend yang tercatat sebagai pemain yang mencetak gol paling banyak asal Kanada (41 gol dalam tujuh tahun masa pengembaraannya di Bundesliga).

Nama-nama baru yang sekarang sedang berkibar di Bundesliga macam Marcel de Jong, Oliver Occean, dan Simeon Jackson pun sekarang sedang berjuang memberikan prestasi terbaik di klubnya masing-masing.

Apakah Ada Efek Signifikan Untuk Timnas Kanada?

Dengan banyaknya pemain Kanada yang sekarang bermain di Bundesliga, apakah hal tersebut berefek kepada kemajuan timnas Kanada itu sendiri? Ternyata, efeknya belum terasa secara signifikan dalam perkembangan penampilan timnas Kanada.

Dalam beberapa pertandingan terakhir, timnas Kanada jarang meraih kemenangan. Kemenangan yang mereka raih pun didapat dari tim yang levelnya berada di bawah mereka seperti Mauritania ataupun El Salvador. Jika dihadapkan dengan tim yang lebih kuat seperti Meksiko ataupun Amerika Serikat, Kanada cukup kesulitan.

Maka bisa dikatakan walau sudah banyak pemain Kanada yang bermain di Bundesliga (juga liga-liga Eropa lainnya), efeknya belum begitu terasa untuk timnas Kanada sendiri.

**

Meski belum ada efek untuk timnas Kanada itu sendiri, juga tidak terlalu banyak pemain-pemain Kanada yang bermain di Bundesliga (jika dibandingkan dengan negara-negara lain), tapi setidaknya Bundesliga harus berterima kasih kepada Kanada. Karena Kanada sedikitnya menyumbang sebuah kemeriahan dalam ajang Bundesliga.

Komentar