Reuni Pemain dan Kesebelasan Lamanya di Liga Champions 2016/17

Cerita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Reuni Pemain dan Kesebelasan Lamanya di Liga Champions 2016/17

Pengundian Liga Champions telah selesai digelar, Kamis (25/8) malam WIB. Seperti biasa, bola panas yang mengiringi pengundian kompetisi sepakbola antar kesebelasan Eropa tersebut juga bergulir tadi malam.

Hasilnya, beberapa pertandingan panas tersaji lebih awal. Beberapa laga big match tersaji di babak penyisihan, seperti Barcelona melawan Manchester City, Paris Saint-Germain menghadapi Arsenal, serta Bayern Munchen versus Atletico Madrid.

Selain pertemuan dini para calon juara, Liga Champions musim ini juga bakal “mempersembahkan” laga reuni. Beberapa laga, seperti Barcelona melawan Manchester City. Dalam laga tersebut, duel tidak hanya memulangkan Claudio Bravo ke Camp Nou, tapi juga Josep Guardiola.

Tidak hanya itu saja, masih ada beberapa pemain yang akan pulang kampung menghadapi kesebelasan lamanya. Berikut, daftar beberapa pemain yang bakal menghadapi kesebelasan lamanya di Liga Champions musim 2016/17.

Grup A

Tidak banyak pemain yang pernah mencatatkan caps dalam empat kesebelasan di grup ini. Di grup ini, tercatat hanya ada nama dua pemain Arsenal, Mohamed Elneny dan Granit Xhaka yang pernah memperkuat kesebelasan lain di grup A, yakni Basel.

Elneny yang memperkuat Arsenal sejak pertengahan musim 2015/16, tercatat pernah membela Basel selama tiga tahun, tepatnya pada awal 2013 hingga awal 2016. Sementara Xhaka, hanya dua musim memperkuat Basel, tepatnya pada musim 2010/11 hingga 2011/12.

Grup B

Pemain yang bakal kembali pulang kampung di grup B adalah wonderkid asal Brasil, Anderson Talisca. Talisca yang sebelumnya bermain di Benfica bakal mencatatkan penampilan di Liga Champions musim ini di kesebelasan Turki, Besiktas JK.

Grup C

Grup C menjadi grup yang paling ramai dengan reuni. Tidak hanya Barcelona dan Manchester City yang memiliki banyak keterkaitan, Glasgow Celtic dan Borussia Monchengladbach juga ikut serta soal pulang kampung.

Denis Suarez menjadi pemain Barcelona yang akan kembali ke Etihad. Sebaliknya, Yaya Toure, Nolito, Claudio Bravo, dan Josep Guardiola menjadi nama yang pulang ke Camp Nou. Sementara, nama lain yang bakal reuni dengan kesebelasan lamanya di grup ini adalah Kolo Toure, Dedryck Boyata, Scott Sinclair, Jason Denayer, dan Marc-Andre Ter Stegen.

Grup D

Kembalinya winger Bayern Munchen, Arjen Robben, ke Stadion Phillips menjadi topik utama reuni di Liga Champions 2016/17. Robben sebelumnya dikenal sebagai salah satu pemain terbaik lulusan akademi PSV Eindhoven. Laga kembalinya Robben ke Phillips dijadwalkan bakal digelar 2 November 2016 mendatang.

Grup E

Perpindahan pemain besar di grup E hanya menyangkut nama Son Heung-min. Pemain berkewarganegaraan Korea Selatan ini sebelumnya pernah memperkuat Bayer Leverkusen selama dua musim, tepatnya pada 2013/14 dan musim 2014/15. Selain Son, pemain lain yang bakal reuni dengan kesebelasan lamanya di grup ini adalah Lacina Traore yang dipinjam oleh CSKA Moskow dari AS Monaco.

Grup F

Cristiano Ronaldo menjadi nama yang paling banyak disebut soal reuni di Liga Champions 2016/17. Kepastian ini didapat setelah undian kompetisi tersebut menempatkan Madrid satu grup dengan Sporting CP Lisbon.

Ronaldo sendiri diketahui telah bergabung dengan Sporting sejak ia berumur 12 tahun. Namanya mulai terangkat di rival utama Benfica tersebut setelah ia dimasukkan ke tim utama oleh pelatih Laszlo Boloni. Enam tahun di Sporting, Ronaldo hijrah ke Manchester United.

Selain Ronaldo, nama Nuri Sahin juga bakal bereuni dengan rekan-rekannya di Madrid. Sahin disebut akan balas dendam dengan Madrid, usai ia hanya menjalani satu musim yang dianggap sebagai penurunan dalam kariernya.

Grup G

Tidak ada nama pemain besar yang pernah berlaga di beberapa kesebelasan pada Grup F. satu-satunya nama yang pernah berada di beberapa kesebelasan pada grup ini hanya Daniel Amartey. Pemain asal Ghana yang kini memperkuat kesebelasan debutan Liga Champions, Leicester City, ini sebelumnya pernah membela FC Kopenhagen.

Grup H

Juventus menjadi satu-satunya kesebelasan di fase grup Liga Champions musim 2016/17 yang pemainnya pernah bermain di semua kesebelasan lawan. Selain Juventus, grup ini juga diisi oleh Sevilla, Dinamo Zagreb, dan Olympique Lyonnais.

Daniel Alves menjadi pemain Juventus yang pernah mencatatkan caps bermain di Sevilla. Mario Mandzukic dan Marko Pjaca menjadi pemain Juventus yang pernah menginjak rumput Stadion Maksimir. Sementara, Miralem Pjanic, jadi pemain Juventus yang sebelumnya pernah memperkuat Lyon.

Selain nama-nama di atas, hanya ada nama pemain Sevilla, Timothée Kolodziejczak, yang pernah bermain di kesebelasan lain di grup H. Kolodziejczak diketahui pernah memperkuat Olympique Lyonnais pada musim 2008/09 hingga 2011/12.

Komentar