Thomas Müller Sang Penangkal Kekalahan

Cerita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Thomas Müller Sang Penangkal Kekalahan

Tidak ada yang tidak bisa kalah dalam sepakbola. Bahkan bermain untuk Bayern Munchen pun bukan jaminan selalu menang. Thomas Müller telah bermain dalam 214 pertandingan Bundesliga bersama Bayern dan ia berkali-kali menderita kekalahan. Namun belum pernah – sekali pun belum pernah – Bayern kalah di pertandingan Bundesliga jika Müller mencetak gol.

Saya tidak mengada-ada. Memang begitu adanya. Thomas Müller tidak mencetak gol di setiap pertandingan; hanya dalam 67 dari 214 pertandingan Bundesliga saja ia berhasil mencetak gol. Dalam 67 pertandingan tersebut Müller mencetak 85 gol, dan dalam 67 pertandingan tersebut tidak pernah sekali pun Bayern kalah. Terakhir kali Bayern gagal menang ketika Müller mencetak gol adalah pada 9 April 2011.

Di Westfalenstadion pada pekan kelima musim 2009/2010 semuanya dimulai. Müller mencetak dua gol untuk membuat Borussia Dortmund yang sudah tertinggal 1-3 semakin jauh tertinggal. Secara keseluruhan Müller mencetak 13 gol sepanjang musim itu; sebelas lainnya ia cetak dalam delapan pertandingan berbeda. Dalam sembilan pertandingan di mana Müller mencetak gol, Bayern menang delapan kali dan hanya bermain imbang satu kali; 1-1 melawan FC Nurnberg.

Musim berikutnya jumlah gol Müller menurun; hanya 12. Namun ia mencetaknya dalam sebelas pertandingan berbeda dan karenanya mempersembahkan jumlah kemenangan yang lebih banyak pula: sembilan kemenangan. Dua pertandingan lain berakhir imbang, namun salah satu dari hasil imbang tersebut – 1-1 di kandang Nurnberg (ada apa sebenarnya dengan Müller dan Frankenstadion?) – adalah terakhir kalinya Bayern gagal menang di Bundesliga ketika Müller mencetak gol.

Jumlah gol Müller di Bundesliga musim 2011/2012 menurun drastis – Müller mencetak tujuh gol dalam enam pertandingan berbeda; Bayern memenangi semua pertandingan tersebut – namun jumlah assist-nya tetap terjaga. Musim 2011/2012 juga menjadi kali pertama assist Müller memiliki efek yang sama dengan gol-golnya. Müller mencetak 13 assist dalam sebelas pertandingan; Bayern menang sepuluh kali dan bermain imbang sebanyak satu kali.

Dalam tujuh pertandingan Bundesliga pertamanya di musim 2012/2013 tidak sekali pun Müller absen mencetak gol atau assist (termasuk di antaranya adalah empat gol dan empat assist dalam empat pekan pertama) sehingga tidak mengherankan jika pada akhirnya Müller mengakhiri musim dengan total jumlah gol dan assist Bundesliga terbanyak sepanjang karirnya; 13 gol dan 13 assist. Müller mencetak 13 gol dalam sebelas pertandingan dan dalam sebelas pertandingan tersebut Bayern selalu keluar sebagai pemenang. Ke-13 assist-nya, sementara itu, Müller cetak dalam 12 pertandingan. Bayern meraih sebelas kemenangan dan satu hasil imbang.

Müller tak berhasil menyamai jumlah tersebut di musim 2013/2014. Ia hanya berhasil mencetak 13 gol dan sebelas assist sepanjang musim. Bayern memenangi semua dari sepuluh pertandingan di mana Müller mencetak gol dan sembilan dari sepuluh pertandingan di mana Müller mencetak assist (satu lainnya berakhir imbang). Musim berikutnya Müller naik tingkat.

Sepanjang 2014/2015 Müller mencetak 13 gol dan 15 assist. Ini melampaui catatan terbaik yang ia torehkan dua musim sebelumnya. Müller mencetak seluruh golnya dalam sembilan pertandingan berbeda; Bayern memenangi semuanya. Seluruh assist-nya, sementara itu, ia cetak dalam sepuluh pertandingan berbeda; Bayern juga memenangi semuanya.

Müller terus meneruskan catatan impresifnya musim ini; musim di mana Müller meraih catatan yang belum pernah ia torehkan sebelumnya. Jumlah gol terbanyak Müller dalam satu musim Bundesliga adalah 13 gol. Kali ini, dalam setengah musim saja, Müller sudah mencetak 14 gol. Sepanjang Hinrunde (putaran pertama) musim ini Müller mencetak gol-golnya dalam sebelas pertandingan berbeda. Termasuk di antaranya adalah enam gol dalam empat pertandingan pertama. Dalam sebelas pertandingan tersebut, tidak sekali pun Bayern kalah atau bermain imbang. Sepanjang Hinrunde pula Müller mencetak empat assist dalam tiga pertandingan; Bayern memenangi semua pertandingan tersebut.

Jika sekali dua kali terjadi, bolehlah Müller disebut beruntung. Namun ia mencetak 85 gol dalam 67 pertandingan Bundesliga dan tidak sekali pun dalam 67 pertandingan tersebut Bayern kalah. Jika Müller mencetak gol, para pendukung Bayern boleh tenang. Gol-gol Müller – dan assist-nya, sebagaimana terlihat belakangan – adalah penangkal kekalahan.

Komentar