Tinggal di Inggris, Pemain Ini Dipanggil Timnas Skotlandia

Cerita

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Managing editor of Pandit Football, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach. Born with the full name of Defary Glenniza Tiffandiputra, growing up with a nickname Dex Glenniza. Who cares anyway! @dexglenniza

Tinggal di Inggris, Pemain Ini Dipanggil Timnas Skotlandia

Pernah membayangkan tiba-tiba Anda dipanggil oleh pelatih tim nasional negara yang bahkan Anda belum berkunjung ke negara tersebut? Ya, mungkin belum pernah, tapi kami hanya meminta Anda membayangkannya saja.

“Saya menerima panggilan telepon dari manajer (Gordon Strachan) beberapa pekan yang lalu. Saya terkejut dan saya pikir saya sedang dikerjai,” kata Matthew Thomas Ritchie, seorang pemain sayap yang bermain untuk AFC Bournemouth.

Konsep kewarganegaraan yang paling standar adalah jika Anda lahir di negara tersebut. Sementara konsep lain bisa diterima sebagai warisan orang tua Anda yang diadopsi jika Anda punya keturunan dari negara tersebut.

Itu lah yang terjadi kepada Matt Ritchie. Pemain berusia 25 tahun ini dipanggil ke timnas Skotlandia sambil mengakui bahwa dia tidak pernah benar-benar berkunjung ke Skotlandia.

Dalam pembelaannya, Ritchie lahir dan memainkan sepakbola di pantai selatan Inggris, di Portsmouth, sekitar 725 km dari ibukota Skotlandia. Selama 25 tahun hidupnya, tidak sekalipun Ritchie melakukan perjalanan ke Skotlandia melalui darat, kereta api, maupun transportasi udara.

“Saya masih punya kerabat di Skotlandia, tetapi bibi dan paman saya selalu datang ke sini (Inggris) untuk mengunjungi nenek dan kakek saya, jadi saya benar-benar belum pernah berkunjung ke Skotlandia. Tapi saya punya keluarga di sana dan saya yakin mereka akan datang jika saya terlibat di pertandingan,” katanya kepada Daily Mail.

Ritchie memenuhi syarat untuk membela Skotlandia melalui ayahnya, Alex Ritchie, yang asli kelahiran Skotlandia.

Akhirnya sekarang dia berada di daftar 26 pemain untuk pertandingan bulan ini melawan Irlandia Utara (pertandingan persahabatan) dan Gibraltar (kualifikasi Euro 2016), sekaligus kami juga mengingatkan bahwa akan ada jeda internasional pada pekan depan. Horeee!!?

Melawan Irlandia Utara di Hampden Park, Glasgow (Skotlandia), akan membuat Ritchie akhirnya harus mengunjungi tanah airnya.

Pers Skotlandia menaruh sinyal positif pada panggilan Ritchie tersebut. Strachan juga sepenuhnya yakin bahwa Ritchie “memiliki aroma Skotlandia” ketika mereka berbicara di telepon.

Selain Ritchie, Strachan memanggil debutan lainnya, yaitu bek Mark Reynolds dari Aberdeen. Kemudian dari 26 nama yang ia panggil, hanya empat pemain saja yang berlaga di Liga Primer Skotlandia. Sisanya berasal dari Liga Inggris dan satu pemain dari MLS (Shaun Maloney dari Chichago Fire).

Di Football League Championship, Ritchie telah mencetak 11 gol untuk The Cherries sejauh musim ini, sekaligus membantu kesebelasan Eddie Howe ke peringkat ke tiga klasemen sementara.

Strachan mengatakan: “Bournemouth telah membuatnya bermain hebat. Matt sudah menjadi bagian integral alam kesuksesan mereka. Dia pengoper bola yang baik, memiliki tekad dan kemauan untuk belajar.”

Ritchie memulai karirnya di Portsmouth, sempat dipinjamkan ke Dagenham & Redbridge, Notts County, dan Swindon Town, sebelum akhirnya secara permanen pindah ke Swindon. Dua musim lalu ia akhirnya hijrah ke Bournemouth.

Skotlandia duduk di peringkat ke tiga di kualifikasi Euro 2016 Grup D dengan tujuh poin dari empat pertandingan.

Gibraltar, anggota terbaru UEFA, baru saja menunjuk salah satu orang asal Skotlandia, David Wilson, sebagai kepala pelatih caretaker. Mereka berada di posisi terbawah tanpa satu pun poin setelah gagal mencetak satu pun gol dan kebobolan 21 kali.

Baca juga:

Kenapa Euro 2016 Tidak Akan Menarik?

Hal Menarik dari Anggota Terbaru UEFA, Gibraltar

Lebih Sukar Membobol Neuer di Game FIFA ketimbang Dunia Nyata


Skuat Skotlandia

Penjaga gawang: Craig Gordon (Celtic), David Marshall (Cardiff City), Allan McGregor (Hull City)

Pemain bertahan: Christophe Berra (Ipswich Town), Craig Forsyth (Derby County), Gordon Greer (Brighton and Hove Albion), Alan Hutton (Aston Villa), Russell Martin (Norwich City), Mark Reynolds (Aberdeen), Andrew Robertson (Hull City), Steven Whittaker (Norwich City)

Pemain tengah: Ikechi Anya (Watford), Barry Bannan (Bolton Wanderers), Scott Brown (Celtic), Darren Fletcher (West Bromwich Albion), James Forrest (Celtic), Shaun Maloney (Chicago Fire), James McArthur (Crystal Palace), James Morrison (West Bromwich Albion), Matt Ritchie (Bournemouth), Johnny Russell (Derby County)

Pemain depan: Steven Fletcher (Sunderland), Steven May (Sheffield Wednesday), Ross McCormack (Fulham), Steven Naismith (Everton), Jordan Rhodes (Blackburn Rovers).

Sumber gambar: Mirror

Komentar