5 Pesepakbola dengan Keunggulan Skill yang Unik

Cerita

by Frasetya Vady Aditya

Frasetya Vady Aditya

Penyunting. Jangan terkekang; sepakbola cuma cangkang. Kontak: vady.aditya@gmail.com

5 Pesepakbola dengan Keunggulan Skill yang Unik

Jika Anda bermain game sepakbola seperti PES ataupun FIFA, pastilah menemukan apa yang disebut “traits”. Istilah ini menunjukkan keunggulan sang pemain dibandingkan dengan pemain lainnya. Misalnya, Matt Hummels memiliki body balance dan header. Artinya, ia memiliki keunggulan dalam duel udara, serta kuat dalam mempertahankan bola.

Nyatanya, hal serupa juga dimiliki oleh pesepakbola di dunia nyata. Ada keunggulan-keunggulan unik yang membuat mereka berbeda dengan pemain lainnya. Keunggulan tersebut, selain memang sudah dilatih, tapi ada faktor bakat alami yang membuatnya berkembang.

Mengapa Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi jauh lebih diingat ketimbang Carvajal ataupun Jordi Alba. Padahal, kedua nama terakhir juga berpengaruh besar bagi klub yang ia bela.

Hal yang paling Anda ingat dari Ronaldo mungkin gocekan cepatnya yang sering mengelabui bek lawan. Messi? Kemampuan menggiring bolanya mampu melewati lima pemain lawan sekaligus.

Berikut lima pesepakbola yang akan diingat karena memiliki kemampuan yang sulit dilakukan oleh pemain lainnya. Dengan kemampuan spesialnya tersebut, mereka seharusnya sudah menorehkan namanya di ingatan Anda.

Rory Delap

Keunggulan yang dimiliki Delap adalah umpan ke dalamnya yang bisa langsung masuk kotak penalti. Bagaikan tendangan sudut, bola yang ia lemparkan begitu cepat dan melambung jauh. Ini yang membuat bek lawan seringkali kebingungan untuk mengantisipasi umpan tersebut. Mereka mesti menjaga ekstra pemain lawan yang masuk kotak penalti.

Beberapa umpan Delap dianggap lebih baik ketimbang umpan tendangan sudut. Ketepatan sudut serta kecepatan bola yang dihasilkan membuat kiper lawan sulit berbuat banyak.

Sejumlah tim pun mencoba untuk menghentikan aksi Delap tersebut. Mulai dari pelarangan umpan ke dalam, hingga memindahkan papan iklan lebih dekat ke lapangan, sehingga Delap tak bisa berancang-ancang. Dalam sebuah perhitungan, umpan Dalep bisa mencapai 40 meter dengan kecepatan 37 mil per jam.



Hakan Soderstjerna

Namanya juga sepakbola atau football, sepakbola berpegang penuh pada kekuatan kaki. Anggota tubuh tersebut sangat dibutuhkan untuk menggiring bola, melewati lawan, hingga melakukan tekel ke kaki lawan.

Hakan Soderstjerna adalah pesepakbola spesial. Ia terlahir tanpa tangan kanan. Namun, Soderstjerna menolak untuk menyerah pada takdir hidupnya. Ia pun menjadi pesepakbola profesional di sejumlah klub di Swedia, Denmark, Singapura, dan Norwegia.



Kerlon Moura

Menggiring bola adalah sebuah seni. Selama satu dekade, penggiring bola mampu menawan dan memesona penggemar. Gocekan-gocekan yang rumit bisa menggiring penonton untuk bertepuk tangan. Diego Maradona, Andreas Iniesta, hingga Lionel Messi dianggap sebagai salah tiga penggiring bola terbaik di dunia.

Brasil adalah gudangnya penggiring bola berteknik tinggi (dulu). Salah seorang di antara mereka adalah Kerlon Moura.

Jika tiga nama di awal hebat dalam menggiring bola di atas tanah, lain dengan Moura. Ia mampu melakukannya sembari juggling, bahkan dengan kepalanya!

Bagaimana cara lawan menghentikannya? Mereka dengan sengaja menendang ke arah dada.



Steve Watson

Sama seperti Rory Delap, Steve Watson memiliki kemampuan melempar bola saat lemparan ke dalam. Apa kelebihannya? Ia melakukannya seperti Neymar saat melakukan diving. Ya, Watson melempar bola sembari akrobat!



Cara ini pernah ditiru oleh Kayamba Gumbs saat membela Arema



Cauhtemoc Blanco

Jika Cristiano Ronaldo selalu melakukan step over saat melewati pemain lawan, Blanco lain lagi. Ia melakukan apa yang disebut bunny hop. Blanco menempatkan bola di kedua kakinya, lalu melompat melewati hadangan pemain lawan. Konyol? Faktanya, presentasi keberhasilannya tinggi dengan cara seperti ini.



Sumber gambar: uomonelpallone.wordpress.com

Komentar