Leeds United Menginginkan "Head Coach" Bukan "Manager"

Cerita

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Managing editor of Pandit Football, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach. Born with the full name of Defary Glenniza Tiffandiputra, growing up with a nickname Dex Glenniza. Who cares anyway! @dexglenniza

Leeds United Menginginkan

Pada awal tahun ini, setelah proses yang panjang dan berbelit-belit, Leeds United akhirnya berhasil dimiliki oleh Massimo Cellino. Siapakah Massimo Cellino?

Cellino adalah pengusaha asal Italia yang sebelumnya menjadi pemilik klub Serie A, Cagliari Calcio. Kepemilikan baru di klub asal Yorkshire ini secara kasat mata telah memakan dua orang korban.

Korban pertama adalah mantan manajer Leeds, Brian McDermott.Pada tanggal 31 Januari 2014, sebelum Cellino secara resmi mengambilalih Leeds, dilaporkan bahwa McDermott telah dipecat sebagai manajer Leeds, dengan Gianluca Festa dispekulasikan di media sebagai penggantinya.

Namun, sehari berikutnya direktur klub melalui Gulf Finance House berusaha untuk mengembalikan McDermott sebagai manajer, mengklaim bahwa keluarga Cellino (sebagai calon pemilik baru klub) tidak memiliki wewenang untuk memecatnya. Hal ini terjadi karena Cellino memang secara resmi belum menjadi pemilik Leeds.

Leeds_1_McDermott

Lalu pada tanggal 1 Februari, asisten McDermott, Nigel Gibbs, ditunjuk menjadi caretaker pada pertandingan derby di kandang melawan Huddersfield Town. Setelah pertandingan, klub merilis pernyataan resmi bahwa McDermott belum dipecat dan tetap menjadi manajer tim utama.

Setelah berminggu-minggu spekulasi mengenai pembelian Leeds, klub mengumumkan pada tanggal 7 Februari 2014, bahwa mereka telah menyetujui kontrak untuk penjualan Leeds ke konsorium keluarga Cellino, yaitu Eleonora Sport Ltd. Kesepakatan itu membuat keluarga Cellino mengakuisisi 75% kepemilikan klub dari The Football League.

Memang dasarnya mungkin Cellino tidak sreg dengan McDermott, Cellino kemudian mempertanyakan eksistensi McDermott dengan menyatakan bahwa Leeds “tidak memiliki manajer”, dan mengeluarkan pertanyaan terkenalnya, “Siapa yang mengelola klub ini? Brian, dimana Brian?”.

Ia juga mengungkapkan bahwa urusan pemain untuk musim depan (atau musim ini, karena The Football League sudah mulai berjalan sejak minggu lalu) ditangani oleh Cellino dan Benito Carbone, bukan McDermott. Leeds kemudian menegaskan posisi Carbone di klub yang akan “terlibat dengan semua hal sepakbola, termasuk pada tim utama dan akademi”.

Akhirnya pada tanggal 30 Mei, Leeds mengakhiri masa jabatan Brian McDermott sebagai manajer klub. Cellino menegaskan bahwa ia lebih ingin memiliki seorang pelatih kepala (head coach) daripada seorang manajer.

Pada 16 Juni, Leeds menunjuk Dave Hockaday sebagai “pelatih kepala” yang baru. Penunjukkan yang sampai hari ini masih gemar diprotes oleh fans Leeds, yang mempertanyakan kapasitasnya yang tidak cocok sebagai manajer.

(dex)

Komentar