Laga Ditunda Lagi karena COVID, PT LIB Akui Baru Terapkan Sistem Semi Bubble

Berita

by Febrian Hafizh Muchtamar

Febrian Hafizh Muchtamar

All time poser.

Laga Ditunda Lagi karena COVID, PT LIB Akui Baru Terapkan Sistem Semi Bubble

PT Liga Indonesia Baru (LIB) resmi menunda pertandingan Liga 1 202/22 antara PSM Makassar vs Persib Bandung yang semula direncanakan pada Rabu (2/2). Penundaan salah satu laga pekan ke-22 tersebut, lantaran 19 pemain Persib terjangkit Covid-19. Alhasil, Persib hanya memiliki 13 pemain saja.

Dikutip dari regulasi Liga 1 2021/22 Pasal 52 poin ke-7, jika sebuah tim tersisa kurang dari 14 pemain, pertandingan bisa ditunda.

“Dalam keadaan luar biasa, di mana setelah Swab Test Rapid Antigen pada hari pertandingan membuat klub yang akan bertanding hanya menyisakan kurang dari 14 pemain (termasuk salah satu di antaranya adalah penjaga gawang), maka LIB dan PSSI akan segera menggelar Rapat Darurat untuk memberikan keputusan dalam tempo cepat dan setiap keputusan bersifat final.” tulis pasal 52 poin ke-7 regulasi Liga 1 2021/22.

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, mengungkapkan Persib meminta pertemuan darurat untuk mempertimbangkan laga ditunda. Satu hari sebelum agenda pertandingan, Persib melakukan tes PCR yang hasilnya adalah mayoritas pemain ternyata terjangkit Covid-19.

Sementara itu, jadwal baru laga PSM vs Persib belum ditentukan. Sudjarno mengatakan, jadwal baru akan segera dibuat. Seandainya pun juga masih belum bisa bermain dengan skuad inti, Persib bisa memaksimalkan pemain di bawah usia 23 tahun.

“Kenapa tidak sekarang karena waktunya tidak cukup mendatangkan pemain muda,” ujar Sudjarno lewat jumpa pers via zoom meeting.

Sudjarno mengaku lalai dalam mengimplementasi aturan pencegahan Covid-19. Di sisi lain, jika aturan tersebut dilanggar, LIB juga tidak memberikan sanksi apapun kepada klub dan pemain. Tentu hal itu menjadi dorongan tersendiri bagi operator liga untuk memperketat aturan.

“Kita belum memberlakukan sanksi, tapi yang pasti hal itu bisa merugikan klub sendiri.”

Saat ditanya penundaan kompetisi dan pindah lokasi, Sudjarno menyebut tidak perlu, tetapi bisa dipertimbangkan. Menurutnya, liga masih bisa berjalan di Pulau Dewata dengan catatan evaluasi laga per laga. “Belum ada rencana,” katanya.

Rupanya, Sudjarno mengungkapkan bahwa sejak tiga seri sebelumnya, tindak pencegahan Covid-19 bersifat semi bubble. Artinya, menurut Sudjarno, pemain bebas bepergian kemanapun. Maka dari itu terlihat beberapa unggahan media sosial pemain yang pergi ke pantai, restoran dan sebagainya.

Di sisi lain, Sudjarno memastikan akan mengubah aturan menjadi sistem bubble penuh setelah ditundanya laga PSM vs Persib. Para pemain akan dilarang bepergian ke lokasi, selain tempat latihan, stadion dan penginapan. Tindakan memperketat peraturan, diharapkan bisa mencegah penularan berlebih Covid-19.

Sebelumnya, laga Madura United VS Persipura Jayapura pun ditunda. Simak beritanya di sini

Hal demikian pun sudah dilakukan pemerintah Singapura selama gelaran Piala AFF 2020 pada Desember 2021. Beberapa pemain dalam tim terkonfirmasi positif, tetapi laga tidak ditunda. Terlebih lagi, Singapura akan memberi sanksi terhadap pelanggar aturan bubble.

Salah satu pelanggar aturan bubble adalah Indonesia. Sebanyak empat pemain Indonesia, yaitu Elkan Baggott, Victor Igbonefo, Rizky Dwi Febrianto dan Rizky Ridho kepergok bepergian selain ke tempat latihan, stadion serta penginapan. Alhasil, keempatnya mendapat larangan bermain satu laga.

Komentar