Hasil Match Day Kelima Kualifikasi Piala Eropa 2020: 86 Gol Tercipta

Berita

by M. Rifky Herlanda P.

M. Rifky Herlanda P.

Bola adalah pacar.

Hasil Match Day Kelima Kualifikasi Piala Eropa 2020: 86 Gol Tercipta

Sebanyak 86 gol tercipta di match day kelima babak kualifikasi Piala Eropa 2020 dari 26 pertandingan yang berlangsung. Tak ada pertandingan yang berakhir dengan tanpa gol di match day kelima ini. Negara-negara besar yang berisi para pemain top Eropa seperti Italia, Spanyol, Belgia, Portugal, Perancis, dan Inggris mampu mengatasi lawan-lawan yang dihadapi.

Sementara laga besar di match day kelima yang mempertemukan Jerman dengan Belanda berakhir untuk kemenangan De Oranje. Belanda mampu mengalahkan Jerman dengan skor 4-2. Kemenangan ini juga menjadi kemenangan pertama Belanda atas Jerman dengan berhasil mencetak empat gol.

Inggris kokoh di puncak klasemen grup A meski baru bermain sebanyak tiga kali di babak penyisihan. Inggris mengalahkan Bulgaria dengan skor 4-0. Harry Kane menjadi aktor penting kemenangan Inggris. Penyerang asal kesebelasan Tottenham Hotspur tersebut mencetak tiga gol. Sementara satu gol lagi dicetak oleh Raheem Streling di menit ke-55.

Selain Inggris, Italia, Spanyol, Belgia, dan Perancis juga kokoh di puncak klasemen masing-masing setelah berhasil meraih kemenangan di match day kelima. Sementara Portugal sementara berada di peringkat kedua, meski berhasil meraih kemenangan.

Italia mampu mencuri tiga poin di kandang Armenia. Meski sempat tertinggal terlebih dahulu oleh gol Alexander Karapetyan di menit ke-11, anak asuhan Roberto Mancini berhasil bangkit dan mencetak tiga gol hingga pertandingan berakhir. Tiga gol Italia dicetak oleh Andrea Belotti di menit ke-28, Lorenzo Pallegrini di menit ke-77 dan gol bunuh diri Aram Ayrapetyan di menit ke-88.

Spanyol yang juga bermain di kandang lawan berhasil mencuri tiga poin. Bermain di Rumania, Sergio Ramos dan kawan-kawan berhasil mengalahkan sang tuan rumah dengan skor 2-1. Ramos berhasil membuka gol di menit ke-29 lewat tendangan penalti. Gol yang ia cetak tersebut menjadi gol ke-21 untuk timnas Spanyol. Pablo Alcacer berhasil menggandakan keunggulan Spanyol di menit ke-47. Sementara sang tuan rumah hanya mampu membalas lewat gol Florin Andone di menit ke-59.

Belgia yang menempati ranking pertama FIFA berhasil menang mudah atas tuan rumah San Marino dengan skor 4-0. Dengan kualitas pemain yang di miliki, Belgia menguasai jalannya pertandingan dengan 82% penguasaan bola dan melepaskan 29 kali tembakan. Micthy Batshuayi jadi bintang dengan mencetak dua gol. Dua lainnya berhasil dicetak oleh Dries Mertens dan Nacer Chadli.

Sang peraih gelar Piala Dunia 2018, Perancis, tak ketinggalan berhasil meraih kemenangan. Antoine Griezmann dan kawan-kawan berhasil mengalahkan tamunya, Albania, dengan skor 4-1. Gol kemenangan Perancis dicetak oleh Oliver Giroud, Nanitamo Ikone, dan dua gol dari Kingsley Koman. Albania mendapat gol hiburan di menit ke-90 lewat gol Sokol Cikalleshi. Laga ini sedikit tercoreng karena kesalahan pemutaran lagu kebangsaan dari Albania. Atas kejadian ini, Presiden Perancis, Emmanuel Macron, menyampaikan permohonan maaf kepada Albania.

Sang juara bertahan Piala Eropa, Portugal, berhasil mencuri kemenangan di kandang Serbia. Kemenangan 4-2 atas tuan rumah membawa Portugal sementara ini berada di peringkat kedua di grup B, tertinggal delapan poin dari peringkat pertama, Ukraina. Empat gol Portugal dicetak oleh William Carvalho, Goncalo Guedes, Bernardo Silva, dan sang mega bintang, Cristiano Ronaldo. Sementara dua gol Serbi dicetak oleh Nikola Milenkovic dan Aleksandar Mitrovic.

Kroasia, sang finalis Piala Dunia 2018, berhasil mengalahkan Slovakia dengan empat gol tanpa balas. Keunggulan Kroasia dibuka oleh gol Nikola Vlaši? di menit ke-45. Gol tersebut menjadi gol pertamanya untuk timnas Kroasia. Selepas istirahat, Kroasia tampil lebih menyerang. Tiga gol berhasil mereka ciptakan di babak kedua lewat Ivan Periši? di menit ke-46, Bruno Petkovi? di menit ke-72, dan Dejan Lovren di menit-ke89. Kemenangan ini membuat Kroasia berada di puncak klasemen Grup E.

Austria dan Denmark berhasil meraih kemenangan terbesar di match day kelima di antara pertandingan lainnya. Kedua negara sama-sama mengalahkan lawannya dengan enam gol tanpa balas. Austria mengalahkan tamunya Latvia, sementara Denmark mengalahkan tuan rumah Gibraltar.

Berikut hasil lengkap match day kelima Babak Kualifikasi Piala Eropa 2020

Armenia 1-3 Italia (Highlight)

Israel 1-1 Makedonia Utara

Bosnia & Herzegovina 5-0 Liechtenstein

Kepulauan Faroe 0-3 Swedia

Rumania 1-2 Spanyol

Norwegia 2-0 Malta

Gibraltar 0-6 Denmark

Irlandia 1-1 Swiss

Finlandia 1-0 Yunani

Siprus 1-1 Kazakhstan

Estonia 1-2 Belarus

Slovakia 0-4 Kroasia (Highlight)

Wales 2-1 Azerbaijan

Jerman 2-4 Belanda (highlight)

Austria 6-0 Latvia

Skotlandia 1-2 Rusia

Slovenia 2-0 Polandia

San Marino 0-4 Belgia

Kosovo 2-1 Ceko

Lituania 0-3 Ukraina

Inggris 4-0 Bulgaria (highlight)

Islandia 3-0 Moldova

Serbia 2-4 Portugal (highlight)

Perancis 4-1 Albania (highlight)

Turki 1-0 Andorra

Komentar