Polandia Jadi Tim Eropa Pertama yang Tersingkir

Berita

by Rio Pangestu

Rio Pangestu

Pembaca yang menulis.

Polandia Jadi Tim Eropa Pertama yang Tersingkir

Polandia menjadi kesebelasan asal Eropa pertama yang tersingkir dari Piala Dunia 2018. Kenyataan pahit itu mereka dapatkan setelah menderita kekalahan dari Kolombia di pertandingan matchday kedua Grup H Piala Dunia 2018. Pada laga yang digelar di Kazan Arena, Senin (25/6) dini hari itu, anak asuh Adam Nawalka kalah dengan skor telak 3-0.

Baik Polandia maupun Kolombia sama-sama telah menderita kekalahan di matchday pertama. Oleh karena itu, pertandingan ini menjadi krusial bagi keduanya. Mereka harus meraih kemenangan jika ingin menjaga peluang lolos ke babak 16 besar.

Hampir tidak ada peluang berbahaya yang masing-masing diciptakan kedua tim, setidaknya selama 35 menit laga berjalan. Setiap serangan yang dilancarkan kedua tim selalu patah saat memasuki area sepertiga akhir pertahanan. Hingga akhirnya pemain belakang Kolombia, Yerry Mina, berhasil memecah kebuntuan lewat gol yang diciptakannya pada menit ke-40. Mina menciptakan gol lewat sundulan memanfaatkan umpan terukur James Rodriguez.

Memasuki babak kedua, Polandia yang tertinggal menaikkan intensitas serangan. Beberapa peluang sempat berhasil mereka ciptakan. Peluang terbaik terjadi pada menit ke-58 saat Robert Lewandowski tinggal berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang David Ospina. Namun Ospina sukses membendung tembakan yang dilepaskan Lewandowski dengan maju keluar dari gawang untuk mempersempit ruang tembak pemain Bayern Munchen itu.

Alih-alih berhasil menyamakan kedudukan, Polandia justru semakin jauh tertinggal ketika Radamel Falcao berhasil menggandakan keunggulan Kolombia pada menit ke-70. Seakan belum cukup, Kolombia kemudian sukses membuat gol ketiga mereka lewat Juan Cuadrado pada menit ke-75. Skor 3-0 untuk kemenangan Kolombia bertahan sampai wasit Cesar Arturo Ramos meniup peluit panjang.

“Aku rasa seluruh pemainku telah berjuang sampai akhir laga dengan segenap kemampuan yang mereka miliki,” ucap kepala pelatih Polandia, Adam Nawalka selepas laga. “Pertandingan sebenarnya berjalan seimbang sampai akhirnya kami kebobolan satu gol. Setelahnya kami coba mengubah strategi dengan bermain lebih menyerang namun ternyata kami tetap kalah. Aku sangat sedih dan minta maaf.”

Dengan hasil ini, Polandia semakin memperpanjang rekor buruk mereka yang tak pernah lolos ke babak 16 besar Piala Dunia sejak 2002. Terakhir kali Polandia melenggang ke babak 16 besar adalah saat tampil di edisi Meksiko 1986. Padahal di Piala Dunia 2018 ini Polandia masuk ke dalam pot pertama, yang berarti adalah kesebelasan paling diunggulkan, setidaknya di Grup H.

Komentar