Giroud Kembali Jadi Kunci Kemenangan Perancis

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Penanggung jawab rubrik PanditSharing dan Backpass. Penyunting naskah Cerita.

Giroud Kembali Jadi Kunci Kemenangan Perancis

Kepercayaan Didier Deschamps kepada Olivier Giroud kembali berbuah kemenangan untuk Perancis. Gol tunggal di pertandingan melawan Peru, Kamis (21/6), tercipta berkat sang penyerang tengah.

“Masalah pada Olivier adalah sering kali jika dia bermain, dia bermain dengan caranya sendiri,” ujar Deschamps dalam jumpa pers pra-pertandingan. “Pemahamannya tidak sama dengan para pemain. Namun jika dia tidak bermain, ketiadaannya sangat terasa.”

Kali ini melawan Peru kehadiran Giroud benar-benar terasa. Tugasnya sebagai pemain yang mendorong garis pertahanan Peru berjalan dengan baik. Ketangguhannya dalam duel udara (unggul lima kali, terbanyak pada laga ini) membuat Perancis bisa mendapatkan penguasaan bola di banyak kondisi. Sementara itu dalam situasi serangan balik, Perancis tidak mudah kehilangan bola karena tak mudah merebut bola dari kaki pemain Chelsea ini. Deschamps puas pada penampilannya dan memainkannya hingga laga berakhir.

Kontribusi besarnya yang paling terasa terjadi pada menit ke-34. Peru kehilangan bola di lini tengah. Paul Pogba yang mengambil alih penguasaan langsung mengirim umpan terobosan kepada Giroud. Sepakan Giroud diblok, namun bola liar menjauh dari jangkauan semua pemain Peru—termasuk penjaga gawang gawang Pedro Gallese. Dengan satu sentuhan Kylian Mbappe mendorong bola masuk ke gawang lawan.

Mbappe memecahkan rekor dengan gol tersebut. Ia menjadi pencetak gol termuda Perancis di kejuaraan akbar. Usianya, 19 tahun 183 hari, lebih muda dari pemegang rekor sebelumnya: David Trezeguet (20 tahun 246 hari).

Dengan ini Giroud sudah dua kali memainkan peran penting di dua pertandingan Piala Dunia 2018. Pada pertandingan melawan Australia (Sabtu, 16/6) Giroud masuk menggantikan Antoine Griezmann di menit ke-70, saat kedudukan masih 1-1. Kehadirannya terbukti berguna. Di menit ke-81, sodoran bola dari Giroud diteruskan Pogba ke arah gawang dan terciptalah gol kemenangan Perancis (tercatat sebagai gol bunuh diri Aziz Behich).

Perancis lolos ke 16 besar Piala Dunia 2018 berkat dua kemenangan dalam dua pertandingan pertama. Peru, yang kalah dengan skor 0-1 dari Denmark dan Perancis, dipastikan tersingkir.

Perancis akan berhadapan dengan Denmark di pertandingan terakhir Grup C, sementara Peru melawan Australia. Kedua pertandingan akan digelar pada Selasa (26/6) depan pukul 21.00 WIB.

Komentar