Jerman Bersiap Tanpa Neuer di Piala Dunia 2018

Berita

by Rio Pangestu

Rio Pangestu

Pembaca yang menulis.

Jerman Bersiap Tanpa Neuer di Piala Dunia 2018

Jerman akan menjalani laga pertamanya di Piala Dunia 2018 pada 17 Juni 2018. Lawan pertama yang akan dihadapi oleh Jerman adalah Meksiko.

Sebagai juara bertahan, kekuatan mereka dipastikan akan kembali menjadi salah satu calon juara. Akan tetapi sebenarnya skuat Der Panzer saat ini tengah dalam keadaan yang kurang baik untuk menghadapi Piala Dunia di Rusia nanti, mengingat penjaga gawang utama sekaligus kapten mereka, Manuel Neuer, tengah dibekap cedera kaki yang ia derita sejak bulan September 2017 lalu.

Karena cedera yang dideritanya itu pula, bersama Bayern Munchen selama musim ini, Neuer hanya tampil sebanyak tiga kali di ajang Bundesliga dan satu kali di ajang Liga Champions. Pemain berusia 32 tahun tersebut juga tidak akan ditampilkan oleh Bayern ketika menjalani laga final di ajang DFB Pokal melawan Einracht Frankfurt (19/5), mengingat sampai saat ini kondisinya belum pulih.

“Manuel tidak akan bermain melawan Stuttgart [laga terakhir Bayern di Bundesliga musim ini]. Tidak juga untuk pertandingan final [DFB Pokal],” ujar pelatih Bayern, Jupp Heynckes kepada Goal.

Untuk ajang Piala Dunia 2018 yang akan digelar sekitar satu bulan lagi, Neuer pun masih diragukan bisa tampil. Kalaupun akhirnya turun bertanding, paling mungkin Neuer baru bisa tampil selepas fase grup. Hal ini seperti dijelaskan oleh mantan fisioterapi tim nasional Jerman, Oliver Schmidtlein.

“Aku rasa paling cepat ia [Neuer] bisa bergabung adalah pada fase knock-out Piala Dunia. Manuel tidak memungkinkan berlatih dalam situasi seperti ini. Walau waktu [Piala Dunia] semakin mendesak, atau ia harus mempertaruhkan proses pemulihannya sendiri,” tutur Schmidtlein.

Sang penjaga gawang sendiri masih belum yakin ia bisa pulih saat Piala Dunia nanti. Neuer mengatakan bahwa ia tidak ingin terburu-buru dalam mengambil keputusan tentang kemungkinannya berpartisipasi di Piala Dunia tahun ini.

“Aku tak bisa mengatakan apa pun saat ini. Aku merasa baik dengan apa yang kulakukan dalam proses pemulihan, tapi tetap saja tidak ada jaminan. Aku harus membuat keputusan yang tepat bagi diriku, bagi klub, dan bagi tim nasional Jerman. Tidak akan membantu apa pun jika Anda mengambil keputusan dengan terburu-buru. Aku ingin meningkat secara pasti hari demi hari, dan berusaha untuk mendapatkan kembali kebugaranku secepat mungkin,” bebernya kepada Goal.

Jika benar sampai Piala Dunia nanti Neuer belum bisa pulih, tentunya kekuatan tim nasional Jerman akan cukup berkurang di sisi pertahanan. Penjaga gawang dengan tinggi 1,93 meter tersebut sebelumnya begitu diandalkan di bawah mistar gawang Jerman.

Sejak memulai debutnya di tim nasional Jerman pada Juni 2009, penampilan Neuer di bawah mistar gawang langsung mampu memikat sang pelatih, Joachim Loew. Setahun kemudian, di ajang Piala Dunia 2010, Neuer langsung dipercaya untuk mengawal gawang Jerman. Selama penampilan Jerman di ajang tersebut sampai babak semifinal, Neuer hanya kebobolan tiga gol.

Dua tahun kemudian, di ajang Piala Eropa 2012, Neuer kembali diandalkan sebagai penjaga gawang Jerman. Neuer selalu tampil penuh di setiap pertandingan Jerman pada ajang tersebut.

Berlanjut di Piala Dunia 2014, Jerman masih mempercayakan gawangnya untuk dikawal Neuer. Penampilannya begitu memukau di ajang tersebut. Dari tujuh pertandingan yang dilakoni Jerman hingga menjadi juara, Neuer selalu tampil penuh. Sepanjang pagelaran tersebut, pria yang lahir di Gelsenkirchen-Buer itu hanya kebobolan empat gol.

Pada 2016, Neuer mulai dipercaya oleh Loew untuk menjabat kapten tim nasional Jerman menggantikan Philipp Lahm yang pensiun. Penampilan perdananya sebagai kapten dimulai ketika Jerman menjalani laga persahabatan kontra Argentina, 3 September 2016. Sampai saat ini, Neuer masih dipercaya oleh tim nasional Jerman sebagai kapten.

Sebenarnya, Jerman masih punya beberapa nama penjaga gawang lain yang bisa dijadikan pengganti Neuer jika cederanya belum sembuh hingga Piala Dunia tahun ini digelar. Penjaga gawang Barcelona, Marc-Andre ter Stegen, dan Bernd Leno yang bermain untuk Bayern Leverkusen, adalah dua nama yang dapat diproyeksikan untuk sementara menggantikan posisi Neuer. Selain itu, rekan setim Neuer di Bayern Munchen yang telah menggantikan posisinya di klub semenjak cedera, Sven Ulreich, juga dapat menjadi opsi Joachim Loew di Piala Dunia nanti.

Namun tampaknya Loew masih menginginkan Neuer untuk bisa tampil mengawal gawang Jerman di Piala Dunia 2018. Ia mengatakan bahwa Neuer masih masuk dalam rencananya untuk Piala Dunia 2018.

“Dia tetap masuk dalam rencana. Aku selalu melakukan kontak dengan Manuel Neuer, dan juga pelatih kiper, Andi Koepke. Kita selalu diberitahu olehnya [Neuer] tentang perkembangan pemulihannya. Kami percaya kepadanya, dia sangat kuat dan cedera kakinya bukanlah masalah besar,” ujar Loew kepada First Post.

Loew boleh berharap, tapi kondisi Neuer tidak bergantung pada keputusannya. Tapi Piala Dunia merupakan ajang yang tak bisa dilewatkan begitu saja oleh setiap pemain. Sekarang Neuer terus berburu waktu dengan kepulihannya atau timnas Jerman harus bersiap tanpanya di Piala Dunia 2018 nanti.

Komentar