Hasil dan Jadwal Lengkap Babak 8 Besar Piala Presiden 2018

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Hasil dan Jadwal Lengkap Babak 8 Besar Piala Presiden 2018

Undian babak perempat final Piala Presiden 2018 usai digelar pada Rabu (31/1), di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta. Dalam pengundian tersebut, delapan kesebelasan yang memastikan lolos ke perempat final di bagi dalam dua pot undian.

Juara grup A, Sriwijaya FC masuk dalam pot undian 1 bersama Mitra Kutai Kartanegara (Kukar) yang lolos dengan status juara Grup B, Persebaya Surabaya (juara Grup C) dan Bali United (juara Grup D). Sementara pot undian 2 dihuni oleh Arema FC yang berstatus sebagai juara Grup E, bersama tiga tim yang lolos dengan status runner up terbaik: PSMS Medan (Grup A), Madura United (Grup C), dan Persija Jakarta (Grup D).

Hal menarik dari hasil undian perempat final Piala Presiden 2018 adalah, kembali bertemunya Persebaya dan PSMS. Pertemuan antara Persebaya melawan PSMS di babak perempat final Piala Presiden 2018 tak ubahnya laga ulangan final Liga 2 2017. Saat itu, Persebaya meraih kemenangan tipis 3-2 atas PSMS dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), 28 November 2017.

Sementara pada babak perempat final Piala Presiden 2018, bentrokan antara Persebaya melawan PSMS akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (3/2) sore WIB. Usai laga tersebut, pertandingan perempat final hari pertama dilanjutkan dengan partai antara Bali United melawan Madura United pada Sabtu malam WIB.

Pada pertandingan perempat final Piala Presiden 2018 hari kedua, akan dibuka dengan pertandingan antara Mitra Kukar melawan Persija, Minggu (4/2) sore WIB, di Stadion Manahan. Rangkaian perempat final Piala Presiden 2018 kemudian ditutup dengan laga antara Arema FC melawan Sriwijaya FC pada Minggu malam WIB.

Pertandingan perempat final Piala Presiden 2018 menggunakan sistem gugur. Setiap tim yang kalah dipastikan tersingkir, sementara yang menang melenggang ke babak semifinal. Andai selama 90 menit waktu normal pertandingan di perempat final mengalami hasil imbang, maka pemenang dalam pertandingan akan langsung ditentukan melalui babak adu penalti. Selain itu, tidak ada pemutihan kartu di babak perempat final.

Panitia penyelenggara Piala Presiden 2018 menyiapkan match fee sebesar 150 juta rupiah kepada tim yang menang di babak perempat final. Sementara yang kalah, mendapatkan 100 juta rupiah. Selain itu, delapan kesebelasan yang memastikan lolos ke perempat final pun akan diberi uang akomodasi sebesar 100 juta rupiah.

Setelah seluruh pertandingan perempat final usai digelar, rangkaian turnamen Piala Presiden 2018 akan berlanjut ke babak semifinal, dan akan mempertemukan empat kesebelasan yang meraih kemenangan atas lawan-lawannya di perempat final.

Berbeda dengan laga perempat final yang berlangsung di tempat netral, pertandingan semifinal akan digelar dengan format home and away. Leg pertama akan berlangsung pada Sabtu (10/2), sementara leg kedua akan digelar pada Selasa (13/2).

Tim yang berhasil meraih kemenangan pada babak semifinal akan melaju ke laga final yang rencananya akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (17/2) mendatang.

Komentar