Bertambahnya Catatan Rekor Barcelona di El Clasico

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Bertambahnya Catatan Rekor Barcelona di El Clasico

Barcelona mengunci kemenangan telak tiga gol tanpa balas atas Real Madrid di Santiago Bernabeu, Sabtu (23/12). Dalam laga bertajuk El Clasico itu tiga gol Barcelona masing-masing diciptakan Luiz Suarez pada menit 54, Lionel Messi (64’), dan Aleix Vidal (90’). Berkat kemenangan tersebut Barcelona mencatatkan diri sebagai satu-satunya kesebelasan yang belum terkalahkan dalam 17 pekan bergulirnya La Liga pada musim ini.

Sebelumnya Barcelona ditemani Atletico Madrid yang dalam 16 pekan La Liga belum menelan kekalahan. Namun Atleti gagal mempertahankan rekor tak terkalahkan di pekan ke-17, setelah takluk dari Espanyol 0-1 di RCDE Stadium, Sabtu (23/12) dini hari WIB.

Hasil tiga poin yang diraih Barcelona atas Madrid, membuat Blaugrana mencatatkan rekor tiga kemenangan beruntun dalam laga El Clasico yang berlangsung di Bernabeu pada ajang La Liga. Dua musim sebelumnya Barcelona sukses mengunci kemenangan 4-0 (2015/16) dan 3-2 (2016/17) atas Madrid.

Lionel Messi yang menjadi pencetak gol kedua Barcelona dalam pertandingan melawan Madrid juga semakin menunjukkan superioritasnya di laga El Clasico. Gol yang diciptakan pemain asal Argentina itu di Bernabeu membuatnya kokoh di daftar pencetak gol terbanyak El Clasico dengan 25 gol dari 37 pertemuan antara Madrid dan Barcelona di semua ajang.

Dari 25 gol yang telah dikemas Messi di El Clasico, 15 gol dibukukan di Bernabeu. Bisa disimpulkan bahwa Bernabeu merupakan stadion yang ramah bagi Messi karena lebih dari separuh golnya di laga El Clasico di bukukan saat tampil di kandang Real Madrid.

Selain itu Messi juga mencatatkan rekor sebagai pemain yang paling sering menjebol gawang Madrid dalam sejarah La Liga. Sejak memulai karier profesionalnya bersama Barcelona pada 2004 lalu, sudah 17 gol yang dicetak Messi ke gawang Madrid di kompetisi domestik.

Di sisi lain, kekalahan yang diderita Madrid dari Barcelona memutus rentetan impresif Los Blancos di laga kandang. Sebelumnya Madrid begitu superior tampil di Bernabeu, enam pertandingan kandang terakhir dilalui dengan sapu bersih kemenangan. Kekalahan terakhir yang diderita Madrid di kandangnya sendiri terjadi pada pekan ke-5 La Liga, saat itu mereka takluk 0-1 dari Real Betis.

Tak hanya itu, kekalahan atas Barcelona membuat Madrid berada dalam posisi sulit untuk mengejar ketertinggalan poin dari Blaugrana. Madrid untuk sementara tertahan di posisi empat dengan 31 poin, tertinggal 14 angka dari Barcelona yang nyaman di puncak klasemen dengan sementara dengan 45 poin.

Madrid memang memiliki keunggulan satu pertandingan atas Barcelona, setelah laga melawan Leganes ditunda. Andai pun Madrid memenangkan pertandingan yang tertunda itu, Los Blancos masih tertinggal 11 poin dari Barcelona. Jarak yang cukup jauh, mengingat performa Barcelona musim ini terbilang mengesankan di kompetisi domestik.

Komentar