Probabilitas Pengundian Babak 16 Besar Liga Champions

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Probabilitas Pengundian Babak 16 Besar Liga Champions

Fase grup Liga Champions 2017/2018 telah rampung digelar. Sebanyak 16 kesebelasan yang pada klasemen akhir fase grup Liga Champions musim ini sukses menggapai posisi pertama dan kedua dipastikan lolos ke fase knock-out tahap pertama. Ke-16 kesebelasan yang telah memastikan lolos itu saat ini tengah menunggu undian lawan yang akan dihadapi di babak 16 besar (perdelapan final) nanti.

Undian babak 16 besar Liga Champions 2017/2018 akan berlangsung di markas UEFA, Nyon, Swiss, Senin (11/12) pukul 17:30 WIB. Mekanisme pengundian akan berlangsung seperti ini: setiap kontestan yang akan berlaga di fase knock-out pertama itu dibagi ke dalam dua pot undian yang terdiri dari pot penghuni peringkat pertama dari masing-masing grup.

Pot pertama yang berisi para juara grup sudah pasti dihuni oleh Manchester United (Grup A), Paris Saint-Germain (Grup B), AS Roma (Grup C), Barcelona (Grup D), Liverpool (Grup E), Manchester City (Grup F), Besiktas (Grup G), dan Tottenham Hotspur (Grup H).

Sementara pot undian kedua dihuni oleh delapan kesebelasan yang memastikan diri lolos ke 16 besar dengan status runner-up dari masing-masing grup. Pot tersebut dipastikan ditempati oleh FC Basel (Grup A), Bayern Muenchen (Grup B), Chelsea (Grup C), Juventus (Grup D), Sevilla (Grup E), Shakhtar Donetsk (Grup F), FC Porto (Grup G), dan Real Madrid (Grup H).

Proses pengundian babak 16 besar Liga Champions 2017/2018 bersifat tertutup, artinya setiap kesebelasan dari grup dan asosiasi kompetisi yang sama tidak akan saling bentrok di fase tersebut. Misalnya AS Roma yang merupakan juara Grup C dipastikan tidak akan berjumpa Juventus, karena kedua kesebelasan tersebut berasal dari Italia.

Namun Roma juga tidak akan bisa bentrok dengan Chelsea. Meski berasal dari asosiasi kompetisi yang berbeda, I Lupi dan The Blues tidak akan bisa bertemu di fase 16 besar karena sebelumnya berada dalam satu grup yang sama (Grup C).

Selain itu, Roma juga tidak mungkin bertemu Tottenham Hotspur, karena keduanya lolos ke 16 besar dengan status juara grup. Tentu saja, karena mekanisme undian dipastikan mempertemukan antara juara grup di pot undian pertama dan runner-up grup di pot undian kedua.

Penentuan lawan berdasarkan hitungan matematis

Meski pengundian 16 besar Liga Champions 2017/2018 baru akan dilaksanakan pada awal pekan depan, namun spekulasi potensi lawan yang akan dihadapi oleh setiap kesebelasan mulai bermunculan. Spekulasi soal siapa melawan siapa di fase knock-out nanti dihitung melalui probabilitas atau ilmu matematika peluang.

Dalam prediksi yang menggunakan penghitungan matematika peluang, babak 16 besar berpotensi memunculkan beberapa pertandingan besar. Salah satunya laga antara Chelsea yang kemungkinan besar melawan Barcelona. Dalam penghitungan matematika peluang dari akun statistik Spanyol, Mr Chip, persentase bentrokan antara The Blues melawan Blaugrana mencapai 43,747 persen.

Hasil tersebut didapat berdasar komposisi dua pot undian. Chelsea yang lolos ke 16 besar sebagai runner-up Grup C tidak akan bersua Manchester City, Man United, Liverpool, dan Spurs, yang merupakan juara grup. Selain itu, empat kesebelasan tersebut juga berasal dari Inggris yang tidak mungkin bisa dihadapi Chelsea di fase 16 besar nanti karena aturan mekanisme pengundian yang berlaku.

Artinya pilihan lawan yang akan dihadapi Chelsea di fase 16 besar nanti terbilang terbatas, karena mereka juga tidak akan bisa berjumpa AS Roma yang sebelumnya menjadi lawan di fase Grup C. Ada tiga kesebelasan yang berpotensi menjadi calon lawan mereka seperti Barcelona, PSG, dan Besiktas. Namun dari hasil penghitungan matematika peluang, dari tiga kesebelasan tersebut Barcelona lebih dimungkinkan menjadi lawan Chelsea di 16 besar nanti.

Sama halnya dengan Chelsea, calon lawan yang akan dihadapi Barcelona pun terbatas di fase 16 besar. Blaugrana dipastikan tidak akan bertemu Real Madrid dan Sevilla karena berasal dari asosiasi kompetisi yang sama. Barcelona pun tidak akan jumpa Juventus yang di babak penyisihan lalu berada satu grup bersama mereka. Selain melawan Chelsea, Barcelona juga memiliki kemungkinan melawan Bayern Muenchen, Porto, Shakhtar Donetsk, dan Basel.

Selain laga Barcelona melawan Chelsea, kemungkinan terciptanya pertandingan besar lainnya di 16 besar Liga Champions adalah bentrokan antara Liverpool melawan Real Madrid. Liverpool lolos ke fase gugur dengan status juara Grup E.

Liverpool memiliki enam calon lawan di babak 16 besar yang terdiri dari Real Madrid, Bayern Muenchen, Juventus, Porto, Shaktar Donetsk, dan Basel. Dari enam kesebelasan itu peluang The Reds bersua Madrid persentasenya mencapai 18,853 persen. Selain Madrid, Liverpool juga berpotensi jumpa Juventus, yang persentase kemungkinannya juga mencapa 18,853 persen.

Sementara Madrid, selain memiliki kemungkinan yang sangat besar bertemu Liverpool di fase 16 besar, Los Blancos memiliki persentase peluang yang sangat besar berjumpa Roma di fase gugur. Persentase peluang Madrid bentrok dengan Roma di babak tersebut juga mencapai angka 18,853.

***

Perlu ditekankan bahwa apa yang telah disampaikan di atas hanya bersifat spekulasi. Artinya hanya menyampaikan segala kemungkinan yang akan terjadi dalam drawing 16 besar Liga Champions 2017/2018. Setidaknya ada lebih dari 14 ribu kemungkinan yang akan terjadi dalam proses pengundian nanti. Hasil pastinya, tentu akan bisa kita dapatkan saat pengundian telah dilaksanakan.

Jika tidak sabar ingin menyimulasikannya sendiri menggunakan probabilitas di atas, bisa mengakses laman ini sebagai simulasi pengundian babak 16 besar Liga Champions 2017/2018.

Foto: Twitter Chelsea

Komentar