Tak Jadi Bergabung Bersama Timnas, Fadil Sausu Ambil Sisi Positifnya

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Tak Jadi Bergabung Bersama Timnas, Fadil Sausu Ambil Sisi Positifnya

Jelang pertandingan uji coba internasional Tim Nasional Indonesia melawan Fiji, komposisi pemain yang di panggil oleh Luis Milla mengalami pengurangan. Sebelumnya tercatat ada 20 nama yang dipanggil untuk membela Indonesia dalam pertandingan yang akan berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (2/9) itu, namun belakangan jumlah tersebut berkurang menjadi 19 pemain saja.

Satu nama yang tidak jadi dipanggil adalah Fadil Sausu, gelandang asal Bali United. Pelatih Indonesia, Luis Milla mengungkapkan bahwa ada dua alasan yang membuatnya mengambil keputusan untuk tidak memanggil Fadil dalam laga internasional tersebut. Pertama adalah karena pertandingan yang dilakoni oleh Tim Garuda hanya satu, kemudian kedua adalah waktu persiapan timnas Indonesia yang terlalu mepet menghadapi pertandingan tersebut.

“Kami hanya membutuhkan 19 pemain saja di laga ujicoba melawan Fiji. Apalagi dengan persiapan pendek dan sektor gelandang juga sudah banyak pilihan," kata Milla seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

Bagi Fadil, tak jadi masuk dalam skuat timnas di laga melawan Fiji, sedikit banyaknya tentu ada kekecewaan yang dirasakan oleh Fadil Sausu. Maklum bisa dibilang bagi pesepakbola timnas adalah jenjang tertinggi dalam perjalanan karier mereka sebagai pesepakbola. Meski begitu, Fadhil mengaku enggan terlalu menanggapi hal tersebut secara berlebih, selalu ada sisi positif dari setiap kejadian.

Fadhil mengungkapkan bahwa dari setiap kejadian pasti ada sisi positif yang bisa diambil. Salah satunya adalah ia bisa lebih fokus untuk membela Bali United di ajang Liga 1 Indonesia 2017 menghadapi Persela Lamongan di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (3/9). Sebab meski ada pertandingan internasional yang melibatkan timnas, namun kompetisi Liga 1 tetap bergulir.

"Saya berpikir positif saja. Dengan saya tidak jadi dipanggil timnas, maka saya bisa fokus mempersiapkan diri untuk Bali United di pertandingan hari Minggu nanti melawan Persela. Tidak ada rasa kecewa karena membela Bali United juga suatu hal yang tidak kalah penting. Bali United adalah tim yang membesarkan nama saya," ujar Fadil seperti dikutip dari halaman resmi Bali United.

Fadil melanjutkan bahwa ia akan tetap mendukung perjuangan Irfan Bachdim dan kawan-kawan dalam laga tersebut. Harapannya tentu agar Indonesia bisa memenangkan pertandingan. Sebab, biar bagaimanapun laga tersebut masuk dalam kalender FIFA, jadi hasil positif yang bisa diraih Indonesia dalam laga tersebut sedikit banyaknya berpengaruh pada posisi mereka di rangking FIFA.

"Sebagai orang Indonesia tentu saya akan tetap akan mendukung Timnas Indonesia di setiap pertandingan. Kalau pun nanti ada rejeki lagi untuk memperkuat Timnas, tentu saya akan sangat senang," tegasnya.

Dengan kepastian batal merapatnya Fadil ke timnas, membuat Bali United praktis hanya mengirimkan tiga pemain saja yang terdiri dari Stefano Lilipaly, I Gede Sukadana, dan Irfan Bachdim. Meski begitu bersama dengan Arema FC, kesebelasan berjuluk Serdadu Tri Datu itu masih menjadi kesebelasan penyumbang pemain terbanyak ke timnas dengan tiga pemain.

Tercatat, Bali mengirimkan Stefano Lilipaly, Irfan Bachdim, dan I Gede Sukadana. Sementara Arema, yang tidak jadi mengirim Kurnia Meiga karena menderita sakit membuat mereka hanya mengirim Johan Alfarizi, Beny Wahyudi, dan Adam Alis. Posisi Kurnia Meiga kemudian digantikan oleh Satria Tama yang sebelumnya tampil membela timnas U-22 di ajang SEA Games 2017, Malaysia.

“Karena Kurnia Mega sakit dan tidak bisa tampil maka saya harus cari penggantinya. Satria Tama menjadi opsi terbaik yang saya punya. Dia menunjukkan kapasitasnya di ajang SEA Games,” lanjut Milla

Berikut 19 Nama Pemain Timnas Indonesia lawan Fiji

Kiper: Andritany Ardhiyasa (Persija), Satria Tama (Persegres Gresik)

Bek: Beny Wahyudi (Arema FC), Manahati Lestusen (PS TNI), Fachruddin Aryanto (Madura United), Ahmad Jufriyanto (Persib), Abdul Rahman (Borneo FC), Ahmad Alfarizi (Arema FC)

Gelandang: Adam Alis (Arema FC), Gede Sukadana (Bali United), Bayu Pradana (Mitra Kukar), Andik Vermansyah (Selangor FA), Stefano Lilipaly (Bali United), Slamet Nurcahyo (Madura United), Irfan Bachdim (Bali United), Rizki Pora (Barito Putera), M. Rahmat (PSM)

Penyerang: Boas Salossa (Persipura), Lerby Eliandry (Borneo FC)

Foto: Bali United Ofisial

Komentar