Keadaan yang Berbalik Antara Persipura dan Persib

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Keadaan yang Berbalik Antara Persipura dan Persib

Ada sebuah keadaan yang berbalik antara Persipura Jayapura dan Persib Bandung. Jika biasanya Persib cukup sulit mengalahkan Persipura, sejak ajang Indonesia Soccer Championship 2016, justru Persipura yang jadi sulit mengalahkan Persib, Teranyar, Persib berhasil menahan imbang Persipura di Stadion Mandala, Jayapura, dalam ajang Liga 1 2017.

Pada pertandingan yang digelar Senin (28/8/2017) sore tersebut, Persipura kesulitan menjebol gawang Persib. Bertarung selama 90 menit, kedua tim pun pada akhirnya mencatatkan hasil imbang 0-0. Sebuah hasil yang bisa dibilang baik untuk Persib, tapi tidak untuk Persipura yang sedang bersaing di papan atas Liga 1 2017.

Hal ini menjadi sebuah hal yang menarik. Dengan hasil imbang 0-0 ini, berarti dalam empat pertemuan terakhir (tidak termasuk partai final LSI 2014 yang dimenangkan Persib), tim berjuluk "Mutiara Hitam" tersebut gagal mengalahkan "Maung Bandung". Total dalam empat pertemuan terakhir, Persib meraih hasil tiga kali menang dan sekali seri melawan Persipura.

Catatan ini tentu berbalik dengan kondisi sebelum memasuki ISC 2016. Sejak kompetisi liga di Indonesia berubah format menjadi satu wilayah pada 2008 silam, dalam balutan Liga Super Indonesia, Persib terhitung sulit mengalahkan Persipura. Kerap pertandingan berakhir seri atau malah kemenangan bagi Persipura.

Namun sejak memasuki ajang ISC 2016, Persib mulai menunjukkan superioritas mereka atas Persipura. Dua laga melawan tim "Mutiara Hitam", baik itu kandang maupun tandang, kerap kali berakhir dengan kemenangan. Di Mandala, Persib menang dengan skor 2-0. Di Jalak Harupat, Persib kembali mencatatkan hasil serupa.

Pada pertemuan pertama di ajang Liga 1 2017 antara Persib lawan Persipura yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Persib pun berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 lewat gol dari titik penalti hasil sepakan Michael Essien. Ditambah dengan hasil imbang 0-0 yang didapat kedua tim pada Senin (28/8/2017), semakin tampak bahwa Persipura menjadi sulit mengalahkan Persib.

Pelatih Persipura, Wanderley Santos, mengakui bahwa dalam pertandingan kali ini, timnya kurang dalam soal finishing. Hampir sama dengan yang terjadi di putaran pertama lalu, Persipura cukup dominan dalam pertandingan ini. Namun Persipura buruk dalam soal finishing, dan ini akan menjadi pekerjaan rumah selanjutnya bagi "Mutiara Hitam".

"Kita punya harapan untuk menang, dan kami sudah coba maksimal untuk menang, tapi hari ini bukan hari keberuntungan kami. Tapi tetap terima kasih kepada Tuhan, tidak ada yang cedera, meski penonton sedikit kecewa tadi karena kami tidak bisa menang. Semoga besok lebih bagus daripada hari ini," ujar Wanderley dalam jumpa pers setelah laga.

"Saya lihat pemain sudah maksimal. Kita bisa lihat banyak peluang yang Persipura punya. Masalah bukan ada di soal kreasi serangan, tapi soal finishing. Persipura dominan di pertandingan tadi, cuma finishing yang terakhir tidak masuk. Ini bukan soal Boaz Solossa yang bermain sebagai gelandang, tapi soal totalitas sama tim. Boaz sudah kasih banyak bola ke penyerang yang seharusnya bisa menjadi gol. Kreasi sudah ada, tadi kita kurang finishing dan ini harus diperbaiki jika kita mau naik peringkat," tambahnya.

Di sisi lain, tim Persib yang diwakili caretaker nya, Yaya Sunarya menyebut bahwa laga melawan Persipura adalah pertandingan yang cukup berat, apalagi mereka bermain di kandang lawan. Namun, berkat pertahanan yang kuat, ia menyebut bahwa Persib akhirnya bisa meraih satu poin dari lawatan mereka ke Jayapura ini.

"Pertandingan yang sulit, tapi kami bersyukur bisa meraih poin di Jayapura meski gagal meraih kemenangan. Kami syukuri dan nikmati. Apa yang kita raih bukan tanpa kerja keras. kita semua pemain berjuang di lapangan untuk meraih hasil ini. Kalau boleh mengutip, kita bermain like tiger defend like champions. Saya sangat berterimakasih kepada pemain, semua kerja keras. Mereka semua ingin menang dan tidak mau kebobolan," ujar Yaya.

Dengan melihat kondisi seperti ini, terkhusus untuk ajang ISC 2016 dan Liga 1 2017, bisa dibilang bahwa kondisi Persipura dan Persib sudah berbalik. Jika biasanya Persib sulit menaklukkan Persipura, sekarang Persipura-lah yang sulit menaklukkan Persib.

Komentar