Menerka Hukuman yang Akan Diterima Ronaldo

Berita

by Redaksi 33

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Menerka Hukuman yang Akan Diterima Ronaldo

Dalam laga Piala Super Spanyol yang berlangsung di Stadion Nou Camp, Cristiano Ronaldo melakukan hal yang cukup unik. Hanya 22 menit ia bermain, ia langsung terkena hukuman kartu merah akibat dua kartu kuning yang ia terima. Namun, dampak dari kartu merah ini ternyata bisa saja lebih parah dari sekadar absen dalam leg II Piala Super Spanyol kelak.

Pada pertandingan tersebut, Ronaldo baru bermain pada menit ke-58 menggantikan Karim Benzema. Di menit ke-80, Ronaldo mencetak sebuah gol yang membawa Los Blancos unggul atas Barca. Namun, seusai mencetak gol tersebut, dua menit kemudian ia diusir ke luar lapangan oleh wasit karena menerima dua kartu kuning.

Kartu kuning pertama ia dapat setelah ia merayakan golnya dengan cara membuka jersey nya dan menunjukkannya kepada para suporter Blaugrana, mirip seperti yang pernah Lionel Messi lakukan (itu atas saran Marcelo). Sedangkan kartu kuning kedua ia terima karena wasit menilai Ronaldo melakukan diving di kotak penalti. Jika ditotal, Ronaldo berarti hanya bermain 24 menit dalam pertandingan tersebut.

Berbagai respon pun berdatangan atas dikartu merahnya Ronaldo ini. Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane menyebut bahwa kartu merah Ronaldo ini adalah sesuatu yang sedikit kejam. Ia merasa bahwa pemain timnas Portugal tersebut tidak perlu mendapatkan kartu merah seperti itu.

"Kami memainkan sebuah pertandingan yang hebat, tapi apa yang membuat saya kesal adalah pengusiran Cristiano Ronaldo. Mungkin memang tidak layak diberi penalti, tapi memberikan hukuman kartu (karena diving) adalah hal yang sedikit kejam," ujar Zidane dilansir dari Marca.

"Bagaimanapun, kami tidak bisa mengubahnya. Bahkan kalau kami mencoba untuk tetap memainkannya pada leg kedua hari Rabu nanti," tambahnya.

Bukan hanya sekadar harus absen dalam leg kedua yang akan dihelat di Santiago Bernabeu, ternyata ada hukuman tambahan yang mungkin saja bisa diterima oleh Cristiano Ronaldo, karena ada hal lain yang tak terlihat penonton yang ia lakukan kepada wasit yang memimpin pertandingan, Ricardo De Burgos Bengoetxea.

Kemungkinan hukuman larangan main sampai 12 pertandingan

De Burgos memberikan hukuman kartu merah (dua kartu kuning) bagi Ronaldo dalam laga melawan Barcelona. Kartu kuning pertama karena ia membuka jersey saat merayakan gol, sedangkan kartu kuning kedua karena ia dinilai melakukan diving. Seusai menerima kartu kuning kedua yang berujung kartu merah tersebut. Ronaldo melakukan sesuatu kepada wasit.

Setelah diberikan kartu merah oleh wasit De Burgos, Ronaldo dianggap melakukan dorongan serta sentuhan fisik kepada sang wasit. Hal ini pun masuk dalam laporan pertandingan yang ditulis oleh De Burgos kepada ofisial pertandingan, bahwa ada dorongan yang dilakukan Ronaldo kepada dirinya.

"Ketika saya memberikannya (Ronaldo) kartu merah, ia langsung mendorong saya. Ia tidak puas akan keputusan saya tersebut," tulis De Borges dalam laporan yang ia buat, dilansir dari Marca.

Merunut kepada buku aturan yang ditulis oleh RFEF, article 96, disebutkan bahwa jika ada seorang pemain yang melakukan kontak fisik atau dorongan kepada wasit, maka ia akan mendapatkan hukuman larangan main 4 sampai 12 pertandingan, tergantung dari jenis kontak fisik yang dilakukan.

Jika memang ada bukti yang menunjukkan bahwa Ronaldo mendorong wasit, maka pemain yang pernah membela Manchester United tersebut bisa saja menerima hukuman empat sampai 12 pertandingan. Kalau itu sampai terjadi, maka ia tidak hanya akan melewatkan laga leg kedua Piala Super Spanyol. Ronaldo juga akan melewatkan beberapa pertandingan awal La Liga.


UPDATE RESMI: Cristiano Ronaldo dijatuhi hukuman larangan bertanding 5 pertandingan akibat tindakan di atas.

Komentar