Team of the Week Liga 1 2017 Pekan ke-18

Berita

by redaksi

Team of the Week Liga 1 2017 Pekan ke-18

Paruh putaran pertama pada pekan ke-17 kemarin mengukuhkan Madura United sebagai juara paruh musim. Memasuki pekan ke-18, Madura United tetap kokoh di puncak klasemen, setelah mengalahkan tamunya Persela dengan skor 2-1 di pekan ke 18 ini. Selain itu di pekan 18 ini beberapa tim kembali mendapatkan kemenangan setelah di pekan sebelumnya kerap meraih hasil negatif.

Persib Bandung kembali merasakan kemenangan setelah mengalahkan PS TNI, lalu ada PSM yang mengalahkan tamunya Mitra kukar. Pesiba pun kembali mendapatkan kemenangan setelah melakukan perombakan besar besaran. Pertandingan terakhir pekan ke-18 ditutup dengan kemenangan meyakinkan Persipura atas Bali United dengan skor 3-1.

Pekan ke-18 ini, tim Panditfootball kembali memilih sebelas yang tampil baik bersama timnya masing-masing. Berikut adalah sebeles pemain yang masuk Team of the Week pekan ke-18 versi tim Panditfootball

Joice Sorongan (Mitra Kukar)

Salah satu yang menarik dari pekan ke-18 ini adalah bangkitnya kiper senior bernama Joice Sorongan. Joice Sorongan kembali bermain setelah pensiun pada 2015 silam. Keputusan ini diambil karena Mitra Kukar kehilangan dua kiper utama mereka karena cedera.

Segudang pengalaman seorang Sorongan menjadi hal yang penting. Melawan salah satu tim kuat PSM Makassar, kiper senior ini tampil sangat baik dengan melakukan tujuh kali penyelamatan dan enam kali memotong umpan silang para pemain PSM. Walaupun timnya mengalami kekalahan, tapi penampilan yang ia tampilkan sangat baik dan menghindarkan Mitra Kukar dari kemasukan banyak gol.

Hamka Hamzah (PSM Makassar), Yanto Basna (Sriwijaya FC), Muhammad Rifqi (Barito Putera)

Untuk mengisi slot tiga pemain belakang, kami memilih tiga pemain lokal yaitu Hamka Hamzah, Yanto Basna, dan Muhammad Rifqi.

Hamka Hamzah menjadi pemain penting di lini pertahanan PSM Makassar. Kembali tampil melawan Mitra Kukar, kapten PSM ini mencatatkan penampilan yang cukup baik. Untuk aksi bertahan ia mencatatkan tujuh kali intersep, empat kali tekel, dua kali sapuan bola, dan dua kali memenangi duel udara. Ia menjadi penentu kemenangan PSM dengan satu asis nya kepada Ferdinand Sinaga yang menjadi gol kemenangan. Selain itu ia juga melakukan dua kali percobaan tendangan ke arah gawang.

Muhammad Rifqi menjadi pemain penentu kemenangan Barito atas Persija Jakarta. Satu golnya menjadi penentu kemenangan Barito di pertandingan ini. Selain menjadi penentu kemenangan, Rifqi mencatatkan aksi bertahan yang cukup baik. Tercatat ia melakukan tujuh kali intersep, dua kali sapuan bola, tiga kali melakukan duel udara dan satu kali menahan tendangan pemain Persija di lini pertahanan.

Yanto Basna menjadi pelengkap untuk trio lini belakang pekan ke-18 ini. Penampilannya yang tanpa kompromi dan berhasil membaca arah operan dari para pemain Pusamania berhasil membawa Sriwijaya mencuri tiga poin. Tercatat ia melakukan 17 kali intersep, tertinggi di antara pemain belakang lain. Selain itu ia sukses melakukan enam kali sapuan bola, tiga kali memenangi duel udara, dan menahan tendangan lawan satu kali.

Kosuke Yamazaki (Persela Lamongan), Srdjan Lopicic (Persiba Balikapapan), Wahyu Subo Seto (Bhayangkara FC), Febri Haryadi (Persib Bandung)

Kosuke Yamazaki bermain impresif dalam pertandingan melawan Madura United. Berperan sebagai gelandang bertahan, pemain ini mencatatkan lima kali tekel sukses, tiga kali intersep, dan menahan tendangan lawan sebanyak lima kali. Pemain asal Jepang ini juga sangat aktif melakukan serangan. Ia tercatat satu kali menggiring bola melewati lawan, satu umpan terobosan, satu umpan kunci, dua kali melakukan tembakan, dan menorehkan satu gol.

Srdjan Lopicic merupakan pemain baru yang didatangkan Persiba untuk putaran kedua. Tak butuh lama, Lopicic langsung menyatu dengan permainan Persiba. Ia berhasil memberikan dua asis untuk dua gol Persiba yang menjadi awal yang baik bagi mereka di putaran kedua ini. Selain itu, ia juga mencatatkan satu umpan kunci, sembilan umpan silang, satu umpan terobosan, dan dua kali tendangan ke arah gawang.

Wahyu Subo Seto bermain cukup baik di pekan ke-18 ini. Ia menjadi pemain tersibuk di lini tengah Bhayangkara. Tercatat ia melakukan tujuh kali tekel sukses, enam kali intersep, tiga kali duel udara, dua umpan kunci, dua umpan silang, dua umpan terobosan, tiga kali berhasil melewati lawan, satu tendangan ke awah gawang, dan satu asis yang ia berikan berbuah gol kemenangan untuk Bhayangkara FC.

Febri Haryadi kembali menjadi pemain penting di Persib Bandung. Sempat kehilangan sentuhan terbaiknya, penggawa timnas U22 ini menjadi bintang di pertandingan melawan PS TNI. Tiga asis berhasil ia ciptakan untuk tiga gol kemenangan Persib. Tiga kali berhasil melewati lawan dengan kecepatan dan skill yang ia miliki menjadi salah satu hal yang menarik dari dirinya di pertandingan itu.

Marcel Sacramento (Semen Padang), Raphael Maitimo (Persib Bandung), Addison Alves (Persipura Jayapura)

Marcel Sacramento kembali menampilkan penampilan terbaiknya untuk Semen Padang. Bermain melawan Persegres ia berhasil menciptakan satu gol dari empat gol kemenangan Semen Padang. Ia juga menjadi penyerang yang tidak egois. Dua asis ia berikan untuk terciptanya gol Irsyad Maulana dan Vendry Mofu. Hukuman yang sempat ia dapatkan rasanya menjadi motivasi seorang Sacramento untuk kembali kepada performa terbaiknya.

Raphael Maitimo menjadi pemain yang bertransformasi menjadi seorang penyerang murni. Perubahan posisi itu tidak menggangu penampilan Maitimo. Dua gol yang ia ciptakan ketika melawan PS TNI menjadi pembuktian seorang Maitimo. Dua kali umpan kunci, satu umpan terobosan, dan empat kali tendangan ke gawang melengkapi catatan statistik yang ia torehkan.

Addison Alves kembali menjadi penyerang yang menyeramkan di lini pertahanan lawan. Mencetak tiga gol kemenangan Persipura atas Bali United, ia menjadi pemain ketiga yang berhasil melakukan hattrick di Liga 1 ini. Tiga gol yang ia cetak pun menambah pundi-pundi golnya menjadi 11 gol dan menjadi pemain paling subur di Persipura.

Demikian sebelas pemain yang kami pilih untuk masuk ke Team of the Week pekan ke-18 versi Panditfootball. Kami rangkum 1 pemain tersebut dalam formasi 3-4-3

Sumber Data: Tim Statistik Pandit Football Indonesia

(rh/sfs)

Komentar