Premier League Asia Trophy Kembali Bergulir Tahun Ini

Berita

by Abelio Pramayoga

Abelio Pramayoga

True football fans and an introvert writer. #RESPECT

Premier League Asia Trophy Kembali Bergulir Tahun Ini

Turnamen pra-musim resmi Liga Primer, Premier League Asia Trophy akan kembali bergulir sore nanti. Digelar di Hong Kong, kesebelasan Liga Primer yang berpartisipasi kali ini adalah Leicester City, Liverpool, Crystal Palace, dan West Bromwich Albion. Antusiasme penonton Hong Kong sudah terlihat saat tiket sudah habis terjual sejak hari pertama.

"Liga Primer memiliki dukungan fantastis di Asia, terutama di Hong Kong. Kesebelasan-kesebelasan Liga Primer senang bisa hadir di turnamen ini dan mengetahui banyak yang tertarik dengan turnamen ini akan menambah keseruannya. Terima kasih telah mendukung turnamen ini," ujar Richard Masters, direktur pengatur Liga Primer.

Premier League Asia Trophy 2017 akan dibuka dengan laga Leicester City melawan West Bromwich Albion pukul 18.00 waktu setempat (17.00 WIB) dilanjutkan dengan Liverpool melawan Crystal Palace pukul 20.30 (19.30 WIB). Laga final dan perebutan juara ketiga akan digelar pada 22 Juli mendatang.

Premier League Asia Trophy pertama kali digelar pada 2003 di Malaysia. Saat itu turnamen ini bernama FA Premier League Asia Cup. Turnamen ini dicetus oleh Dave Richards, ketua Liga Primer, setelah melihat antusiasme penonton Asia yang besar terhadap Liga Primer.

Digelar dua tahun sekali, turnamen ini sengaja digelar pada tahun ganjil untuk menghindari bentrok dengan kompetisi besar seperti Piala Eropa atau Piala Dunia. Format turnamen menggunakan fase gugur standar di mana kesebelasan yang menang akan berlaga di final. Sementara kesebelasan yang kalah akan bertarung untuk perebutan juara ketiga.

Turnamen ini selalu menghadirkan tiga kesebelasan Liga Primer dan satu kesebelasan lokal dari tempat penyelenggaraan. Namun, tahun ini, semua pesertanya adalah kesebelasan Liga Primer setelah Shanghai SIPG memutuskan mengundurkan diri. Terakhir, saat digelar di Singapura, tim pilihan Singapura turut berpartisipasi di turnamen ini bersama Arsenal, Everton, dan Stoke City.

Chelsea menjadi pemenang terbanyak kompetisi ini dengan dua gelar (2003 dan 2011). Lima tim lainnya yang pernah memenangkan turnamen ini antara lain Tottenham Hotspur (2009), Arsenal (2015), Bolton Wanderers (2005), Portsmouth (2007), dan Manchester City (2013).

Sementara perwakilan tuan rumah yang ikut antara lain tim nasional Thailand U23, South China (Hong Kong), tim nasional Malaysia, tim pilihan Singapura, Beijing Guoan (Tiongkok), dan Kitchee FC (Hong Kong).

Tim nasional Thailand U23 menjadi satu-satunya wakil lokal yang mampu menembus final turnamen ini. Selain itu, Hong Kong menjadi negara yang paling sering menyelenggarakan turnamen ini. Tahun ini akan menjadi keempat kalinya mereka menjadi tuan rumah untuk turnamen ini.

Komentar