Barito Putera Menjadi Kesebelasan Pertama yang Bisa Mencuri Poin di Kandang PSM

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Barito Putera Menjadi Kesebelasan Pertama yang Bisa Mencuri Poin di Kandang PSM

Satu per satu rekor kesebelasan Liga 1 Indonesia 2017 mulai berguguran. Salah satu rekor yang pecah pada pekan ke-15 adalah terputusnya rekor sempurna PSM Makassar saat bertanding di Stadion Andi Mattalatta, yang merupakan kandang mereka. Bertanding menghadapi Barito Putera, kesebelasan berjulukan "Juku Eja" itu harus puas meraih hasil imbang 1-1, Selasa (18/7).

Dalam laga tersebut, PSM mampu unggul lebih dulu melalui Ferdinand Sinaga pada menit 32. Namun, keunggulan tersebut gagal dipertahankan "Juku Eja" karena Barito mampu menyamakan kedudukan melalui aksi David Laly pada menit 72. Skor imbang 1-1 kemudian bertahan hingga akhir laga.

Hasil yang kemudian membuat Barito menjadi tim pertama yang berhasil mencuri poin di stadion yang semula bernama Mattoangin itu. Sebelum Barito, belum ada kesebelasan yang berhasil mengalahkan PSM di sana. Jangankan mencuri tiga poin, untuk menahan imbang "Pasukan Ramang" di Andi Mattallatta pun seakan menjadi hal yang sulit dilakukan.

Stadion Andi Mattalatta memang menjadi salah satu stadion yang cukup ‘angker’ di Liga 1. Tercatat, ada enam kesebelasan yang menjadi korban keganasan kandang PSM itu. Pertama adalah Persela Lamongan yang dibantai tiga gol tanpa balas, kemudian Persija Jakarta (1-0), Sriwijaya FC (1-0), Persipura Jayapura (5-1), Borneo FC (1-0), dan Bhayangkara FC (2-1).

Melihat catatan tersebut, selain mampu keangkeran kandangnya, tim asuhan Robert Rene Alberts itu juga memiliki catatan kemasukan yang cukup impresif. Sebab sebelum Barito, hanya Bhayangkara FC dan Persipura yang berhasil membobol gawang PSM di kandang mereka.

Kegagalan PSM meraih kemenangan di laga kandang ketujuhnya membuat Borneo FC menjadi satu-satunya kesebelasan yang mampu meraih hasil sempurna di laga kandang. Kesebelasan berjulukan "Pesut Etam" itu sukses menyapu bersih enam partai di Stadion Segiri, Samarinda dengan kemenangan. Mereka berpotensi untuk memperpanjang rekor tersebut andai mampu mengalahkan Perseru Serui pada 22 Juli mendatang.

Kudeta Posisi

Hasil imbang yang diraih PSM di laga melawan Barito juga bukan hanya membuat rekor sempurna mereka dikandang pupus. Lebih dari pada itu, hasil imbang tersebut pun posisi mereka puncak klasemen sementara Liga 1 digeser Madura United yang pada pertandingan ke-15 nya di Liga 1 berhasil meraih kemenangan atas Persiba Balikpapan.

Melihat perolehan poin, PSM dan Madura memang sama-sama mengoleksi 28 poin. Namun, Madura memiliki keunggulan dari perolehan gol. Dari 15 pertandingan yang dilakoni, Madura berhasil menjebol gawang lawan sebanyak 27 kali dan kebobolan 15 kali. Hasil tersebut membuat perolehan gol mereka berjumlah 12. Sementara PSM meski sama-sama kebobolan 15 kali, namun jumlah pemasukan gol mereka hanya 24 yang akhirnya membuat selisih gol PSM menjadi sembilan.

Hal tersebut secara tidak langsung juga membuat rekor PSM yang mampu bercokol di puncak klasemen dari pekan pertama pupus di pekan ke-15. Namun situasi tersebut bukanlah mimpi buruk bagi Pasukan Ramang yang masih berpeluang untuk kembali mengambil alih posisi pertama di klasemen sementara andai mereka bisa mengalahkan Bali United di pekan ke-16 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, sambil berharap Madura bermain imbang melawan Barito Putera di Stadion 17 Mei, Banjarmasin.

Komentar