Siapa Jadi Kiper Utama di Liverpool?

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Siapa Jadi Kiper Utama di Liverpool?

Memiliki tiga kiper dengan kualitas yang sama dalam satu tim adalah sebuah anugerah tersendiri. Namun hal lain justru dirasakan oleh Jürgen Klopp selaku manajer Liverpool. Jelang musim 2017/2018, ia masih bingung menentukan siapa yang akan menjadi penjaga gawang utama kesebelasan besutannya itu.

Di dalam skuatnya sekarang, ada tiga penjaga gawang yang sedang bersaing untuk memperebutkan hatinya. Mereka adalah Simon Mignolet, Loris Karius, serta Danny Ward. Terkhusus untuk Ward, ia kembali dari masa peminjaman di Huddersfield Town setelah mengantarkan Huddersfield promosi ke Liga Primer musim 2017/2018.

Loris Karius, yang didatangkan dari Mainz oleh Klopp pada awal musim 2016/2017, awalnya sempat digadang akan menjadi penjaga gawang utama Liverpool. Namun, penampilannya yang cukup buruk di awal-awal liga membuat posisinya harus tergeser oleh Simon Mignolet di putaran kedua Liga Primer musim 2016/2017.

Menariknya, Karius sebenarnya didatangkan karena Mignolet pun tampil tidak terlalu meyakinkan pada musim 2015/2016. Namun, pada musim 2016/2017, ia mulai berkembang dan berhasil mengambil alih posisi Karius. Mignolet bahkan mampu mencatatkan empat kali nirbobol dalam empat laga jelang berakhirnya Liga Primer musim 2016/2017.

Sementara itu Ward yang berstatus sebagai penjaga gawang timnas Wales, punya kesempatan besar untuk menggeser posisi Karius maupun Mignolet. Pengalamannya bersama Huddersfield akan cukup membantu, apalagi di sana ia dilatih oleh sosok David Wagner, orang yang disebut sebagai kembaran Klopp baik secara strategi maupun dari segi wajah.

Memiliki tiga penjaga gawang yang punya keunggulan dan kekurangan masing-masing, Klopp menyebut bahwa ajang pra-musim nanti akan digunakan untuk melihat siapa yang akan ia pasang sebagai penjaga gawang utama.

"Sekarang masih seperti ini. Saya masih belum bisa menentukan siapa yang akan menjadi penjaga gawang utama tim ini. Mereka masih punya waktu untuk memperlihatkan kemampuan mereka kepada saya, sehingga bisa menghentikan segala keraguan dan kebingungan yang melanda saya," ujar Klopp dalam situs resmi Liverpool.

"Mereka harus ingat bahwa mereka ada di klub yang fantastis dan sebuah klub yang fantastis membutuhkan penjaga gawang yang fantastis pula. Kami punya tiga penjaga gawang yang sama baiknya. Mereka tinggal menunjukkan kemampuan mereka di hadapan saya, maka kita akan segera bisa melihat siapa yang akan menjadi penjaga gawang utama," tambahnya.

Berikut ada sedikit catatan dari Squawka soal kelebihan dari tiga penjaga gawang tersebut yang muncul pada musim 2016/2017. Berikut adalah catatannya:

  • Simon Mignolet menjadi penjaga gawang Liverpool yang paling sedikit kebobolan di antara Karius dan Ward. Tercatat ia hanya mencatatkan rataan kebobolan 1,07 kali per pertandingan
  • Soal distribusi bola, Karius lebih unggul daripada Ward dan Mignolet. Total ia menorehkan rataan umpan sukses sebesar 69%
  • Soal menangkap bola, Ward lebih unggul daripada Karius dan Mignolet. Saat membela Huddersfield, ia total menorehkan rataan 2,33 kali tangkapan per pertandingan.

Komentar