Corentin Tolisso Pemain Idaman Ancelotti

Berita

by Abelio Pramayoga

Abelio Pramayoga

True football fans and an introvert writer. #RESPECT

Corentin Tolisso Pemain Idaman Ancelotti

Bayern Muenchen mendatangkan gelandang asal Prancis, Corentin Tolisso. Tolisso telah menyepakati kontrak bersama Bayern Munchen selama lima tahun yang akan membuat bermain hingga 2022. Pemain berusia 22 tahun didatangkan dengan harga 41,5 juta euro. Termahal kedua di Bundesliga setelah Julian Draxler saat diboyong Wolfsburg dari Schalke (43 juta euro).

Tolisso merupakan produk akademi klub asalnya, Olympique Lyonnais. Lahir di Tarare, Tolisso bergabung dengan akademi Lyon saat ia berusia 13 tahun. 6 tahun menimba ilmu di tim junior Lyon, Tolisso memulai debut seniornya pada 2013 di laga Ligue 1 melawan Nice sebagai pemain pengganti. Tolisso kemudian juga membuat debutnya di Eropa pada laga Liga Europa melawan HNK Rijeka. Di tahun ini pula ia menandatangani kontrak profesionalnya bersama Lyon hingga 2017.

Musim 2014/15, Tolisso bermain di seluruh 38 pertandingan Lyon di Ligue 1 dengan mencetak 7 gol. Secara keseluruhan, ia mencatatkan 43 penampilan di semua kompetisi. Penampilannya yang impresif sebagai pemain muda saat itu membuat ia mendapat perpanjangan kontrak hingga 2020. Di musim berikutnya, ia kembali mencatatkan penampilan impresif dengan 45 penampilan dan 7 gol di semua kompetisi.

Berkat penampilan konsistennya, musim ini ia mendapat kesempatan menjadi kapten Lyon setelah Maxime Gonalons dan Alexandre Lacazette [wakil kapten] cedera pada 2 Oktober 2016 di laga derby Rhein melawan Saint-Etienne. Ia juga tampil di semua laga Eropa Lyon mulai dari Liga Champions dan Liga Europa. Di Liga Europa, meski timnya tersingkir di semifinal, Tolisso masuk dalam jajaran UEFA Europa League Squad of The Season.

Musim 2016/17, Tolisso mulai menjadi incaran beberapa klub-klub besar Eropa seperti Napoli yang sempat menginginkan jasanya musim lalu. Namun, ia menolak tawaran tersebut dengan alasan masih ingin berkomitmen bersama Lyon.

Kini, Tolisso akan memulai petualangan baru bersama The Bavarians. Pemain yang terbiasa bermain sebagai gelandang tengah itu mengatakan siap berkontribusi untuk Bayern.

“Saya telah memiliki waktu yang indah di Lyon, dan saya mensyukuri hal itu. Sekarang saya senang bisa bergabung dengan salah satu klub terbaik di Eropa. Saya memiliki tujuan yang hebat bersama Bayern. Hari ini adalah hari yang hebat buat saya,” ujar Tolisso seperti dilansir situs resmi Bayern Munchen.

Sebelumnya, Bayern juga telah mendatangkan mantan gelandang Arsenal, Serge Gnabry dan dua pemain Hoffenheim, Niklas Sule dan Sebastian Rudy ke dalam skuat mereka. Namun, bagi presiden klub, Karl-Heinz Rummenigge, Tolisso merupakan pemain idaman mereka selama ini.

“Kami sudah memperhatikan dia sejak lama. Dia merupakan pemain yang sangat diidamkan oleh manajer kami [Carlo Ancelotti]. Dia juga memiliki sedikit kemiripan gaya bermain dengan Javi Martinez. Kami senang bisa mendapatkannya meski persaingan yang ketat di luar sana,” tandas Rummenigge dikutip Sky Sports.

Perekrutan Tolisso sekaligus menegaskan kegemaran Bayern yang selalu merekrut pemain muda berbakat dan dinamis. Gnabry dan Sule sama-sama masih berusia 21 tahun sementara Tolisso tahun ini akan genap berusia 23 tahun. Bagi Rummenigge, kehadiran pemain muda bagus untu menyegarkan skuat Bayern.

“Saya pikir mereka [Gnabry dan Sule] adalah pemain muda yang berbakat, dan sekarang kami juga punya Tolisso dari Prancis. Kehadiran mereka saya pikir akan menambah kualitas dari skuat ini, sekaligus penyegaran skuat untuk musim depan,” ujar Rummenigge seperti dikutip NBC Sports.

Kehadiran Tolisso dinilai cocok untuk menggantikan peran Xabi Alonso di tengah yang telah mengumumkan pensiun musim lalu. Kecepatan dan kedisplinan Tolisso menjaga stabilitas lini tengah dinilai akan menjadi kunci kestabilan lini tengah Muenchen musim ini. Namun, Tolisso juga dikenal melalui fleksibilitas posisinya selain sebagai gelandang tengah. Ia pernah dimainkan sebagai bek kanan, playmaker hingga false nine untuk Lyon.

foto: 90min.com

Komentar