Pemain Timnas Inggris Jalani Latihan Bersama Marinir

Berita

by Abelio Pramayoga

Abelio Pramayoga

True football fans and an introvert writer. #RESPECT

Pemain Timnas Inggris Jalani Latihan Bersama Marinir

Timnas Inggris akan menjalani laga internasional melawan Skotlandia pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018, Sabtu (10/06), serta melawan Prancis pada laga persahabatan tiga hari setelahnya. Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, menganggap kedua pertandingan tersebut penting untuk menjaga moral pemainnya.

Karenanya, Southgate mengajak skuat beserta para staf timnas Inggris untuk mengikuti latihan a la Marinir Inggris yang belum mereka ketahui sebelumnya. Sebelumnya, hari Jumat lalu, para pemain dan staf timnas Inggris dikumpulkan untuk kemudian dibawa ke suatu tempat rahasia. Dan tempat tersebut adalah tempat latihan Marinir Inggris di kota Devon.

Mereka mengikuti pelatihan tersebut selama 48 jam. Alat komunikasi para pemain dan staf juga disita agar mereka fokus mengikuti pelatihan tersebut. Terlihat pemain seperti Raheem Sterling, Jermain Defoe, Fraser Forster bahkan sang manajer terlihat “direndam” di air oleh anggota marinir yang melatih mereka. Meski demikian, ada beberapa penggawa timnas Inggris yang tidak mengikuti pelatihan ini seperti Eric Dier, Marcus Rashford, Gary Cahill, Chris Smalling, Phil Jones dan Jesse Lingard.

Jermain Defoe. Sumber: Daily Mirror

Fraser Forster. Sumber: Daily Mirror

Southgate menyatakan pelatihan ini dimaksudkan untuk memperkuat mental pemainnya sebagai pemain yang terpilih untuk membela negara. Ia juga menuturkan pelatihan ini agar para pemainnya juga terbiasa menghadapi situasi yang tak terduga.

“Kami datang untuk menempatkan para pemain di lingkungan yang jauh berbeda, sesuatu yang tak mereka kira. Mereka [Marinir] berbicara soal harapan yang pupus dan itu merupakan tema dari latihan kami – bagaimana cara kami tetap kompak di tengah situasi yang sulit?” ujarnya mengenai latihan tersebut dilansir BBC Sport.

Usai pelatihan ini, skuat yang ikut diberikan libur pada hari Senin kemarin. Mereka kemudian akan kembali bergabung pada latihan Selasa ini bersama pemain yang absen pada latihan tersebut.

“Kami ingin mengekspos pemain kami ke lingkungan dengan salah satu kekuatan elite di dunia. Kami ingin mereka melihat bahwa ada dunia lain di luar sana. Mereka [Marinir] mewakili sang Ratu dan negara ini, begitu pula kami.”

“Tapi, konsekuensi mereka jika gagal melaksanakan tugas negara sangat berat. Itu memberikan kami perbandingan yang bagus. Bagi saya, hasil terbaik dari latihan ini adalah kami bekerja sama dengan baik sebagai tim. Staf dan pemain saling membantu satu sama lain. Saya rasa ada semacam koneksi nyata dengan semuanya dan ini juga merupakan pengalaman terbaik,” tegas Southgate seperti dilansir Daily Mirror.

Southgate berharap dari pelatihan tersebut anak asuhnya bisa lebih berani dalam cara mereka bermain dan meniru semangat dari para Marinir tersebut. Ia juga berharap pemainnya bisa lebih kompak dalam bermain.

“Ini merupakan pengalaman yang luar biasa bagi kami. Semua pemain saya menjalani latihan ini dengan antusias dan dengan sedikit humor. Kami sudah melihat kebanggaan yang mereka miliki serta baret hijau yang mereka kenakan. Itu merupakan pesan yang kuat bagi kami punggawa The Three Lions. Kami harus lebih berani dengan permainan kami. Kami percaya ini merupakan awal dari hubungan kami dengan Marinir Inggris yang panjang dan sukses,” tutup Southgate dikutip situs resmi FA.

Komentar