Ronaldo Cetak Gol ke-100, Laga Terakhir Lahm dan Alonso di Eropa

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Ronaldo Cetak Gol ke-100, Laga Terakhir Lahm dan Alonso di Eropa

Cristiano Ronaldo berhasil mencetak gol ke-100 nya di Liga Champions. Seturut dengan hal tersebut, Phillip Lahm dan Xabi Alonso pun menjalani laga terakhir mereka di Liga Champions.

Real Madrid menjamu Bayern M√ľnchen dalam leg kedua babak delapan besar Liga Champions di Santiago Bernabeu, Rabu (19/4/2017) dini hari. Mengantongi keunggulan 1-2 di leg pertama, Madrid tetap tampil superior di hadapan para pendukungnya sendiri dan mampu meraih kemenangan 4-2 atas Bayern. Mereka pun lolos ke babak semifinal dengan agregat 6-3, dan mereka pun sukses lolos ke babak semifinal dalam tujuh musim berturut-turut.

Ronaldo adalah pahlawan Madrid dalam laga ini dengan cetakan hattrick nya ditambah dengan satu gol dari Marco Asensio. Trigol yang dicetak oleh Ronaldo dalam laga ini menjadi pencetak 100 gol selama keikutsertaannya dalam ajang Liga Champions. Trigol yang ia cetak dalam laga tersebut juga adalah trigol ke-46 selama ia berkarier sebagai pesepakbola.

Los Blancos pun menjadi tim yang cukup dominan dalam laga ini. Walau secara possession mereka mencatatkan rataan yang sama dengan para pemain Bayern (50% berbanding 50%), Madrid mampu melepaskan 30 shots dalam pertandingan ini, berbanding 21 shots yang dilepaskan para pemain Bayern. Chances created yang mereka catatkan juga cukup tinggi, yaitu 24 kali.

Namun Bayern pun bukannya tanpa perlawanan. Mereka sempat membuat para pendukung Madrid yang memadati Santiago Bernabeu ketar-ketir setelah mampu memaksakan pertandingan sampai ke babak perpanjangan waktu lewat dua gol yang dicetak oleh Robert Lewandowski dan satu gol bunuh diri Sergio Ramos. Alur pertandingan mulai berubah setelah pemain andalan mereka di lini tengah, Arturo Vidal, dikeluarkan oleh wasit Viktor Kassai dari lapangan setelah menerima kartu kuning kedua.

Hal tersebut pun menjadi kesulitan tersendiri bagi Bayern. Dengan kekuatan 10 pemain, ditambah kehilangan pemain yang bisa menghentikan serangan serta merebut bola, Bayern pun sulit mengimbangi permainan Madrid. Di sisi lain, kehadiran Casemiro di lini tengah Madrid yang selayak tukang jagal membuat para pemain Bayern juga sulit untuk melakukan serangan.

Namun dua gol yang Ronaldo cetak pada masa perpanjangan waktu cukup menarik perhatian. Posisi Ronaldo yang sebenarnya sudah offside menciptakan sebuah drama dan kontroversi dalam pertandingan kali ini. Dua gol yang langsung meruntuhkan semangat para pemain Bayern pun kembali memancing pertanyaan, apakah VAR perlu diterapkan dalam sepakbola atau tidak.

Laga Terakhir Lahm dan Alonso di Eropa

Selain kontroversi Arturo Vidal dan dua gol Cristiano Ronaldo, ada satu hal yang cukup menyentuh dalam pertandingan ini. Seiring dengan kekalahan Bayern di pertandingan kali ini, maka berakhir pula laga Liga Champions bagi dua pemain Bayern, Xabi Alonso dan Phillip Lahm. Dua pemain ini memutuskan untuk gantung sepatu pada akhir musim nanti, sehingga laga melawan Madrid ini menjadi laga terakhir Lahm dan Alonso di pentas kompetisi Eropa.

Dengan segala karier hebat yang sudah mereka torehkan, akhirnya keduanya harus mengakhiri perjalanannya di Liga Champions musim 2016/2017 lebih cepat.

foto:

Komentar