Memahami Sepakbola dari Suporter Dortmund dan Monaco

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Memahami Sepakbola dari Suporter Dortmund dan Monaco

Dukungan kerap muncul dalam bentuk apapun, bahkan dalam sebuah pelayanan sederhana berbentuk tempat menginap saat kita berada di negara yang asing. Itulah yang dilakukan oleh para pendukung Borussia Dortmund kepada para pendukung AS Monaco.

Laga babak delapan besar Liga Champions yang mempertemukan antara Borussia Dortmund melawan AS Monaco harus diundur. Laga yang sejatinya digelar pada Rabu (12/4/2017) dini hari waktu Indonesia ini ditunda dan akan dihelat pada Kamis (13/4/2017) dini hari karena bus Dortmund terkena ledakan saat sedang dalam perjalanan dari hotel menuju ke stadion.

Akibat dari ledakan ini, kaca bus Dortmund pun mengalami pecah-pecah, dan salah satu pemain Die Borussen, Marc Bartra mengalami luka serius dan harus menjalani operasi di rumah sakit. Dukungan pun mengalir kepada Dortmund, termasuk dari sang lawan, AS Monaco.

Namun dukungan bukan hanya diberikan kepada Dortmund saja. Suporter Monaco, yang harus rela menginap lebih lama di Dortmund karena jadwal yang dimundurkan, juga diberikan dukungan oleh para suporter Dortmund. Suporter Monaco yang sudah jauh-jauh berkunjung ke Jerman ini pun diberikan pelayanan yang cukup baik oleh para suporter Dortmund. Kebanyakan dari mereka menginap di rumah-rumah para suporter Dortmund.

Tagar #bedsforawayfans pun bertebaran di media sosial. Tagar ini ternyata memang disuarakan oleh akun Twitter resmi dari Borussia Dortmund, dengan tujuan untuk membantu para suporter yang sudah datang dari Monaco yang harus menginap lebih lama.

Hasilnya, banyak sekali suporter-suporter Dortmund yang menawarkan tempat untuk menginap kepada para suporter Monaco. Foto-foto yang menggambarkan suasana hangat antara pendukung Dortmund dan pendukung AS Monaco pun bertebaran luas di media sosial, dengan hiasan tagar #bedsforawayfans. Bahkan salah satu jurnalis di Jerman, Thomas Thiel, memberitahukan dalam akun media sosialnya bahwa jika butuh tempat menginap, pintu rumahnya akan selalu terbuka.

"Jika seseorang masih butuh tempat untuk menginap di Dortmund, jangan ragu untuk mengontak saya," ungkapnya.

Sebuah potret-potret yang indah dari kebersamaan yang ditunjukkan oleh suporter Dortmund dan suporter AS Monaco. Setidaknya ketika pertandingan harus terhenti karena ledakan yang tidak disangka-sangka, saling dukung antar mereka masih bisa terlihat, walau tak ada yang bisa menjamin jika ketika pertandingan sudah dilaksanakan, saling dukung ini akan masih terjadi. Apalagi Presiden Klub Dortmund, Reinhard Rauball meminta agar para pemain tetap berkonsentrasi kepada pertandingan.

"Tentu saja ini adalah situasi yang benar-benar sulit bagi para pemain. Tapi mereka semua adalah pemain profesional dan saya yakin mereka akan mengesampingkan hal ini untuk sejenak agar bisa tampil maksimal dalam pertandingan nanti," ujarnya seperti dilansir The Guardian.

foto: Podolski10

Komentar